RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 (Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016) |
Satuan Pendidikan : SDN 1 SRATI
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 3 : Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 2 : Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku
Pembelajaran : 5
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai pedoman agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan daerah bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristikruang dan pemanfaatansumber daya alam untukkesejahteraan masyarakatdari tingkat kota/kabupatensampai tingkat provinsi
4.1 Menyajikan hasil identifikasikarakteristik ruang danpemanfaatan sumber dayaalam untuk kesejahteraanmasyarakat dari tingkat kota/kabupaten hingga tingkatprovinsi
Indikator:
3.1.2 Menjelaskan karakteristikruang dan pemanfaatansumber daya alam untukkesejahteraan masyarakatdari tingkat kota/kabupatensampai tingkat provinsi
4.1.2 Menyajikan informasi darikarakteristik ruang danpemanfaatan sumber dayaalam untuk kesejahteraanmasyarakat dari tingkat kota/kabupaten hingga tingkatprovinsi
SBdP
3.4 Memahami karya seni rupateknik tempel menciptakan karyakolase, montase, aplikasi, danmozaik
4.4 Membuat karya kolase,montase, aplikasi, dan mozaik
Indikator:
3.4.2 Menjelaskan cara melakukanapresiasi terhadap hasil karyaseni kolase
4.4.2 Mengapresiasi karya senikolase.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan mengamati gambar, membaca teks, dan berdiskusi, siswa mampumenjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam dilingkungan sekitar mereka dengan benar.
2. Dengan mengamati gambar, membaca teks, dan berdiskusi, siswa mampumenyajikan informasi perihal karakteristik ruang dan pemanfaatansumber daya alam di lingkungan sekitar mereka dengan terperinci.
3. Setelah mendengarkan klarifikasi dari guru dan diberikan panduanpertanyaan, siswa bisa menjelaskan cara mengapresiasi karya senimozaik dengan baik.
4. Setelah mendengarkan klarifikasi dari guru dan diberikan panduanpertanyaan, siswa bisa mengapresiasi hasil karya seni mozaik denganrasa percaya diri yang tinggi.
v Karakter siswa yang dibutuhkan :
Ø SBdP :Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
Ø IPS : Religius
Jujur
Kerja Keras
Kreatif
Mandiri
Demokratif
Cinta Tanah Air
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | DeskripsiKegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | ¡ Gurumemberikansalamdanmengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing.Religius ¡ Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadirandanmemeriksakerapihanpakaian, posisidantempatdudukdisesuaikandengankegiatanpembelajaran. ¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Peduli Terhadap Makhluk Hidup”. ¡ Guru menyampaikan tahapan acara yang meliputi acara mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. | 10 menit |
Inti | § Siswamengamatigambardanbacatekstentanghewan (ayam, bebek, kucing, danikan) yang terdapatdalambukusiswa. § Siswamenuliskankarakteristiktempathiduphewantersebutpadakolom yangtelahdisediakan. (Menumpulkan informasi) § Siswamenjawabpertanyaan yang terdapat di bukusiswa.Mandiri § Siswamenuliskankesimpulantentangkarakteristiktempattinggalhewanayam, bebek, kucing, danikan. § Siswamenuliskanalasanapakahkucingdanikandapathidup di tempatbesertapenjelasan. § Siswamenuliskanpenjelasanapakahkeadaanalam (iklimdanbentukmukabumi) mempengaruhikehidupanhewanbesertapenjelasan.Nasionalis § Siswamenuliskanpenjelasanapasaja yang perludiperhatikan biar hewantersebutdapathidupdenganbaik. § Siswamendiskusikankembalisecaraberkelompokciri-cirikhususayam,itik, kucing, danikan.Collaboration § Siswamengaitkanciri-cirikhusustersebutdengankarakteristiktempathidupnya. § Siswadimintamencaritahutentangkondisidankarakteristikalam yangada di sekitarmereka (iklimdanbentukmukabumi).Critical Thinking and Problem Solving § Siswadimintamenggaliinformasidariberbagaisumber (bukuperpustakaan, internet ataunarasumber).Literasi § Siswadimintamemajangkaryasenimozaik yang telahmerekabuatsebelumnya di mejamasing-masing. (Mengeksplorasi) § Siswamenjelaskanhasilkaryamerekakepadatemansatukelompoksecarabergiliran.Gotong Royong § Setiapsiswadimintamengamatihasilkaryateman-temannyadanmemberikankomentarsebagaibentukapresiasi. § Siswamenuliskanapresiasimerekapadapotongankertas yang telahdisediakan di setiapmeja. § Kemudian, siswamemilihsalahsatuhasilkaryatemannya. § Siswamenulisapresiasimerekaatashasilkaryatersebutdenganmenjawabpertanyaan yang terdapat di bukusiswa.Mandiri § Siswamenuliskanapasaja yang merekaketahuitentanghasilkaryatemanmerekatersebut.Literasi § Siswamenuliskanbagaimanapendapatmerekatentanghasilkaryatersebut.Integritas § Siswamenuliskanpendapatmerekatentangbagian yang menarikdarikaryatersebutbesertaalasan. § Siswamenuliskan saran biar karyasenitersebutlebihbaiklagi. § Siswamengamatigambar yang terdapatdalambukusiswa. | 35 Menit X 30 JP |
Penutup | ¡ Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil berguru selama sehariIntegritas ¡ Bertanya jawab perihal bahan yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡ Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya perihal pembelajaran yang telah diikuti. ¡ Melakukan evaluasi hasil belajar ¡ Mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri acara pembelajaran) Religius | 15 menit |
E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ BukuPedoman Guru Tema :Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku TematikTerpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Buku Siswa Tema : Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku Tematik TerpaduKurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
Mengetahui Kepala SDN 5 Rajamandala Wawan Setiawan, S.Pd. NIP. .................... | Rajamandala, 17 Juli 2017 Guru Kelas IV Nadya Nursalma, S.Pd. NIP. .................... |
Lampiran 1
F. MATERI PEMBELAJARAN
§ Mengapresiasihasilkaryamozaik
§ Mencariinformasidterkaitkarakteristiklingkungan
G. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
MATERI
IPS
Mencari tahu lebih lanjut perihal hubungan karakteristik tempat
hidup binatang dengan ciri-ciri khususnya
Hewan | Karakteristik |
Cicak | Apakahkamupernahmengamaticicakmerayap di dindingrumahmu? Mengapacicaktersebut biasmerayap di dinding? Bagaimanacicaktersebutmenangkapmangsanya? Cicakmempunyaiperekatpadatelapakkakinya, sehinggadapatmerayap di dindingataulangit-langitrumah. Cicakjugamemilikilidah yangpanjangdanlengket, sehinggadapatmenangkapserangga. Cicakmempunyaiukuran rata-rata 7hingga 10 cm. Cicakdapatmelepaskanekornyauntukmelindungidiri. Terdapatbeberapajeniscicak, yaitucicakrumah, cicakpohonhijau, dantokek. Cicakpohonhijaudantokekmempunyaiukuran yang lebihbesardaricicakrumah. |
Kelelawar | Kelelawarhidup di daerah yang gelap, seperti di ataprumahdangua. Kelelawarmengeluarkansuaradengan frekuensitinggi. Selainitu, kelelawarjugamemilikipendengaran yang baikdanpekamenerimabunyipantulan. Kelelawarmampumendeteksibenda-benda disekitarnya. Kelelawaradalahhewan nocturnalkarenamelakukankegiatan dimalamhari. Ada duajeniskelelawar, yaitukelelawarpemakanbuahdankelelawarpemakanserangga. |
Bunglon | Bunglondapatmengubahwarnakulitnyasesuaidenganwarnabenda-benda yang ada di sekitarnya,misalnyaketikaberada di atasdaun yang berwarnahijau, makawarnanyabisaberubahmenjadihijau. Ketikaberada di batangpohon yang berwarnacoklat, makawarnanyabisaberubahmenjadicoklat. Bunglonmengubahwarnakulitnyauntukmelindungidiri. Bunglonmempunyailidah yangpanjangmelebihiukurantubuhnya |
Lampiran 2
H. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
Penilaian Sikap
No | Nama | Perubanantingkahlaku | |||||||||||
Santun | Peduli | TanggungJawab | |||||||||||
K | C | B | SB | K | C | B | SB | K | C | B | SB | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | ................... | ||||||||||||
2 | ................... | ||||||||||||
3 | …………….. | ||||||||||||
4 | …………….. | ||||||||||||
5 | …………….. | ||||||||||||
Dst | …………….. |
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2,B (Baik) : 3,SB (SangatBaik) : 4
1. IPS
Diskusidinilaidenganrubrik
Kriteria | SangatBaik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan | Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara | Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masihperlu diingatkan. | Masihperlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. | Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namuntidak mengindahkan |
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresiwajah, suara) | Merespondan menerapkan komunikasi non verbal dengantepat. | Merespon dengantepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. | Sering merespon kurangtepat terhadap komunikasi non lisan yang ditunjukkan teman. | Membutuhkan bantuandalam memahami bentuk komunikasi non lisan yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran) | Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung danmemimpin lainnyasaat diskusi. | Berbicaradan menerangkan secararinci, merespon sesuaidengan topik. | Berbicaradan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurangsesuai dengantopik. | Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. |
Catatan: evaluasi (penskoran) dapatdilihatcontohnyapadapembelajaran 1
2. SBdP
Mengapresiasikaryamozaikdinilaidengandaftarperiksa.
No | Kreteria | Ya | Tidak | Catatan |
1 | Siswamenuliskan yang merekaketahuitentanghasilkaryamozaiktemannya. | |||
2 | Siswamenuliskanbagaimanapendapatnyatentanghasilkaryamozaiktersebut. | |||
3 | Siswahal yang menarikdarikaryamozaiktersebutbesertaalasannya. | |||
4 | Siswamenuliskan saran biar karyasenitersebuttersebutlebihbaiklagi. |
Sumber http://aqdaffa.blogspot.com
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 2 Pembelajaran 5"
Posting Komentar