RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) |
Satuan Pendidikan : SDN 3 CANDIRENGGO
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 3 : Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 3 : Ayo Cintai Lingkungan
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 Hari (5 x 35 menit )
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai pemikiran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan daerah bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
3.3 Menggali isu dari seorang tokoh melalui wawancara memakai daftar pertanyaan
4.3 Melaporkan hasil wawancara memakai kosa kata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis
Indikator:
3.3.4 Menggali isu melalui wawancara memakai daftar pertanyaan
4.3.4 Menyajikan laporan tertulis hasil wawancara memakai kosa kata baku dan kalimat efektif
IPA
3.8 Memahami pentingnyaupaya keseimbangan dan pelestarian sumber dayaalam di lingkungannya
4.8 Melakukan acara upayapelestarian sumber daya alam bersama orang-orang dilingkungannya
Indikator:
3.8.5 Menjelaskan manfaat dari peduli dan melestarikan sumber daya alam dan lingkungan
4.8.5 Melakukan refleksi kebiasaan peduli dan melestarikan sumber daya alam dan lingkungan dalam bentuk tabel
IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten hingga tingkat provinsi
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten hingga tingkat provinsi
Indikator:
3.1.5 Mengidentifikasi pemanfatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat
4.1.5 Menyajikan isu hasilidentifikasi pemanfataansumber daya alam hayati bagikesejahteraan masyarakat
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Menggunakan daftar pertanyaan, siswa bisa menggali isu melalui acara wawancara dengan tepat.
2. Dengan melaksanakan wawancara, siswa bisa menyajikan laporan tertulis memakai kosa kata baku dan kalimat efektif dengan sistematis.
3. Dengan observasi lingkungan, siswa bisa mengidentifikasi pemanfatansumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat dengan tepat.
4. Dengan observasi dan diskusi, siswa bisa menyajikan isu hasilidentifikasi pemanfataan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraanmasyarakat dengan sistematis.
5. Dengan observasi , siswa bisa menjelaskan manfaat dari peduli dan melestarikan sumber daya alam dan lingkungan dengan tepat.
6. Dengan observasi, siswa bisa melaksanakan refleksi kebiasaan peduli dan melestarikan sumber daya alam dan lingkungan dalam bentuk tabel dengan sistematis.
v Karakter siswa yang diharapkan : | |
Ø Bahasa Indonesia dan IPA : | Religius, Nasionalis, Mandiri Gotong Royong, Integritas |
Ø IPS : | Religius, Jujur, Kerja Keras Kreatif, Mandiri, Demokratif Cinta Tanah Air |
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | ¡ Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing.Religius ¡ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan menyidik kerapihan pakaian, posisi dan daerah duduk diubahsuaikan dengan acara pembelajaran. ¡ Menyanyikan lagu Indonesia raya ¡ Menyanyikan Lagu Tanah air ¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Peduli Terhadap Makhluk Hidup”. ¡ Guru menyampaikan tahapan acara yang meliputi acara mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. | 10 menit |
Inti | Kegiatan Wawancara: § Siswa Menyusun daftar pertanyaan yang sesuai dengan jenis pekerjaan seorang petani sebagai narasumber yang ada dilingkungan Sekolah. (Mengekplorasi) § Siswa akan mengolah hasil wawancara dan menyajikannya dalam bentuk laporan, dengan memperhatikan penggunaan kosa kata baku dan kalimatefektif. (Mengkomunikasikan) § Siswa akan menciptakan rancangan laporan sebelum menyajikannya dalambentuk laporan yang lengkap dan sistematis.Critical Thinking and Problem Solving § Siswa menulis kisah wacana “Peduli Lingkungan” di lembar kertas lainyang telah disiapkan guru.Literasi • Siswa mengamati gambar binatang dan tumbuhan yang ada di buku. § Siswa mengamati kondisi binatang dan tumbuhan tersebut danmengindentifikasi tumbuhan dan binatang yang terawat/tidak terawat. § Siswa membubuhkan tanda centang (ü) pada gambar binatang dantumbuhan yang terawat. § Siswa kemudian mengidentifikasi ciri-ciri tumbuhan dan binatang yang terawat/tidak terawat. Siswa menuliskan ciri-ciri tersebut pada tabel yangtersedia.Creativity and Innovation § Berdasarkan pengalaman berguru hari ini, siswa diminta melakukananalisis secara mandiri, hal berikut: - Beragam penyebab tumbuhan dan binatang tidak terawat. - Dampak kondisi tersebut bagi manusia. § Siswa kemudian mendiskusikan balasan mereka bersama sahabat dalamkelompok kecil.Collaboration Observasi Lingkungan Sekolah § Siswa melakukan observasi berdikari terhadap kondisi lingkungan sekolahmereka.Creativity and Innovation § Siswa kemudian menganalisis penyebab dari kondisi lingkungan sekolahtersebut. • Siswa melakukan refleksi terhadap kondisi lingkungan sekolah merekdengan menjawab pertanyaan yang tersedia. Ayo, Peduli Lingkungan! • Siswa dalam kelompok menciptakan rencana acara peduli lingkungan.Gotong Royong • Siswa sanggup menanam sebuah satu jenis tumbuhan di pot, atau dihalaman sekolah. • Siswa secara berdikari menyiapkan alat dan materi yang diperlukan. | 35 Menit X 30 JP |
Penutup | ¡ Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil berguru selama sehari Integritas ¡ Bertanya jawab wacana materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡ Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya wacana pembelajaran yang telah diikuti. ¡ Melakukan evaluasi hasil belajar ¡ Mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri acara pembelajaran) Religius | 15 menit |
E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema :Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku TematikTerpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Buku Siswa Tema : Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku Tematik TerpaduKurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Narasumber: petani, peternak, nelayan atau tokoh masyarakat peduli lingkungan yang gampang ditemui di lingkungan setempat, untuk kegiatanwawancara
Mengetahui Kepala SDN 3 Candirenggo ( Nursalim Junaedi, S. Ag. M.Ag ) | Srati, 16 Oktober 2018 Guru Kelas IV (Mujiarto, S.Pd. SD) |
lAMPIRAN 1
F. MATERI PEMBELAJARAN
§ Melakukan wawancara
§ Melakukan observasi lingkungan
§ Melakukan refleksi kepedulian lingkungan
G. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
MATERI
IPA
Mencintai lingkungan ialah cara kita untuk ikut serta menjaga kelestarian lingkungan.
Mencintai lingkungan sanggup dilakukan dengan cara sederhana, seperti:
§ Membuang sampah pada tempatnya.
§ Menghemat penggunaan kertas.
§ Merawat tumbuhan dan binatang yang ada di rumah.
§ Menjaga tumbuhan dan binatang di manapun kita berada, seperti: tidak memetik daun, bunga, bakal buah, tanpa tujuan.
§ Dsb.
Dengan melaksanakan kebiasaan-kebiasaan tersebut dalam keseharian,tentunya lingkungan akan terawat dan terjaga kelestariannya.
IPS
Kita wajib mengasihi dan merawat tumbuhan, hewan, dan lingkungan dimanapun kita berada.
Perilaku peduli lingkungan merupakan wujud rasa syukur atas nikmat Tuhan Yang Maha Esa yang telah menganugerahkan lingkungan besertaisinya bagi kesejahteraan manusia.
Perilaku peduli lingkungan juga merupakan wujud sikap kita sebagaimanusia yang beradab dan mengakibatkan kita contoh bagi lingkungan.
lAMPIRAN 2
H. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
Penilaian Sikap
No | Nama | Perubahan tingkah laku | |||||||||||
Santun | Peduli | TanggungJawab | |||||||||||
K | C | B | SB | K | C | B | SB | K | C | B | SB | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | JUNIASTI EKA P | ||||||||||||
2 | M. SANI JAUFA LAILAN | ||||||||||||
3 | MUHAMMAD ABDUL F | ||||||||||||
4 | YAHYA TSANI | ||||||||||||
5 | AGRA SOLEH S | ||||||||||||
6 | AHMAD IRFAN KH | ||||||||||||
7 | ATIQOH UMMU S | ||||||||||||
8 | KHOERUL MANKHOFA | ||||||||||||
9 | LATIFATUM MARDIANA | ||||||||||||
10 | MINDIA APRILIANI | ||||||||||||
11 | NAUFAL AHNAF ZAKI | ||||||||||||
12 | NUR DEWI PUTRI ANDINI | ||||||||||||
13 | SIFA KHANIFATUN N | ||||||||||||
14 | TEFA ARLIZA | ||||||||||||
15 | YOGI FERDIANSYAH |
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2,B (Baik) : 3,SB (Sangat Baik) : 4
1. Bahasa Indonesia
• Tulisan rancangan laporan hasil wawancara siswa dinilai menggunakan
rubrik.
Beri tanda centang (P) sesuai pencapaian siswa.
Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Informasi (KD 3.3) | Informasi lengkap sesuai dengan hasil wawancara. | Informasi cukup lengkap sesuai dengan hasil wawancara. | Informasi kurang lengkap, namun sesuai dengan hasil wawancara. P | Informasi tidak lengkap. |
Sistematik a Laporan (KD 3.3) | Lengkap dan berurutan sesuai dengan kriteria pada teks laporan. | Cukup lengkap dan berurutan sesuai dengan kriteria pada teks laporan. P | Kurang lengkap dan berurutan sesuai dengan kriteria pada teks laporan. | Tidak lengkap, tidak berurutan, dan tidak sesuai dengan kriteria pada teks laporan. |
Huruf Kapital | Menggunakan huruf kapital dengan tepat. | Menggunakan huruf kapital cukup tepat. | Menggunakan huruf kapital kurang tepat. P | Menggunakan huruf kapital tidak tepat. |
Tanda baca titik dan koma | Menggunakan titik dan koma dengan tepat. | Menggunakan titik dan koma cukup tepat. P | Menggunakan titik dan koma kurang tepat. | Menggunakan titik dan koma tidak tepat. |
Kosa Kata Baku (KD 4.3) | Menggunakan kosa kata baku dalam semua pertanyaan. | Menggunakan kosa kata baku dalam sebagian besar pertanyaan. | Menggunakan kosa kata baku dalam sebagian kecil pertanyaan. P | Belum mampu menggunakan kosa kata baku dalam pertanyaan. |
Kalimat Efektif (KD 4.3) | Menggunakan kalimat efektif dalam semua pertanyaan. | Menggunakan kalimat efektif dalam sebagian besar pertanyaan. P | Menggunakan kalimat efektif dalam sebagian kecil pertanyaan. | Belum mampu menggunakan kalimat efektif dalam semua pertanyaan. |
Sikap: Mandiri | Tugas diselesaikan dengan mandiri. | Sebagian besar tugas diselesaikan dengan mandiri. | Tugas diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru. P | Belum dapat menyeselesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan. |
Penilaian (Skoring): Total Nilai Siswa x 10
Total Nilai Maksimal
Contoh: 17 x 10 = 6
28
2. IPS
a. Tugas siswa menemukan dan menuliskan isu wacana karakteristik
bentang alam: pantai, dataran rendah dan dataran tinggi, dinilai
menggunakan rubrik.
Beri tanda centang (P) sesuai pencapaian siswa.
Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Identifikasi pemanfaatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat. | Mengidentifikasi pemanfaatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat dengan tepat. | Mengidentifikasi pemanfaatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat dengan cukup tepat. | Mengidentifikasi pemanfaatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat dengan kurang tepat. P | Belum mampu mengidentifikasi pemanfaatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat dengan tepat. |
Informasi hasil identifikasi pemanfaatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat. | Menyajikan informasi hasil identifikasi pemanfaatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat dengan sistematis. | Menyajikan informasi hasil identifikasi pemanfaatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat dengan cukup sistematis. P | Menyajikan informasi hasil identifikasi pemanfaatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat dengan kurang sistematis. | Belum mampu menyajikan informasi hasil identifikasi pemanfaatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat dengan sistematis. |
Sikap Peduli. | Peduli terhadap keberadaan sumber daya alam Indonesia secara konsisten | Cukup peduli terhadap keberadaan sumber daya alam Indonesia. | Kurang peduli terhadap keberadaan sumber daya alam Indonesia. P | Belum menunjukkan kepedulian terhadap keberadaan sumber daya alam. |
Sikap Tanggung Jawab. | Bertanggung jawab terhadap tugas-tugas secara konsisten. | Cukup bertanggung jawab terhadap tugastugas secara konsisten. P | Kurang bertanggung jawab terhadap tugastugas secara konsisten. | Belum bertanggung jawab terhadap tugas-tugas secara konsisten. |
Penilaian (Skoring): Total Nilai Siswa x 10
Total Nilai Maksimal
Contoh: 10 x 10 = 6,2
16
b. Sikap siswa ketika melaksanakan diskusi pemecahan dilema dinilai
menggunakan rubrik.
Beri tanda centang (P) sesuai pencapaian siswa.
Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan | Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara. | Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan. | Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. P | Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan |
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara). | Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. | Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. P | Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. | Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran). | Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. | Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. | Berbicara dan menerangkan secara rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. P | Jarang berbicara selama proses diskusi berlangsung. |
Penilaian (Skoring):Total Nilai Siswa x 10
Total Nilai Maksimal
Contoh: 7x 10 = 5,8
12
3. IPA
Tugas siswa diperiksa memakai rubrik.
Beri tanda centang (P) sesuai pencapaian siswa.
Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Manfaat dari peduli dan melestarikan sumber daya alam dan lingkungan. | Menjelaskan manfaat dari peduli dan melestarikan sumber daya alam dan lingkungan dengan tepat. | Menjelaskan manfaat dari peduli dan melestarikan sumber daya alam dan lingkungan dengan cukup tepat. | Menjelaskan manfaat dari peduli dan melestarikan sumber daya alam dan lingkungan dengan kurang tepat. P | Belum mampu menjelaskan manfaat dari peduli dan melestarikan sumber daya alam dan lingkungan dengan tepat. |
Refleksi kebiasaan peduli dan melestarikan sumber daya alam dan lingkungan dalam bentuk tabel. | Melakukan refleksi kebiasaan peduli dan melestarikan sumber daya alam dan lingkungan dalam bentuk tabel dengan sistematis. | Melakukan refleksi kebiasaan peduli dan melestarikan sumber daya alam dan lingkungan dalam bentuk tabel dengan cukup sistematis. P | Melakukan refleksi kebiasaan peduli dan melestarikan sumber daya alam dan lingkungan dalam bentuk tabel dengan kurang sistematis. | Belum mampu melakukan refleksi kebiasaan peduli dan melestarikan sumber daya alam dan lingkungan dalam bentuk tabel dengan sistematis. |
Kepedulian terhadap kelestarian lingkungan. | Menunjukkan semangat yang tinggi selama kegiatan belajar dengan ikut aktif dalam kegiatan yang berhubungan dengan kelestarian lingkungan. | Cukup bersemangat selama kegiatan belajar dan cukup aktif dalam kegiatan yang berhubungan dengan kelestarian lingkungan. | Kurang bersemangat selama kegiatan belajar dan kurang aktif dalam kegiatan yang berhubungan dengan kelestarian lingkungan. P | Tidak bersemangat selama kegiatan belajar dan tidak aktif dalam kegiatan yang berhubungan dengan kelestarian lingkungan. |
Penilaian (Skoring):Total Nilai Siswa x 10
Total Nilai Maksimal
Contoh: 7x 10 = 5,8
12
3. Penilaian sikap (teliti, peduli lingkungan, tanggung jawab, kreatif, percaya diri).
No | Sikap | Belum Terlihat | Mulai Terlihat | Mulai Ber-kembang | Membu-daya | Ket. |
1 | Teliti | P | ||||
2 | Bertanggung Jawab | P | ||||
3 | Disiplin |
Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa mendiskusikan cara mengasihi lingkungan dengan orang tua, terkait pemeliharaan tumbuhan dan hewan. Tuliskan hasil diskusimu wacana cara mengasihi lingkungan.
PENGAYAAN
• Jika waktu memungkinkan, siswa sanggup menganalisis rancangan tulisan laporan hasil wawancara atau rancangan goresan pena kisah peduli lingkungan,untuk memastikan kalau goresan pena mereka telah memakai kosa kata baku dan kalimat efektif.
REMEDIAL
• Siswa yang mendapat kesulitan ketika menulis laporan, akan mendapat pendampingan guru untuk menuntaskan tulisannya.
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 3 Pembelajaran 1"
Posting Komentar