RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 (Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016) |
Satuan Pendidikan : SDN 5 Rajamandala
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 3 : Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 1 : Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
Pembelajaran : 4
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai aliran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan kawasan bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
3.3 Menggali informasi dariseorang tokoh melaluiwawancara menggunakandaftar pertanyaan
4.3 Melaporkan hasil wawancaramenggunakan kosakata bakudan kalimat efektif dalambentuk teks tulisan
Indikator:
3.3.3 Mengidentifikasi ciri- ciripertanyaan yang baik
3.3.4 Mengelompokkan pertanyaanberdasarkan ciri- ciripertanyaan yang baik
PPKN
1. Menerima dan menjalankan aliran agama yang dianutnya.
2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
1.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
2.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
3.2 Memahami hak dankewajiban sebagai wargamasyarakat dalam kehidupansehari-hari
4.2 Bekerjasama melaksanakanhak dan kewajiban sebagaiwarga masyarakat dalamkehidupan sehari-hari
Indikator:
3.2.10 Menjelaskan pentingnyamelaksanakan hak dan kewajiban secara seimbangketika memanfaatkantumbuhan
4.2.10 Membuat rencanamelaksanakan kewajibanterhadap tumbuhan yangdipelihara
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah berdiskusi, siswa bisa menjelaskan pentingnya melaksanakanhak dan kewajiban secara seimbang ketika memanfaatkan tumbuhandengan terperinci.
2. Setelah berdiskusi, siswa bisa menciptakan planning melaksanakankewajiban terhadap tumbuhan yang dipelihara dengan terperinci.
3. Setelah berdiskusi, siswa bisa mengidentifikasi ciri-ciri pertanyaanyang baik dengan benar.
4. Setelah berdiskusi, siswa bisa mengelompokkan pertanyaanberdasarkan ciri- ciri pertanyaan yang baik dengan benar.
v Karakter siswa yang diperlukan :
Ø Bahasa Indonesia dan PPKn :Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | DeskripsiKegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | ¡ Gurumemberikansalamdanmengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing.Religius ¡ Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadirandanmemeriksakerapihanpakaian, posisidantempatdudukdisesuaikandengankegiatanpembelajaran. ¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yakni tentang ”Peduli Terhadap Makhluk Hidup”. ¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. | 10 menit |
Inti | § Di awal pembelajaran guru membawa tumbuhan ke dalam kelas. (Mengamati) Guru bertanya kepada siswa. Apakah kau memiliki tumbuhan di rumah? Bagaimana kau merawatnya? Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pengalamannya. Communication. Guru bertanya kembali, apa yang terjadi bila tumbuhan tidak kita rawat? Guru menulis jawabannya di papan tulis. Jawaban siswa didiskusikan secara klasikal.Collaboration § Guru menguatkan manfaat tumbuhan dalam kehidupan sehari-hari. Tanaman menghasilkan oksigen. Tanaman juga menciptakan lingkungan menjaditeduh. Kita semua wajib menjaga dan memeliharanya. (Mendiskripsikan) • | 35 Menit X 30 JP |
Penutup | ¡ Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil berguru selama sehariIntegritas ¡ Bertanya jawab perihal bahan yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡ Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya perihal pembelajaran yang telah diikuti. ¡ Melakukan evaluasi hasil belajar ¡ Mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius | 15 menit |
E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ BukuPedoman Guru Tema :Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku TematikTerpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Buku Siswa Tema : Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku Tematik TerpaduKurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Kertas kecil-kecil, Penggaris besar
Mengetahui Kepala SDN 5 Rajamandala Wawan Setiawan, S.Pd. NIP. .................... | Rajamandala, 17 Juli 2017 Guru Kelas IV Nadya Nursalma, S.Pd. NIP. .................... |
Lampiran 1
F. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Membuat aktivitas merawat tanaman
¡ Mengelompokkan pertanyaan berdasarkan pertanyaan yang baik
G. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
Lampiran 2
H. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
Penilaian Sikap
No | Nama | Perubanantingkahlaku | |||||||||||
Santun | Peduli | TanggungJawab | |||||||||||
K | C | B | SB | K | C | B | SB | K | C | B | SB | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | ................... | ||||||||||||
2 | ................... | ||||||||||||
3 | …………….. | ||||||||||||
4 | …………….. | ||||||||||||
5 | …………….. | ||||||||||||
Dst | …………….. |
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2,B (Baik) : 3,SB (SangatBaik) : 4
1. PPKn: Jadwal merawat tanaman.
Guru memperlihatkan komentar perihal aktivitas yang sudah dan belum sesuai.
2. Bahasa Indonesia:
Guru memperlihatkan komentar perihal pertanyaan-pertanyaan yang sudah dan belum sesuai.
3. Diskusi
Diskusi ketika mengelompkkan pertanyaan
Kreiteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan | Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara | Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan. | Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. | Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan |
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara) | Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. | Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. | Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. | Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran) | Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. | Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. | Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. | Jarang berbicara selama proses diskusi berlangsung. |
Catatan: evaluasi (penskoran) sanggup dilihat misalnya pada pembelajaran 1
1. Penilaian sikap teliti, kreatif, rasa ingin tahu.
No | Sikap | BelumTerlihat | MulaiTerlihat | MulaiBer-kembang | Membu-daya | Ket. |
1 | Teliti | P | ||||
2 | Bertanggung Jawab | P | ||||
3 | Disiplin |
Pengayaan
Siswa bisa diberikan soal-soal dengan bilangan yang lebih rumit.
Remedial
Siswa yang belum bisa penaksiran penggalan dan persen sanggup mengulangkegiatan bersama guru. Kegiatan bisa dilakukan seusai jam belajar. Kegiatandilakukan sekitar 30 – 60 menit.
Kegiatan sanggup dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus.
Sumber http://aqdaffa.blogspot.com
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 1 Pembelajaran 4"
Posting Komentar