Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 1 Pembelajaran 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)



Satuan Pendidikan       :     SDN 5 Rajamandala
Kelas / Semester            :     IV (Empat) / 1
Tema 3                             :     Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 1                    :     Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
Pembelajaran                 :     4
Alokasi Waktu                :     1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai aliran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan kawasan bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
3.3 Menggali informasi dariseorang tokoh melaluiwawancara menggunakandaftar pertanyaan
4.3 Melaporkan hasil wawancaramenggunakan kosakata bakudan kalimat efektif dalambentuk teks tulisan
Indikator:
3.3.3 Mengidentifikasi ciri- ciripertanyaan yang baik
3.3.4 Mengelompokkan pertanyaanberdasarkan ciri- ciripertanyaan yang baik

PPKN
1. Menerima dan menjalankan aliran agama yang dianutnya.
2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
1.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
2.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
3.2 Memahami hak dankewajiban sebagai wargamasyarakat dalam kehidupansehari-hari
4.2 Bekerjasama melaksanakanhak dan kewajiban sebagaiwarga masyarakat dalamkehidupan sehari-hari
Indikator:
3.2.10 Menjelaskan pentingnyamelaksanakan hak dan kewajiban secara seimbangketika memanfaatkantumbuhan
4.2.10 Membuat rencanamelaksanakan kewajibanterhadap tumbuhan yangdipelihara

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Setelah berdiskusi, siswa bisa menjelaskan pentingnya melaksanakanhak dan kewajiban secara seimbang ketika memanfaatkan tumbuhandengan terperinci.
2.    Setelah berdiskusi, siswa bisa menciptakan planning melaksanakankewajiban terhadap tumbuhan yang dipelihara dengan terperinci.
3.    Setelah berdiskusi, siswa bisa mengidentifikasi ciri-ciri pertanyaanyang baik dengan benar.
4.    Setelah berdiskusi, siswa bisa mengelompokkan pertanyaanberdasarkan ciri- ciri pertanyaan yang baik dengan benar.

v   Karakter siswa yang diperlukan :
Ø  Bahasa Indonesia dan PPKn :Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
DeskripsiKegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡   Gurumemberikansalamdanmengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing.Religius
¡   Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadirandanmemeriksakerapihanpakaian, posisidantempatdudukdisesuaikandengankegiatanpembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yakni tentangPeduli Terhadap Makhluk Hidup”.
¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
§  Di awal pembelajaran guru membawa tumbuhan ke dalam kelas.  (Mengamati) Guru bertanya kepada siswa. Apakah kau memiliki tumbuhan di rumah? Bagaimana kau merawatnya? Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pengalamannya. Communication. Guru bertanya kembali, apa yang terjadi bila tumbuhan tidak kita rawat? Guru menulis jawabannya di papan tulis. Jawaban siswa didiskusikan secara klasikal.Collaboration
§  Guru menguatkan manfaat tumbuhan dalam kehidupan sehari-hari. Tanaman menghasilkan oksigen. Tanaman juga menciptakan lingkungan menjaditeduh. Kita semua wajib menjaga dan memeliharanya. (Mendiskripsikan)
         
35 Menit X  30 JP
Penutup
¡   Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil berguru selama sehariIntegritas
¡   Bertanya jawab perihal bahan yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya perihal pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan evaluasi hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  BukuPedoman Guru Tema :Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku TematikTerpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡  Buku Siswa Tema : Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku Tematik TerpaduKurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡  Kertas kecil-kecil, Penggaris besar



Mengetahui
Kepala SDN 5 Rajamandala




Wawan Setiawan, S.Pd.
NIP. ....................
Rajamandala, 17 Juli 2017
Guru Kelas IV




Nadya Nursalma, S.Pd.
NIP. ....................


Lampiran 1
F.      MATERI PEMBELAJARAN
¡  Membuat aktivitas merawat tanaman
¡  Mengelompokkan pertanyaan berdasarkan pertanyaan yang baik

G.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah





































Lampiran 2
H.     PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
Penilaian Sikap
No
Nama
Perubanantingkahlaku
Santun
Peduli
TanggungJawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
...................












2
...................












3
……………..












4
……………..












5
……………..












Dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2,B (Baik) : 3,SB (SangatBaik) : 4

1. PPKn: Jadwal merawat tanaman.
Guru memperlihatkan komentar perihal aktivitas yang sudah dan belum sesuai.


2. Bahasa Indonesia:
Guru memperlihatkan komentar perihal pertanyaan-pertanyaan yang sudah dan belum sesuai.

3. Diskusi
Diskusi ketika mengelompkkan pertanyaan
Kreiteria
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu
Pendampingan (1)
Mendengarkan
Selalu
mendengarkan
teman yang
sedang berbicara
Mendengarkan
teman yang
berbicara
namun
sesekali masih
perlu
diingatkan.
Masih perlu
diingatkan
untuk
mendengarkan
teman yang
sedang
berbicara.
Sering
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang
sedang berbicara
namun tidak
mengindahkan
Komunikasi
non
verbal (kontak
mata, bahasa
tubuh, postur,
ekspresi wajah,
suara)
Merespon dan
menerapkan
komunikasi non
verbal dengan
tepat.
Merespon
dengan tepat
terhadap
komunikasi
non verbal yang
ditunjukkan
teman.
Sering
merespon
kurang tepat
terhadap
komunikasi
non verbal yang
ditunjukkan
teman.
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami
bentuk
komunikasi
non verbal yang
ditunjukkan
teman.
Partisipasi
(menyampaikan
ide,
perasaan,
pikiran)
Isi
pembicaraan
menginspirasi
teman. Selalu
mendukung
dan memimpin
lainnya saat
diskusi.
Berbicara dan
menerangkan
secara rinci,
merespon
sesuai dengan
topik.
Berbicara dan
menerangkan
secara
rinci,namun
terkadang
merespon
kurang sesuai
dengan topik.
Jarang
berbicara selama
proses diskusi
berlangsung.
Catatan: evaluasi (penskoran) sanggup dilihat misalnya pada pembelajaran 1


1.    Penilaian sikap teliti, kreatif, rasa ingin tahu.
No
Sikap
BelumTerlihat
MulaiTerlihat
MulaiBer-kembang
Membu-daya
Ket.
1
Teliti


P


2
Bertanggung Jawab

P



3
Disiplin







Pengayaan
Siswa bisa diberikan soal-soal dengan bilangan yang lebih rumit.

Remedial
Siswa yang belum bisa penaksiran penggalan dan persen sanggup mengulangkegiatan bersama guru. Kegiatan bisa dilakukan seusai jam belajar. Kegiatandilakukan sekitar 30 – 60 menit.
Kegiatan sanggup dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus.





Sumber http://aqdaffa.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 1 Pembelajaran 4"

Posting Komentar