Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 1 Pembelajaran 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
TEMATIK TERPADU
KURIKULUM 2013
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)


Satuan Pendidikan       :     SDN 1 SRATI
Kelas / Semester            :     IV (Empat) / 1
Tema 3                             :     Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 1                    :     Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
Pembelajaran                 :     1
Alokasi Waktu                :     1 Hari ( Selasa, 4 September 2018 )

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai fatwa agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
3.3 Menggali informasi dariseorang tokoh melaluiwawancara menggunakandaftar pertanyaan
4.3 Melaporkan hasil wawancaramenggunakan kosakata bakudan kalimat efektif dalambentuk teks tulis
Indikator:
3.3.1 Membuat daftar pertanyaanuntuk persiapan wawancara
4.3.1 Membuat pertanyaan tertulismenggunakan kosa kata bakudan kalimat efektif untukpersiapan wawancara.

IPA
3.8 Memahami pentingnyaupaya keseimbangan danpelestarian sumber dayaalam di lingkungannya
4.8 Melakukan aktivitas upayapelestarian sumber dayaalam bersama orang-orang dilingkungannya
Indikator:
3.8.1 Mengidentifikasi masalahmasalahkeseimbanganlingkungan
4.8.1 Melakukan identifikasimasalah keseimbanganlingkungan

IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristikruang dan pemanfaatansumber daya alam untukkesejahteraan masyarakatdari tingkat kota/ kabupatensampai tingkat provinsi
4.1 Menyajikan hasil identifikasikarakteristik ruang danpemanfaatan sumber dayaalam untuk kesejahteraanmasyarakat dari tingkat kota/kabupaten hingga tingkatprovinsi
Indikator:
3.1.1 Mengidentifikasi karakteristikdataran tinggi, dataranrendah, dan pantai sertapemanfaatan sumber dayaalamnya bagi kesejahteraanmasyarakat.
4.1.1 Menyajikan informasi hasilidentifikasi karakteristikdataran tinggi, dataranrendah, dan pantai sertapemanfaatan sumber dayaalamnya bagi kesejahteraanmasyarakat.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan mengamati gambar, siswa bisa menciptakan daftar pertanyaanuntuk persiapan wawancara dengan tepat.
2.    Dengan mengamati gambar, siswa bisa menciptakan pertanyaan tertulismenggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif untuk persiapanwawancara dengan benar.
3.    Dengan diskusi pemecahan masalah, siswa bisa mengidentifikasimasalah-masalah keseimbangan lingkungan dengan tepat.
4.    Dengan diskusi pemecahan maslah, siswa bisa melaksanakan identifikasimasalah keseimbangan lingkungan dengan tepat.
5.    Dengan mengamati gambar, siswa bisa mengidentifikasi karakteristikdataran tinggi, dataran rendah, dan pantai serta pemanfatan sumber dayaalamnya bagi kesejahteraan masyarakat dengan tepat.
6.    Dengan mengamati gambar, siswa bisa menyajikan informasi hasilidentifikasi karakteristik dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai sertapemanfataan sumber daya alamnya bagi kesejahteraan masyarakatdengan sistematis.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :

Ø  Bahasa Indonesia dan IPA       :         
Religius, Nasionalis, Mandiri
Gotong Royong,  Integritas
Ø  IPS                                               :
Religius, Jujur, Kerja Keras
Kreatif, Mandiri, Demokratif
Cinta Tanah Air

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
DeskripsiKegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡   Gurumemberikansalamdanmengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing.Religius
¡   Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadirandanmemeriksakerapihanpakaian, posisidantempatdudukdisesuaikandengankegiatanpembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangPeduli Terhadap Makhluk Hidup”.
¡   Guru menyampaikan tahapan aktivitas yang meliputi aktivitas mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
10 menit
Inti
§  Sebagai aktivitas pembuka, guru memperlihatkan serumpun padi kepadasiswa. (Mengamati)
o   Guru mengajukan pertanyaan:
- Apa yang kalian ketahui tentangtanaman ini?
o   Siswa kemudian saling mencocokan balasan kepada satu/beberapa temanlain. Siswa berdiskusi untuk menemukan perbedaan balasan mereka. (Mengkomunikasikan)
§  Siswa diminta untuk menentukan satu jenis tumbuhan yang sering merekakonsumsi dalam keseharian.Communication
o   Siswa diminta untuk menciptakan pertanyaan sebanyak mungkin tentangtumbuhan pilihan mereka.Mandiri
§  Siswa diingatkan kembali perihal teks yang telah mereka baca di awal kegiatanpembelajaran.
§  Siswa diminta untuk menuliskan tiga tahap pertumbuhan padi, pada diagramyang tersedia. (Mengeksplorasi)
o   Menggunakan diagram tersebut, siswa kemudian mendiskusikan bersama sahabat perihal satu tahapan dari padi yangpaling penting untuk dijaga keberadaannya.Collaboration
o   Siswa kemudian membaca informasi perihal balasan dari permasalahan yang telah mereka diskusikan, yaitu solusi untuk menjaga keberadaantanaman padi. (Menginformasikan)
o   Siswa kembali diminta untuk menciptakan banyak pertanyaan perihal tumbuhan pilihan mereka. Pertanyaan yang dibentuk ialah perihal bagaimana melestarikan tumbuhan yang dipilih dan mengenai cara-caramenjaga keseimbangan semoga tumbuhan tersebut tidak habis. (Mengeksplorasi)
o   Siswa mengamati gambar tiga kondisi geografis yang ada di buku, yaitu: datarantinggi, dataran rendah, dan pantai. (Mengamati)
§  Siswa kembali diminta menciptakan pertanyaan perihal bermacam-macam hal yangingin mereka ketahui perihal ketiga bentang alam tersebut.Mandiri
§  Siswa menuliskan pertanyaan pada kolom yang tersedia.
§  Siswa mendiskusikan pertanyaan dan hasil pengamatan bersama satu/beberapa orang teman.Gotong Royong
o   Siswa menuliskan perbedaan-perbedaan yang mereka temukan dari ketigabentang alam tersebut. (Mengumpulkan data)
§  Siswa membaca informasi perihal karakteristik tiga bentang alam Indonesia, yaitu: pantai, dataran rendah, dandataran tinggi.Literasi
§  Siswa mengisi tabel perihal karakteristikbentang alam tersebut berdasarkaninformasi yang ada dalam bacaan.Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa kembali diminta menciptakan pertanyaan sebanyak-banyaknya tentangkarakteristik alam tempat tumbuhan pilihan mereka hidup.Creativity and Innovation
§  Siswa menuliskan pertanyan tersebut pada daftar pertanyaan mereka diawal kegiatan.
35 Menit X  30 JP
Penutup
¡   Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil mencar ilmu selama sehariIntegritas
¡   Bertanya jawab perihal materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya perihal pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan evaluasi hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran) Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  BukuPedoman Guru Tema :Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku TematikTerpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡  Buku Siswa Tema : Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku Tematik TerpaduKurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).

Mengetahui
Kepala SDN 1 Srati




(Abdul Malik, S. Pd
NIP. 196210041982011003
       Srati,  23 Juli 2017
Guru Kelas IV




(Masrudin, S.Pd.)
NIP.197910162008011013


















lAMPIRAN 1
F.      MATERI PEMBELAJARAN
§  Membuat pertanyaan
§  Melakukan identifikasi persoalan keseimbangan lingkungan
§  Melakukan pengamatan bentang alam Indonesia

G.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

MATERI
IPA
Disusun Berdasarkan   Permendikbud Nomor RPP KURIKULUM 2013 KELAS 4 TEMA 3 SUB TEMA 1 PEMBELAJARAN 1 Padi ialah tumbuhan yang sangat penting di
Indonesia. Padi menghasilkan beras. Banyak
penduduk Indonesia yang mengonsumsinya. Padi
dapat tumbuh di kawasan panas dengan curah hujan
tinggi. Daerah utama penghasil padi ialah Jawa
Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan
dan Sumatera Utara.
Karawang, Jawa Barat, dikenal sebagai lumbung
padi nasional.Pertumbuhan padi dibagi menjadi3 tahap besar. Pertama-tama, benih atau biji padidimasukkan ke dalam karung goni dan direndam satu malam di dalamair mengalir supaya perkecambahan benih bersamaan. Selanjutnya,benih-benih ini ditanam di lahan sementara. Petani juga mengairi,memberi pestisida dan pupuk pada tumbuhan ini. Bibit yang telahsiap dipindahtanamkan ke sawah. Biji atau benih tadi akan tumbuhberkecambah hingga muncul ke permukaan. Bakal akar dan tunasmenonjol keluar. Lalu, batangnya memanjang. Selanjutnya, tumbuhan padiberbunga hingga gabah matang, berkembang penuh, keras, dan berwarnakuning. Gabah ialah bulir padi yang terbungkus dalam sekam (kulitpadi). Gabah ini nantinya yang akan dijadikan benih lagi.Tahap pertumbuhan padi berlangsung antara 110 hari hingga 130 hari.Setelah panen padi, gabah ditumbuk dengan lesung atau digilingsehingga sekam (kulit padi) terlepas dari isinya. Bagian isi inilah, yangberwarna putih, kemerahan, ungu, atau bahkan hitam, yang disebut beras.

Berikut ialah beberapa cara untuk mempertahankan padi tetap dapatdinikmati masyarakat Indonesia.
1.    Menjaga bibit semoga sanggup ditanam kembali.
2.    Menjaga lahan pertanian. Jangan hingga lahan dipakai untukkebutuhan lainnya, contohnya dijadikan untuk mendirikan bangunan.
3.    Menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Sampah akan menyebabkanbanjir. Apabila terjadi banjir, maka tumbuhan padi tidak akan tumbuh.
4.    Saluran air dijaga semoga tetap mengalir.
5.    Penggunaan beras yang tidak berlebihan. Jumlah penduduk yangmeningkat akan meningkatkan kebutuhan yang besar terhadap padi.Penggunaan beras sesuai kebutuhan akan sangat membantu.








IPS
Disusun Berdasarkan   Permendikbud Nomor RPP KURIKULUM 2013 KELAS 4 TEMA 3 SUB TEMA 1 PEMBELAJARAN 1

lampiran 2
H.     PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
Penilaian Sikap
No
Nama
Perubanantingkahlaku
Santun
Peduli
TanggungJawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
JUNIASTI EKA P












2
M. SANI JAUFA LAILAN












3
MUHAMMAD ABDUL F












4
YAHYA TSANI












5
AGRA SOLEH S












6
AHMAD IRFAN KH












7
ATIQOH UMMU  S












8
KHOERUL MANKHOFA












9
LATIFATUM MARDIANA












10
MINDIA APRILIANI












11
NAUFAL AHNAF ZAKI












12
NUR DEWI PUTRI ANDINI












13
SFA KHANIFATUN N












14
TEFA ARLIZA












15
YOGI FERDIANSYAH












Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2,B (Baik) : 3,SB (SangatBaik) : 4

Pertanyaan siswa perihal identifikasi persoalan keseimbangan lingkungan
untuk menjaga keberadaan tumbuhan diperiksa memakai rubrik.
Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.
Kriteria
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu
Pendampingan
(1)
MasalahKeseimbanganLingkungan
Mengidentifikasi semuamasalahkeseimbanganlingkungandengan tepat.
Mengidentifikasisebagianbesar masalah
keseimbangan
lingkungan
dengan tepat.
Mengidentifikasi
hanya sebagian
kecil masalah
keseimbangan
lingkungan
dengan tepat.
ü
Belum
mampu
mengidentifik
asi masalah
keseimbangan
lingkungan
dengan tepat.
Identifikasi
Masalah
Keseimbangan
Lingkungan
Melakukan
Identifikasi
Dengan
mandiri dan
tepat.
Melakukan
Identifikasi
dengan cukup
mandiri dan
cukup tepat.
ü
Melakukan
Identifikasi
dengan
kurang
mandiri
namun
cukup tepat.
Belum
mampu
melakukan
Identifikasi
dengan
mandiri dan
tepat.
Sikap Rasa
Ingin Tahu
Tampak
antusias dan
mengajukan
banyak ide dan
pertanyaan
selama kegiatan.
Tampak cukup
antusias dan
terkadang
mengajukan ide
dan pertanyaan
selama kegiatan.
Tampak kurang antusias dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.
Tidak tampak
antusias
dan perlu
dimotivasi
untuk
mengajukan
ide dan
pertanyaan.
ü

Penilaian (Skoring):     Total Nilai Siswa    x 10
                                  Total Nilai Maksimal
Contoh: 6  x 10 = 5
             12


2. IPS
a. Tugas siswa menemukan dan menuliskan informasi perihal karakteristik
bentang alam: pantai, dataran rendah, dan dataran tinggi, dinilai
menggunakan rubrik.
Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.
Kreiteria
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu
Pendampingan (1)
Karakteristik
dataran
tinggi,
dataran
rendah, dan
pantai serta
sumber daya
alam dan
pemanfaatan
nya


Mengidentifikasi
semua
karakteristik
dataran tinggi,
dataran rendah,
dan pantai
serta sumber
daya alam dan
pemanfaatannya
dengan tepat.
Mengidentifikasi
sebagian
besar
karakteristik
dataran tinggi,
dataran rendah,
dan pantai
serta sumber
daya alam dan
pemanfaatan
nya dengan
tepat.
ü
Mengidentifikasi
sebagian kecil
karakteristik
dataran tinggi,
dataran rendah,
dan pantai
serta sumber
daya alam dan
pemanfaatan
nya dengan
tepat.
Belum mampu
mengidentifika
si karakteristik
dataran tinggi,
dataran
rendah, dan
pantai serta
sumber daya
alam dan
pemanfaatannya
dengan tepat.
Peyajian
informasi
tentang
karakteristik
dataran
tinggi,
dataran
rendah, dan
pantai serta
sumber daya
alam dan
pemanfaatan
nya
Peyajian
informasi tentang
karakteristik
dataran tinggi,
dataran rendah,
dan pantai
serta sumber
daya alam dan
pemanfaatannya
a dengan
sistematis.
Peyajian
informasi tentang
karakteristik
dataran tinggi,
dataran rendah,
dan pantai
serta sumber
daya alam dan
pemanfaatannya
cukup sistematis.
Peyajian
informasi
tentang
karakteristik
dataran tinggi,
dataran rendah,
dan pantai
serta sumber
daya alam dan
pemanfaatannya
kurang
sistematis.
ü
Belum mampu
meyajikan
informasi
tentang
karakteristik
dataran tinggi,
dataran rendah,
dan pantai
serta sumber
daya alam dan
pemanfaatannya
dengan
sistematis.
Sikap
Peduli
Peduli terhadap
keberadaan
sumber daya
alam Indonesia
secara
konsisten
Cukup peduli
terhadap
keberadaan
sumber daya
alam Indonesia.
ü
Kurang peduli
terhadap
keberadaan
sumber daya
alam Indonesia.
Belum
menunjukkan
kepedulian
terhadap
keberadaan
sumber daya
alam.
Sikap
Tanggung
Jawab
Bertanggung
jawab terhadap
tugas-tugas
secara konsisten.
Cukup bertanggung
jawab
terhadap tugastugas
secara
konsisten.
Kurang bertanggung
jawab
terhadap tugastugas
secara
konsisten.
Belum
bertanggung
jawab terhadap
tugas-tugas
secara konsisten.
ü



Penilaian (Skoring):    Total Nilai Siswa     x 10
                                  Total Nilai Maksimal

Contoh:   9 x 10 = 5,6
               16

b. Sikap siswa ketika melaksanakan diskusi pemecahan persoalan dinilai
menggunakan rubrik
Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.
Kreiteria
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu
Pendampingan (1)
Mendengarkan
Selalu
mendengarkan
teman yang sedang
berbicara.
Mendengarkan
teman yang
berbicara
namun
sesekali masih
perlu
diingatkan.
Masih perlu
diingatkan
untuk mendengarkan
teman
yang sedang
berbicara.
ü
Sering
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang
sedang
berbicara namun
tidak mengindahkan


Komunikasi
non verbal
(kontak
mata,
bahasa
tubuh,
postur,
ekspresi
wajah,
suara)
Merespon dan
menerapkan
komunikasi non
verbal dengan
tepat.
ü
Merespon
dengan tepat
terhadap komunikasi
non
verbal yang
ditunjukkan
teman.
Sering
merespon
kurang tepat
terhadap komunikasi
non verbal
yang ditunjukkan
teman.
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami bentuk
komunikasi
non ekspresi yang
ditunjukkan teman.
Partisipasi
(menyampai
kan ide,
perasaan,
pikiran)
Isi pembicaraan
menginspirasi
teman. Selalu
mendukung dan
memimpin lainnya
saat diskusi.
Berbicara dan
menerangkan
secara rinci,
merespon
sesuai dengan
topik.
ü
Berbicara dan
menerangkan
secara
rinci, namun
terkadang
merespon
kurang sesuai
dengan topik.
Jarang berbicara
selama proses
diskusi berlangsung.

Penilaian (Skoring):Total Nilai Siswa   x 10
Total Nilai Maksimal
Contoh: 9  x 10 = 7,5
12

3. Bahasa Indonesia
Daftar pertanyaan siswa dinilai memakai rubrik
Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.
Kreiteria
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu
Pendampingan (1)
Daftar
Pertanyaan
Semua
pertanyaan
tepat.
Sebagian besar
pertanyaan
tepat.
Hanya
sebagian kecil
pertanyaan
tepat.
ü
Belum mampu
membuat
pertanyaan
dengan tepat.
Kosa Kata
Baku
Menggunakan
kosa kata baku
dalam semua
pertanyaan.
ü
Menggunakan
kosa kata baku
dalam
sebagian besar
pertanyaan.
Menggunakan
kosa kata baku
dalam
sebagian kecil
pertanyaan.
Belum mampu
menggunakan
kosa kata
baku dalam
pertanyaan.
Kalimat
Efektif
Menggunakan
kalimat efektif
dalam semua
pertanyaan.
Menggunakan
kalimat efektif
dalam
sebagian besar
pertanyaan.
ü
Menggunakan
kalimat
efektif dalam
sebagian kecil
pertanyaan.
Belum mampu
menggunakan
kalimat efektif
dalam semua
pertanyaan.
Sikap:
Mandiri
Tugas
diselesaikan
dengan
mandiri.
Sebagian
besar tugas
diselesaikan
dengan mandiri.
Tugas
diselesaikan
dengan
motivasi dan
bimbingan
guru.
Belum dapat
menyeselesaikan
tugas meski telah
diberikan
motivasi dan
bimbingan.
ü
Penilaian (Skoring):Total Nilai Siswa     x 10
Total Nilai Maksimal
Contoh: 10  x10= 6,2
16

4. Penilaian sikap teliti, kreatif, rasa ingin tahu.
No
Sikap
BelumTerlihat
MulaiTerlihat
MulaiBer-kembang
Membu-daya
Ket.
1
Teliti


P


2
Bertanggung Jawab

P



3
Disiplin






Kerjasamadengan Orang Tua :
Siswamengobservasihewan yang ada di sekitarlingkunganrumahdenganpendampingan orang tuadanmengisitabel yang terdapatpadabukusiswa.Hasilnya dilaporkan kepada guru dan didiskusikan dengan sahabat satu kelompok.


PENGAYAAN
• Apabila mempunyai waktu, siswa sanggup diberikan materi perihal kalimatefektif dan kosa kata baku.

REMEDIAL
• Siswa yang belum bisa menciptakan pertanyaan, akan mendapatpendampingan guru. Siswa diberikan beberapa gambar lain untukmenumbuhkan rasa ingin tahu yang kemudian akan dituangkan dalambentuk pertanyaan.



Sumber http://aqdaffa.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 1 Pembelajaran 1"

Posting Komentar