RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 (Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016) |
Satuan Pendidikan : SDN 5 Rajamandala
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 3 : BersyukuratasKeberagaman
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai aliran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
PPKn
1. Menerima dan menjalankan aliran agama yang dianutnya.
1.4 Menerima banyak sekali bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.4 Menerima banyak sekali bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
3.4 Memahami banyak sekali bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4 Bekerja sama dalam banyak sekali bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
Indikator:
3.4.5 Menjelaskan bahwa keberagaman akan memperkaya ketika bekerjasama.
4.4.5 Menceritakan pengalaman diri berhubungan dalam keberagaman
SBdP
3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah.
4.3 Meragakan dasar-dasar gerak tari daerah.
Indikator:
4.3.3 Mempraktikkan tarian Bungong Jeumpa dengan deretan dan iringan musik
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah bereksplorasi, siswa bisa memilih besar sudut dalam pada segi banyak dengan benar.
2. Setelah berdiskusi, siswa bisa mengambarkan kekerabatan banyak sisi dan besar sudut pada segi banyak beraturan dengan benar.
3. Setelah berdiskusi, siswa bisa menjelaskan bahwa keberagaman akan memperkaya ketika berhubungan dengan terperinci.
4. Setelah berdiskusi, siswa bisa menceritakan pengalaman diri berhubungan dalam keberagaman dengan terperinci.
5. Setelah berlatih, siswa bisa mempraktikkan tarian Tari Bungong Jeumpa dengan deretan dan iringan musik dengan benar.
v Karakter siswa yang diperlukan :
Ø PPKn dan SBdP : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | DeskripsiKegiatan | AlokasiWaktu |
Pendahuluan | ¡ Gurumemberikansalamdanmengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing.Religius ¡ Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadirandanmemeriksakerapihanpakaian, posisidantempatdudukdisesuaikandengankegiatanpembelajaran. ¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan ialah tentang ”Indahnya Kebersamaan”.Integritas ¡ Guru menyampaikan tahapan acara yang meliputi acara mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. | 10 menit |
Inti | § Siswa membaca teks dongeng yang ada di buku siswa secara individu. Siswa membaca dengan membaca senyap.Literasi § Siswa dibagi ke dalam kelompok. Guru bisamengubah pengelompokkan dari kelompok yang ada di sesi 1. Gotong Royong § Siswa mendiskusikan pertanyaan berikut. Siswa menulis jawabannya pada kalender bekas. Siswa menulis dalam ukuran yang cukup besar semoga gampang terbaca. (Menanya) § Guru menanyakan kepada siswa, pengalaman mereka berhubungan dalamperbedaan. Siswa bisa memberikan pengalamannya kepada temansebelahnya. Guru juga bisa mengembangkan dongeng pengalamannya bekerjsamadalam keberagaman.Literasi § Siswa diminta menuliskan pengalamannya sebenarnya dalam perbedaan. Hal-hal yang ditulis: 1. Jenis kerjasama. 2. Perbedaan yang ada. 3. Manfaat dari kerjasama dalam perbedaan. 4. Nilai-nilai baik yang bisa kau ambil. § Siswa kembali berlatih tarian Tari Bungong Jeumpa dengan kelompoknya.Mandiri § Siswa berlatih dengan gerakan dasar dan deretan yang benar.Critical Thinking and Problem Solving § Siswa berlatih dengan iringan musik tanpa isyarat hitungan. § Guru memotivasi siswa bahwa menari memakai penghayatan. § Guru memberikan rubrik yang akan dipakai pada penilaianpembelajaran ke 6. | 150 menit |
Penutup | ¡ Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil berguru selama sehariIntegritas ¡ Bertanya jawab wacana bahan yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡ Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya wacana pembelajaran yang telah diikuti. ¡ Melakukanpenilaianhasilbelajar ¡ Mengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing (untukmengakhirikegiatanpembelajaranReligius | 15 menit |
E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Buku Siswa Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Musik tarian Tari Bungong Jeumpa, bangkit datar yang sudah dipotongpotong.
Mengetahui Kepala SDN 5 Rajamandala (Wawan Setiawan, S.Pd.) NIP. ....................................... | …………, 17 Juli 2017 Guru Kelas IV (Nadya Nursalma, S.Pd.) NIP. ....................................... |
Lampiran 1
F. MATERI PEMBELAJARAN
§ Menari tarian tempat (Bongong Jeumpa).
§ Mendiskusikan pentingnya kerjasama dalam keberagaman.
G. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
Lampiran 2
H. PENILAIAN
Penilaian Sikap
No | Nama | Perubanantingkahlaku | |||||||||||
Santun | Peduli | TanggungJawab | |||||||||||
K | C | B | SB | K | C | B | SB | K | C | B | SB | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | ................... | ||||||||||||
2 | ................... | ||||||||||||
3 | …………….. | ||||||||||||
4 | …………….. | ||||||||||||
5 | …………….. | ||||||||||||
Dst | …………….. |
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2,B (Baik) : 3,SB (SangatBaik) : 4
1. PPKn: Cerita pengalaman bekerjasama
Kriteria | Ya | tidak |
Menceritakan satu pengalamam kerjasama dengan terperinci | ||
Menjelaskan perbedaan yang ada pada dikala kerjasama | ||
Menuliskan manfaat kerjasama tersebut bagi dirinya | ||
Menuliskan manfaat kerjasama tersebut bagi dirinya | ||
Menjelasakan hal-hal baik yang bisa diambil |
2. SBdP: Menari
Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Gerakan | Seluruh gerakan yang ditunjukkan saat menari sesuai dengan ketentuan tarian. | Sebagian besar gerakan yang ditunjukkan saat menari sesuai dengan ketentuan tarian. | Sebagian gerakan yang ditunjukkan saat menari sesuai dengan ketentuan tarian. | Hanya sebagian kecil gerakan yang ditunjukkan saat menari sesuai dengan ketentuan tarian. |
Teknik Menari | Menarikan sebuah tarian dengan menunjukkan. • sikap tubuh yang sesuai dengan tarian yang dibawakan • gerakan yang dibawakan sesuai dengan irama • gerakan yang dibawakan sesuai dengan tempo sehingga tarian yang ditunjukkan terlihat harmonis | Hanya menunjukkan 2 hal dari 3 kriteria yang diharapkan. Tarian yang dihasilkan cukup harmonis. | Hanya menunjukkan 1 hal dari 3 kriteria yang diharapkan. Tarian yang dihasilkan kurang harmonis. | Tidak memenuhi kriteria yang diharapkan. |
Ekspresi | Memberikan penjiwaan saat menari yang memperhatikan jenis tarian sehingga pesan dari tarian bisa dimengerti oleh penonton. | Ada beberapa penjiwaan yang kurang sesuai dengan jenis tarian. Pesan dari tarian tetap bisa dimengerti oleh penonton. | Kurang bisa memberikan penjiwaan saat menari sehingga pesan dari tarian kurang dimengerti oleh penonton. | Tidak bisa memberikan penjiwaan saat menari sehingga pesan dari tarian tidak dimengerti oleh penonton. |
Catatan: Penilaian (penskoran) sanggup dilihat misalnya pada Pembelajaran 1.
3. Diskusi: Diskusi kekerabatan sisi dan sudut pada segi banyak
Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan | Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara. | Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan. | Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. | Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan. |
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara). | Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. | Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non ekspresi yang ditunjukkan teman. | Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. | Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran) | Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. | Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. | Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. | Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. |
Catatan: Penilaian (penskoran) sanggup dilihat misalnya pada Pembelajaran 1.
Sumber http://aqdaffa.blogspot.com
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 3 Pembelajaran 2"
Posting Komentar