Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 2 Embelajaran 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)



Satuan Pendidikan       :     SDN 1 SRATI
Kelas / Semester            :     IV (Empat) / 1
Tema 3                             :     Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 2                    :     Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku
Pembelajaran                 :     3
Alokasi Waktu                :     1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai aliran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan daerah bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
3.3 Menggali informasi dariseorang tokoh melaluiwawancara menggunakandaftar pertanyaan
4.3 Melaporkan hasil wawancaramenggunakan kosakata bakudan kalimat efektif dalambentuk teks tulis
Indikator:
3.3.1 Membuat daftar pertanyaanuntuk persiapan wawancara
4.3.1 Membuat pertanyaan tertulismenggunakan kosa kata bakudan kalimat efektif untukpersiapan wawancara.

IPA
3.1 Memahami hubungananatara bentuk dan fungsibagian tubuh binatang dantumbuhan
4.1 Menyajikan laporan hasilpengamatan perihal bentukdan fungsi bab tubuhhewan dan tumbuhan
Indikator:
3.8.4 Mengidentifikasi fungsihewan dalam pelestarianlingkungan
4.8.4 Membuat diagram vennfungsi binatang dalampelestarian lingkungan




C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Setelah mengamati, siswa bisa mengidentifikasi bagian-bagianhewan dan fungsinya dengan benar.
2.    Setelah mengamati, siswa bisa menciptakan laporan perihal bagian-bagianhewan dalam bentuk diagram venn.
3.    Dengan mengamati gambar, siswa bisa menciptakan daftar pertanyaanuntuk persiapan wawancara dengan tepat.
4.    Dengan mengamati gambar, siswa bisa menciptakan pertanyaan tertulismenggunakan kosakata baku dan kalimat efektif untuk persiapanwawancara dengan benar.

v   Karakter siswa yang dibutuhkan :
Ø  Bahasa Indonesia dan IPA :Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
DeskripsiKegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡   Gurumemberikansalamdanmengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing.Religius
¡   Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadirandanmemeriksakerapihanpakaian, posisidantempatdudukdisesuaikandengankegiatanpembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan ialah tentangPeduli Terhadap Makhluk Hidup”.
¡   Guru menyampaikan tahapan acara yang meliputi acara mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
§  Siswadiingatkankembalipadapentingnyaperanhewansebagaisumberdayaalamhayati.Nasionalis
§  Guru membukakegiatandenganmemperlihatkanseekorburung Guru mengajukanpertanyaan:
-       Apa yang kamuketahuitentangfungsidarisetiapbagiantubuhburung?
§  Siswamembacasenyaptekssingkattentangseoranganak yang menolongseekorburung yang terluka. (Mengamati) Literasi
§  Siswakemudianmengidentifikasisetiapbagiandaritubuhburung, kemudianmenuliskannyabagian-bagiantersebutbesertafungsinya di tabel yang tersedia . (Mengumpulkan informasi)
§  Siswakemudianmengerjakansatusoalpemecahanmasalah, jikadihadapkanpadasituasi yang samadengantokoh yang adadalambuku, yaitumelihatburung yang terluka.Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswamengamatibagiantubuhlaba-labadankumbang.
§  Siswakemudianmengidentifikasiperbedaandarilaba-labadankumbangbesertafungsinyadalampelestarianlingkungan.Creativity and Innovation
§  Siswakembalidimintamembuatpertanyaantentangfungsibagianhewan. (Menanya)
§  Siswamenuliskanpertanyantambahantersebutpadadaftarpertanyaanmerekadiawalkegiatan.

35 Menit X  30 JP
Penutup
¡   Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil berguru selama sehariIntegritas
¡   Bertanya jawab perihal materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya perihal pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan evaluasi hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri acara pembelajaran) Religius

15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  BukuPedoman Guru Tema :Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku TematikTerpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡  Buku Siswa Tema : Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku Tematik TerpaduKurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡   Laba-labadankumbanguntukkegiatan IPA

Mengetahui
Kepala SDN 5 Rajamandala




Wawan Setiawan, S.Pd.
NIP. ....................
Rajamandala, 17 Juli 2017
Guru Kelas IV




Nadya Nursalma, S.Pd.
NIP. ....................


Lampiran 1
F.      MATERI PEMBELAJARAN
§  Melakukanidentifikasi
§  Membuatpertanyaan

G.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah






































Lampiran 2
H.     PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
Penilaian Sikap
No
Nama
Perubanantingkahlaku
Santun
Peduli
TanggungJawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
...................












2
...................












3
……………..












4
……………..












5
……………..












Dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2,B (Baik) : 3,SB (SangatBaik) : 4


1. IPA
Laporanhasilpengamatan:
Kriteria
SangatBaik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu
Pendampingan
(1)
Identifikasi
Mengidentifikasi
semuabagian
tubuhhewan
Mengidentifikasi
sebagianbesar
bagiantubuh
hewan
Mengidentifikasi
sebagian
bagiantubuh
hewan
Mengidentifikasi
sebagiankecil
bagiantubuh
hewan
Laporan
Menuliskanhasil
pengamatannya
dalambentuk
diagram venn
dengan detail,
runtutdan
sistematis
Memenuhi 2 dari
3
Criteria
Memenuhi 1 dari
3 kriteria
Belummemenuhi
Criteria
Kepedulian
terhadap
kelestarian
lingkungan.
Menunjukkan
semangat yang
tinggiselama
kegiatanbelajar
denganikut
aktifdalam
kegiatan yang
berhubungan
dengan
kelestarian
lingkungan.
Cukup
bersemangat
selamakegiatan
belajardancukup
aktifdalam
kegiatan yang
berhubungan
dengan
kelestarian
lingkungan.
Kurang
bersemangat
selama
kegiatanbelajar
dankurang
aktifdalam
kegaiatan yang
berhubungan
dengan
kelestarian
lingkungan.
Tidak
bersemangat
selamakegiatan
belajardantidak
aktifdalam
kegiatan yang
berhubungan
dengan
kelestarian
lingkungan.
Catatan: evaluasi (penskoran) dapatdilihatcontohnyapadapembelajaran 1

2. Bahasa Indonesia
Daftarpertanyaansiswadinilaimenggunakan rubric
Kriteria
SangatBaik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu
Pendampingan
(1)
Daftar
Pertanyaan
Semua
pertanyaan
tepat.
Sebagianbesar
pertanyaan
tepat.
Hanyasebagian
kecil
pertanyaan
tepat.
Belummampu
membuat
pertanyaandengan
tepat.
Kosa Kata
Baku
Menggunakan
kosa kata baku
dalamsemua
pertanyaan.
Menggunakan
kosa kata
bakudalam
sebagianbesar
pertanyaan.
Menggunakan
kosa kata
bakudalam
sebagiankecil
pertanyaan.
Belummampu
menggunakankosa
kata bakudalam
pertanyaan.
Kalimat
Efektif
Menggunakan
kalimatefektif
dalamsemua
pertanyaan.
Menggunakan
kalimat
efektifdalam
sebagianbesar
pertanyaan.
Menggunakan
kalimat
efektifdalam
sebagiankecil
pertanyaan.
Belummampu
menggunakan
kalimatefektif
dalamsemua
pertanyaan.
Sikap:
Mandiri
Tugas
diselesaikan
denganmandiri .
Sebagianbesar
tugas
diselesaikan
dengan
mandiri.
Tugas
diselesaikan
dengan
motivasidan
bimbingan
guru.
Belumdapat
menyelesaikan
tugasmeskitelah
diberikanmotivasi
danbimbingan.
Catatan: evaluasi (penskoran) dapatdilihatcontohnyapadapembelajaran 1

PENGAYAAN
• Apabila mempunyai waktu, siswa sanggup melaksanakan observasi tentangfungsi bab tubuh pada jenis-jenis binatang lainnya.

REMEDIAL
• Siswa yang belum memahami fungsi bab tubuh hewan, dapatdiberikan sumber bacaan yang dilengkapi gambar. Siswa dimotivasi untukmembaca dengan teliti. Siswa sanggup mengerjakan latihan tertulis (kuis,pertanyaan essay) terkait materi yang belum dipahami.


Sumber http://aqdaffa.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 2 Embelajaran 3"

Posting Komentar