RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 |
Satuan Pendidikan : SDN 1 SRATI
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 1 : Keberagaman Budaya Bangsaku
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1 Hari ( Jumat, 20 Juli 2018 )
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai anutan agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
PPKn
1. Menerima dan menjalankan anutan agama yang dianutnya
1.4 Menerima banyak sekali bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.4 Menerima banyak sekali bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
3.4 Memahami banyak sekali bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4 Bekerja sama dalam banyak sekali bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
Indikator:
3.4.1 Mempresentasikan keberagaman suku bangsa, sosial dan budaya di Indonesia.
4.4.1 Menjelaskan makna persatuan dan kesatuan dalam keberagaman.
SBdP
3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah.
4.3 Meragakan dasar-dasar gerak tari daerah.
Indikator:
3.3.1 Mengidentifikasi dasar-dasar gerakan tari Bungong Jeumpa.
4.3.1 Siswa mempraktikkan gerak dasar tari Bungong Jeumpa dengan hitungan dari guru.
C. TUJUAN PEMEBALAJARAN
1. Setelah mengamati, siswa bisa mengidentifikasi dasar-dasar gerakan tari Bungong Jeumpa dengan posisi badan bangun dengan benar.
2. Setelah melihat contoh, siswa menciptakan mempraktikkan dasar-dasar gerakan tari Bungong Jeumpa (posisi badan berdiri) diiringi hitungan dari guru dengan benar.
3. Setelah mencari informasi, siswa bisa mempresentasi keberagaman Indonesia.
4. Setelah berdiskusi, siswa bisa menemukan menjelaskan makna pesatuan dan kesatuan dalam keberagaman.
v Karakter siswa yang dibutuhkan :
Ø PPKn dan SBdP : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | DeskripsiKegiatan | AlokasiWaktu |
Pendahuluan | ¡ Gurumemberikansalamdanmengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing.Religius ¡ Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadirandanmemeriksakerapihanpakaian, posisidantempat duduk disesuaikandengankegiatanpembelajaran. ¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya Kebersamaan”.Nasionalis ¡ Guru menyampaikan tahapan aktivitas yang meliputi aktivitas mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. | 10 menit |
Inti | § Pada awal pembelajaran, guru mengingatkan siswa kembali kisah wacana pawai budaya.Literasi § Guru memperlihatkan gambar wacana pawai budaya.Communication § Siswa mengamati gambar pawai budaya yang ada di buku siswa. (Mengamati) § Pada sesi kali ini, siswa akan mencar ilmu tari daerah. Tari yang dipelajari ialah Bungong Jeumpa atau tarian kawasan lainnya. Guru menyiapkan video tarian, musik. Jika memungkinkan guru bisa menari di depan siswa sebagai contoh. § Siswa diminta mengamati video atau tarian langsung. Siswa mendiskusikan dasar-dasar gerakan tarian. Siswa juga bisa mengamati dasar-dasar gerakan yang ada di buku siswa. (Mengkomunikasikan) § Guru mempraktikkan satu persatu dasar-dasar gerakan tarian. Guru menjelaskan posisi badan setiap dasar gerakan. (Mengekplorasi) § Siswa mempraktikkan bahu-membahu setiap dasar-dasar gerakan. Guru memberi kode dengan hitungan hingga 8. Guru mengamati siswa dan membetulkan jikalau ada gerakan yang kurang tepat.Mandiri § Dalam kelompoknya, siswa mempraktikkan dasar-dasar gerakan A-D dengan kode dari guru.Collaboration § Siswa mempraktikkan setiap dasar-dasar gerakan di depan kelompoknya. Siswa lain menilai dan memperlihatkan komentar.Critical Thinking and Problem Solving § Siswa membaca teks “Sigap Membantu Sesama”.Literasi § Secara individu siswa membaca teks yang ada di buku siswa denganmembaca dalam hati. § Bersama dengan kelompoknya siswa menjawab yang ada di buku siswa.Gotong Royong § Siswa menulis jawabannya di kertas plano atau kalender bekas.Creativity and Innovation § Siswa melekat jawabannya pada dinding kelas. § Satu siswa dalam kelompok akan bangun di depan pekerjaannya untuk berpresentasi kepada siswa lain yang mengunjungi. Sementara, siswa yang lain akan berkunjung ke pekerjaan kelompok lain dengan kode tepuk tangan. Guru memastikan bahwa semua siswa hening dan berdiskusi berjalan dengan baik. Siswa yang mengunjungi hasil pekerjaan siswa lainbisa memperlihatkan pertanyaan ataupun saran.Integritas § Ketika diskusi sudah selesai, setiap siswa akan duduk di tempat masing-masinguntuk mendiskusikan kembali hasil pekerjaannya. § Guru dan siswa mendiskusikan tanggapan dari setiap pertanyaan satupersatu.Collaboration § Guru menyimpulkan bahwa setiap orang itu berbeda. Baik dari suku bangsa, sosial dan budaya. Pengikat dari keberagaman ialah persatuan dan kesatuan. Dengan sikap persatuan dan kesatuan setiaporang bisa berafiliasi dengan baik dengan orang-orang yang berbeda.Integritas § Guru memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan memperlihatkan pendapat. Guru memotivasi siswa untuk menguatkan nilainilaipersatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari. § Guru menanyakan contoh-contoh sikap persatuan dan kesatuan dalamkehidupan sehari-hari. § Siswa menjawab secara bergantian. | 150 menit |
Penutup | ¡ Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil mencar ilmu selama sehariIntegritas ¡ Bertanya jawab wacana bahan yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡ Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya wacana pembelajaran yang telah diikuti. ¡ Melakukanpenilaianhasilbelajar ¡ Mengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing (untukmengakhirikegiatanpembelajaran)Religius | 15 menit |
E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Buku Siswa Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Video tari Bungong Jeumpa
Ayah, 21 Juli 2018
LAMPIRAN 1
F. MATERI
§ Menari tarian kawasan (Bungong Jeumpa)
§ Mengidentifikasi keberagaman yang ada di sekitar
G. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
MATERI
SBDP
PKN
Pak Sammy, Pak Encep, Pak Made, Pak Udin, dan Pak Nur tinggal di Kampung Babakan. Mereka berasal dari suku yang berbeda-beda. Mereka juga memiliki kesukaan masakan yang berbeda-beda. Makanan kesukaan mereka ialah masakan khas daerahnya. Mereka juga sangat hebat dalam memainkan alat musik kawasan masing-masing.
Mereka memakai bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari meskipun masih sangat terpengaruh dengan logat bahasa kawasan mereka.
Siap Menghadapi Musim Hujan
Musim hujan hampir tiba. Warga desa Kambung Babakan berdiskusiuntuk melaksanakan kerja bakti. Meraka berencana membersihkan selokan.Mereka setuju ketika selokan bersih, warga tidak akan kebanjiran.Pagi itu, semua warga terlihat sangat bersemangat membersihkanselokan. Pak Sammy dan Pak Udin sibuk mengambil sampah yang adadi dalam selokan. Pak Made dan Pak Udin memastikan terusan selokanlancar. Pak Nur mengambil sampah-sampah dan meletakkannya digerobak sampah.
Setelah kerja bakti
selesai, warga berkumpul
untuk menikmati teh
hangat dan pisang
goreng. Makanan
tersebut dimasak olehibu-ibu.
Mereka senangkarena selokan
desasudah bersih. Kini,mereka
siap jikalau musimhujan tiba.
H. PENILAIAN
Penilaian Sikap
No | Nama | Perubanantingkahlaku | |||||||||||
Santun | Peduli | TanggungJawab | |||||||||||
K | C | B | SB | K | C | B | SB | K | C | B | SB | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | JUNIASTI EKA P | ||||||||||||
2 | M. SANI JAUFA LAILAN | ||||||||||||
3 | MUHAMMAD ABDUL F | ||||||||||||
4 | YAHYA TSANI | ||||||||||||
5 | AGRA SOLEH S | ||||||||||||
6 | AHMAD IRFAN KH | ||||||||||||
7 | ATIQOH UMMU S | ||||||||||||
8 | KHOERUL MANKHOFA | ||||||||||||
9 | LATIFATUM MARDIANA | ||||||||||||
10 | MINDIA APRILIANI | ||||||||||||
11 | NAUFAL AHNAF ZAKI | ||||||||||||
12 | NUR DEWI PUTRI ANDINI | ||||||||||||
13 | SFA KHANIFATUN N | ||||||||||||
14 | TEFA ARLIZA | ||||||||||||
15 | YOGI FERDIANSYAH |
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2,B (Baik) : 3,SB (SangatBaik) : 4
1. SBdP: Menari tarian Bungong Jeumpa
Catatan Anekdot untuk mencatat untuk melihat kemampuan siswa.
2. PPKn: Presentasi Keberagaman di Indonesia
Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Mencari Informasi | Menemukan semua hal yang diharapkan dengan mencari dari berbagai sumber. | Menemukan sebagian besar informasi yang diharapkan dengan mencari dari berbagai sumber. | Menemukan sebagian informasi yang diharapkan dengan mencari dari berbagai sumber. | Menemukan sebagian kecil informasi yang diharapkan dengan mencari dari berbagai sumber. |
Mengolah Informasi | Menuliskan seluruh informasi ke dalam tabel dengan benar. | Menuliskan sebagian besar informasi ke dalam tabel dengan benar. | Menuliskan sebagian informasi ke dalam tabel dengan benar. | Menuliskan sebagian kecil informasi ke dalam tabel dengan benar. |
Menyajikan Informasi | Menyajikan semua informasi dengan sistematis sehingga mudah dipahami. | Menyajikan sebagian besar informasi dengan sistematis sehingga cukup mudah dipahami. | Menyajikan sebagian informasi dengan sistematis sehingga kurang bisa dipahami. | Menyajikan informasi dengan tidak sistematis sehingga sulit dipahami. |
Catatan: Penilaian (penskoran) sanggup dilihat misalnya pada Pembelajaran 1
3. Diskusi: Pada ketika diskusi keberagamaan.
Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan | Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara. | Mendengarkan teman yang berbicara, namun sesekali masih perlu diingatkan. | Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. | Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara, namun tidak mengindahkan. |
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara). | Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. | Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non lisan yang ditunjukkan teman. | Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non lisan yang ditunjukkan teman. | Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non lisan yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran) | Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. | Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. | Berbicara dan menerangkan secara rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. | Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. |
Catatan: Penilaian (penskoran) sanggup dilihat misalnya pada Pembelajaran 1
Ayah, 20 Juli 2018
Mengatahui,
KepalaSekolah Guru Kelas IV
Sumber http://aqdaffa.blogspot.com
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 1 Pembelajaran 2"
Posting Komentar