Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 1 Pembelajaran 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
TEMATIK TERPADU
KURIKULUM 2013



Satuan Pendidikan      :     SDN 1 SRATI
Kelas / Semester          :     IV (Empat) / 1
Tema 1                            :     Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 1                   :     Keberagaman Budaya Bangsaku
Pembelajaran                :     2
Alokasi Waktu               :     1 Hari ( Jumat, 20 Juli 2018 )

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai anutan agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
PPKn
1.   Menerima dan menjalankan anutan agama yang dianutnya
1.4 Menerima banyak sekali bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
2.   Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.4 Menerima banyak sekali bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
3.4 Memahami banyak sekali bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4 Bekerja sama dalam banyak sekali bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
Indikator:
3.4.1 Mempresentasikan keberagaman suku bangsa, sosial dan budaya di Indonesia.
4.4.1 Menjelaskan makna persatuan dan kesatuan dalam keberagaman.

SBdP
3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah.
4.3 Meragakan dasar-dasar gerak tari daerah.




Indikator:
3.3.1 Mengidentifikasi dasar-dasar gerakan tari Bungong Jeumpa.
4.3.1 Siswa mempraktikkan gerak dasar tari Bungong Jeumpa dengan hitungan dari guru.

C.     TUJUAN PEMEBALAJARAN
1.    Setelah mengamati, siswa bisa mengidentifikasi dasar-dasar gerakan tari Bungong Jeumpa dengan posisi badan bangun dengan benar.
2.    Setelah melihat contoh, siswa menciptakan mempraktikkan dasar-dasar gerakan tari Bungong Jeumpa (posisi badan berdiri) diiringi hitungan dari guru dengan benar.
3.    Setelah mencari informasi, siswa bisa mempresentasi keberagaman Indonesia.
4.    Setelah berdiskusi, siswa bisa menemukan menjelaskan makna pesatuan dan kesatuan dalam keberagaman.

v   Karakter siswa yang dibutuhkan :
Ø  PPKn dan SBdP  :  Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
DeskripsiKegiatan
AlokasiWaktu
Pendahuluan
¡   Gurumemberikansalamdanmengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing.Religius
¡   Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadirandanmemeriksakerapihanpakaian, posisidantempat duduk disesuaikandengankegiatanpembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangIndahnya Kebersamaan”.Nasionalis
¡   Guru menyampaikan tahapan aktivitas yang meliputi aktivitas mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
§  Pada awal pembelajaran, guru mengingatkan siswa kembali kisah wacana pawai budaya.Literasi
§  Guru memperlihatkan gambar wacana pawai budaya.Communication
§  Siswa mengamati gambar pawai budaya yang ada di buku siswa. (Mengamati)
§  Pada sesi kali ini, siswa akan mencar ilmu tari daerah. Tari yang dipelajari ialah Bungong Jeumpa atau tarian kawasan lainnya. Guru menyiapkan video tarian, musik. Jika memungkinkan guru bisa menari di depan siswa sebagai contoh.
§  Siswa diminta mengamati video atau tarian langsung. Siswa mendiskusikan dasar-dasar gerakan tarian. Siswa juga bisa mengamati dasar-dasar gerakan yang ada di buku siswa. (Mengkomunikasikan)
§  Guru mempraktikkan satu persatu dasar-dasar gerakan tarian. Guru menjelaskan posisi badan setiap dasar gerakan. (Mengekplorasi)
§  Siswa mempraktikkan bahu-membahu setiap dasar-dasar gerakan. Guru memberi kode dengan hitungan hingga 8. Guru mengamati siswa dan membetulkan jikalau ada gerakan yang kurang tepat.Mandiri
§  Dalam kelompoknya, siswa mempraktikkan dasar-dasar gerakan A-D dengan kode dari guru.Collaboration
§  Siswa mempraktikkan setiap dasar-dasar gerakan di depan kelompoknya. Siswa lain menilai dan memperlihatkan komentar.Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa membaca teks “Sigap Membantu Sesama”.Literasi
§  Secara individu siswa membaca teks yang ada di buku siswa denganmembaca dalam hati.
§  Bersama dengan kelompoknya siswa menjawab yang ada di buku siswa.Gotong Royong
§  Siswa menulis jawabannya di kertas plano atau kalender bekas.Creativity and Innovation
§  Siswa melekat jawabannya pada dinding kelas.
§  Satu siswa dalam kelompok akan bangun di depan pekerjaannya untuk berpresentasi kepada siswa lain yang mengunjungi. Sementara, siswa yang lain akan berkunjung ke pekerjaan kelompok lain dengan kode tepuk tangan. Guru memastikan bahwa semua siswa hening dan berdiskusi berjalan dengan baik. Siswa yang mengunjungi hasil pekerjaan siswa lainbisa memperlihatkan pertanyaan ataupun saran.Integritas
§  Ketika diskusi sudah selesai, setiap siswa akan duduk di tempat masing-masinguntuk mendiskusikan kembali hasil pekerjaannya.
§  Guru dan siswa mendiskusikan tanggapan dari setiap pertanyaan satupersatu.Collaboration
§  Guru menyimpulkan bahwa setiap orang itu berbeda. Baik dari suku bangsa, sosial dan budaya. Pengikat dari keberagaman ialah persatuan dan kesatuan. Dengan sikap persatuan dan kesatuan setiaporang bisa berafiliasi dengan baik dengan orang-orang yang berbeda.Integritas
§  Guru memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan memperlihatkan pendapat. Guru memotivasi siswa untuk menguatkan nilainilaipersatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.



§  Guru menanyakan contoh-contoh sikap persatuan dan kesatuan dalamkehidupan sehari-hari.
§  Siswa menjawab secara bergantian.
150 menit
Penutup
¡   Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil mencar ilmu selama sehariIntegritas
¡   Bertanya jawab wacana bahan yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya wacana pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukanpenilaianhasilbelajar
¡   Mengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing (untukmengakhirikegiatanpembelajaran)Religius

15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡  Buku Siswa Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡  Video tari Bungong Jeumpa

                                                                                           Ayah, 21 Juli 2018
 Kepala Sekolah                                              Guru Kelas  IV












LAMPIRAN 1
F.      MATERI
§  Menari tarian kawasan (Bungong Jeumpa)
§  Mengidentifikasi keberagaman yang ada di sekitar

G.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

MATERI
SBDP
 menjalankan dan menghargai anutan agama yang dianutnya RPP KURIKULUM 2013  KELAS 4 TEMA 1 SUB TEMA 1 PEMBELAJARAN 2
 menjalankan dan menghargai anutan agama yang dianutnya RPP KURIKULUM 2013  KELAS 4 TEMA 1 SUB TEMA 1 PEMBELAJARAN 2
PKN
Pak Sammy, Pak Encep, Pak Made, Pak Udin, dan Pak Nur tinggal di Kampung Babakan. Mereka berasal dari suku yang berbeda-beda. Mereka juga memiliki kesukaan masakan yang berbeda-beda. Makanan kesukaan mereka ialah masakan khas daerahnya. Mereka juga sangat hebat dalam memainkan alat musik kawasan masing-masing.
Mereka memakai bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari meskipun masih sangat terpengaruh dengan logat bahasa kawasan mereka.





 menjalankan dan menghargai anutan agama yang dianutnya RPP KURIKULUM 2013  KELAS 4 TEMA 1 SUB TEMA 1 PEMBELAJARAN 2
Siap Menghadapi Musim Hujan
Musim hujan hampir tiba. Warga desa Kambung Babakan berdiskusiuntuk melaksanakan kerja bakti. Meraka berencana membersihkan selokan.Mereka setuju ketika selokan bersih, warga tidak akan kebanjiran.Pagi itu, semua warga terlihat sangat bersemangat membersihkanselokan. Pak Sammy dan Pak Udin sibuk mengambil sampah yang adadi dalam selokan. Pak Made dan Pak Udin memastikan terusan selokanlancar. Pak Nur mengambil sampah-sampah dan meletakkannya digerobak sampah.
Setelah kerja bakti
selesai, warga berkumpul
untuk menikmati teh
hangat dan pisang
goreng. Makanan
tersebut dimasak olehibu-ibu.
Mereka senangkarena selokan
desasudah bersih. Kini,mereka
siap jikalau musimhujan tiba.














LAMPIRAN 2
H.     PENILAIAN
Penilaian Sikap
No
Nama
Perubanantingkahlaku
Santun
Peduli
TanggungJawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
JUNIASTI EKA P












2
M. SANI JAUFA LAILAN












3
MUHAMMAD ABDUL F












4
YAHYA TSANI












5
AGRA SOLEH S












6
AHMAD IRFAN KH












7
ATIQOH UMMU  S












8
KHOERUL MANKHOFA












9
LATIFATUM MARDIANA












10
MINDIA APRILIANI












11
NAUFAL AHNAF ZAKI












12
NUR DEWI PUTRI ANDINI












13
SFA KHANIFATUN N












14
TEFA ARLIZA












15
YOGI FERDIANSYAH












Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2,B (Baik) : 3,SB (SangatBaik) : 4

1. SBdP: Menari tarian Bungong Jeumpa
Catatan Anekdot untuk mencatat untuk melihat kemampuan siswa.

2. PPKn: Presentasi Keberagaman di Indonesia
Kriteria
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu
Pendampingan
(1)
Mencari
Informasi
Menemukan
semua hal yang
diharapkan
dengan mencari
dari berbagai
sumber.
Menemukan
sebagian besar
informasi yang
diharapkan
dengan mencari
dari berbagai
sumber.
Menemukan
sebagian
informasi yang
diharapkan
dengan mencari
dari berbagai
sumber.
Menemukan
sebagian kecil
informasi yang
diharapkan
dengan mencari
dari berbagai
sumber.
Mengolah
Informasi
Menuliskan
seluruh informasi
ke dalam tabel
dengan benar.
Menuliskan
sebagian besar
informasi ke
dalam tabel
dengan benar.
Menuliskan
sebagian
informasi ke
dalam tabel
dengan benar.
Menuliskan
sebagian kecil
informasi ke
dalam tabel
dengan benar.
Menyajikan
Informasi
Menyajikan
semua informasi
dengan
sistematis
sehingga mudah
dipahami.
Menyajikan
sebagian besar
informasi dengan
sistematis
sehingga cukup
mudah dipahami.
Menyajikan
sebagian
informasi dengan
sistematis
sehingga kurang
bisa dipahami.
Menyajikan
informasi dengan
tidak sistematis
sehingga sulit
dipahami.
Catatan: Penilaian (penskoran) sanggup dilihat misalnya pada Pembelajaran 1

3. Diskusi: Pada ketika diskusi keberagamaan.
Kriteria
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu
Pendampingan
(1)
Mendengarkan
Selalu
mendengarkan
teman yang
sedang berbicara.
Mendengarkan
teman yang
berbicara, namun
sesekali masih
perlu diingatkan.
Masih perlu
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang
sedang berbicara.
Sering
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang
sedang berbicara,
namun tidak
mengindahkan.
Komunikasi non
verbal (kontak
mata, bahasa
tubuh, postur,
ekspresi wajah,
suara).
Merespon dan
menerapkan
komunikasi non
verbal dengan
tepat.
Merespon dengan
tepat terhadap
komunikasi
non lisan yang
ditunjukkan
teman.
Sering merespon
kurang tepat
terhadap
komunikasi
non lisan yang
ditunjukkan
teman.
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami
bentuk
komunikasi
non lisan yang
ditunjukkan
teman.
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
Isi pembicaraan
menginspirasi
teman. Selalu
mendukung
dan memimpin
lainnya saat
diskusi.
Berbicara dan
menerangkan
secara rinci,
merespon sesuai
dengan topik.
Berbicara dan
menerangkan
secara rinci,
namun terkadang
merespon kurang
sesuai dengan
topik.
Jarang berbicara
selama
proses diksusi
berlangsung.
Catatan: Penilaian (penskoran) sanggup dilihat misalnya pada Pembelajaran 1

                                                                                                Ayah, 20 Juli 2018

Mengatahui,                                                                                    
KepalaSekolah                                                                    Guru Kelas IV





Sumber http://aqdaffa.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 1 Pembelajaran 2"

Posting Komentar