| RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 |
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 2 : Kebersamaan dalam Keberagaman
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : Kamis, 26 Juli 2018 /150 menit
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai pedoman agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1 Menunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
Indikator:
3.1.2 Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis.
3.1.2 Menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran.
IPA
3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.
4.6 Menyajikan laporan hasil pengamatan percobaan perihal sifat-sifat bunyi.
Indikator:
3.6.4 Mengidentifikasi sumber bunyi.
4.6.3 Menyajikan laporan percobaan perihal sumber bunyi.
IPS
3.2 Memahami keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
4.2 Menceritakan keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
Indikator:
3.2.1 Mengidentifikasi keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia
4.2.1 Mengomunikasikan secara ekspresi dan goresan pena keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah membaca, siswa bisa mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dengan mandiri.
2. Setelah membaca, siswa bisa menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.
3. Setelah percobaan, siswa bisa menjelaskan proses terjadinya bunyi dari sumber bunyi hingga ke indera pendengaran dengan runtut.
4. Setelah percobaan, siswa bisa menyajikan laporan perihal proses terjadinya bunyi dari sumber bunyi hingga ke indera pendengaran dengan sistematis.
5. Setelah diskusi dan membaca, siswa bisa menjelaskan pengalaman sikap toleransi dan kolaborasi antar sobat berbeda agama sebagai identitas bangsa Indonesia dengan sistematis.
6. Setelah diskusi dan membaca, siswa bisa mengomunikasikan pengalaman sikap toleransi dan kolaborasi antar sobat berbeda agama sebagai identitas bangsa Indonesia dengan sistematis.
v Karakter siswa yang diharapkan: | |
Ø Bahasa Indonesia dan IPA : | Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong- Royong, Integritas |
Ø IPS : | Religius ToleransiRasa Ingin TahuSemangat KebangsaanCinta Tanah AirBersahabat/Komunikatif Cinta Damai |
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | DeskripsiKegiatan | AlokasiWaktu |
Pendahuluan | ¡ Gurumemberikansalamdanmengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing.Religius ¡ Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadirandanmemeriksakerapihanpakaian, posisidantempat duduk disesuaikandengankegiatanpembelajaran. ¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya Kebersamaan”.Integritas ¡ Guru menyampaikan tahapan acara yang meliputi acara mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. | 10 menit |
Inti | § Siswa diingatkan kembali perihal keragaman budaya dan suku yang menjadi identitas bangsa Indonesia. (Mengamati) § Guru mengajukan pertanyaan pembuka. (Menanya) - Siapa di antara kalian yang beragama Islam? Kristen Protestan? Katolik?Hindu? Budha? Kong Hu Chu? - Bagaimana sikap kalian kepada teman-teman yang berbeda agama? § Siswa diminta untuk saling menginformasikan pengalaman mereka dikala berinteraksi dengan sobat yang mempunyai agama yang berbeda dalam kelompok. (Mengkomunikasikan) § Siswa diminta untuk membaca senyap teks yang tersedia dan menemukan gagasan utama dan gagasan pendukung dari paragraf kesatu, kedua, danketiga, kemudian menuliskannya pada diagram yang tersedia.Literasi § Siswa diingatkan kembali pada pembelajaran sebelumnya perihal sifat rambat bunyi. § Guru mengajukan pertanyaan sebagai acara pembuka. (Menanya) - Bagaimana kita sanggup mengetahui asal sumber bunyi? § Siswa secara berpasangan akan melaksanakan percobaan sederhana untukmembuktikan perihal asal sumber bunyi hingga hingga ke telingapendengar.Collaboration § Siswa melaksanakan percobaan sederhana untuk menunjukan perihal sumber bunyi berdasarkan kode yang terdapat di buku. (Mengekplorasi) § Siswa kemudian menuliskan laporan perihal sumber bunyi berdasarkanhasil percobaan.Critical Thinking and Problem Solving § Siswa diingatkan kembali perihal keragaman agama yang menjadi identitas bangsa Indonesia. Perbedaan agama tersebut menuntut para pemeluknya untuk melaksanakan sikap toleransi, saling menghargai, dan tetap bekerja sama guna menjaga persatuan dan kesatuan NKRI. Integritas § Siswa membaca senyap teks perihal sikap toleransi dan kolaborasi antarpemeluk agama yang berbeda.Literasi § Siswa secara berpasangan atau dalam kelompok kecil mendiskusikan sikap yang bisa ditauladani dari isi kisah Gotong Royong § Memberikan penguatan perihal pentingnya mempraktikkan sikaptoleransi dan kolaborasi antar sobat yang berbeda agama.Integritas § Siswa kemudian menjawab pertanyaan perihal sikap toleransi dan kolaborasi mereka selama ini, di dalam buku yang tersedia. (Menanya) | 150 menit |
Penutup | ¡ Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil mencar ilmu selama sehariIntegritas ¡ Bertanya jawab perihal bahan yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡ Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya perihal pembelajaran yang telah diikuti. ¡ Melakukanpenilaianhasilbelajar ¡ Mengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing (untukmengakhirikegiatanpembelajaran)Religius | 15 menit |
E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Buku Siswa Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Beragam alat musik tradisional kawasan setempat untuk percobaan sumberbunyi.
Ayah, 20Juli 2018
Mengatahui,
KepalaSekolah Guru Kelas IV
____________________________________________________________________
Lampiran 1
F. MATERI PEMBELAJARAN
§ Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks tulis
§ Melakukan percobaan
§ Mendiskusikan pentingnya kerjasama dan saling menghargai dalam keberagaman
g. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
ips
Indonesia terdiri atas banyak sekali macam suku bangsa dengan agama yang berbeda, namun tetap dalam satu wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Perbedaan agama bukan menjadi penghalang untuk tetap menjunjung persatuan dan kesatuan. Sikap saling menghargai dan berafiliasi antar pemeluk agama
yang berbeda menjadi modal dasar untuk menjaga keutuhan NKRI.
ipa
Beragam bunyi berasal dari benda yang bergetar. Getaran dari suatu benda akan menjadikan udara di sekitarnya bergetar. Getaran tersebut mengakibatkan gelombang bunyi di udara. Benda-benda yang bergetar dan menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi.
Bunyi kemudian merambat melalui udara dan ditangkap oleh indera pendengaran kita. Getaran bunyi mengenai gendang indera pendengaran yang berupa selembar kulit tipis. Getaran dari gendang indera pendengaran menjadi lebih besar di indera pendengaran kepingan tengah dan diubah menjadi pesan/ sinyal listrik di indera pendengaran kepingan dalam. Sinyal tersebut kemudian diteruskan oleh saraf pendengaran menuju otak yang kemudian menterjemahkan jenis dari bunyi tersebut.
Kita harus bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa dengan dianugerahkannya indera telinga. Merawat indera pendengaran dan menggunakannya secara benar yaitu bentuk dari rasa syukur tersebut.
Guru memotivasi siswa untuk menuliskan pengalamannya dengan rinci. Siswa juga diminta untuk menuliskan penyebab sakit/gangguan tersebut dan cara pengobatan dan pencegahannya. Siswa juga menuliskan perasaannya dikala menderita penyakit/
gangguan pada telinga, serta menuliskan solusi untuk lebih baik lagi dalam menjaga kesehatan telinga.
Indera Pendengar (Telinga)
Kita wajib bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dikarenakan telah menciptakanbentuk badan yang paling sempurna. Salah satunya yaitu kita diberi inderapendengar (telinga). Dengan memakai indra ini, kita bisa mendengarberbagai suara, ibarat kicauan burung, bunyi air mengalir, dan musik. Apasaja kepingan dan fungsi indera pendengar?
Hal apa yang perlu kita lakukan untuk merawatnya? Mari kita pelajari lebihjauh.
Bagaimana indera pendengaran mencicipi getaran?
Semua bunyi membuat udara bergetar. Getaran bunyi mengenai gendangtelinga yang berupa selembar kulit tipis. Saat itulah gendang telingamujuga mulai bergetar. Getaran dari gendang telingamu menjadi lebih besardi indera pendengaran tengahmu dan diubah menjadi pesan-pesan listrik di telingadalammu.
Lampiran 2
H. PENILAIAN
Penilaian Sikap
No | Nama | Perubanantingkahlaku | |||||||||||
Santun | Peduli | TanggungJawab | |||||||||||
K | C | B | SB | K | C | B | SB | K | C | B | SB | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | JUNIASTI EKA P | | | | | | | | | | | | |
2 | M. SANI JAUFA LAILAN | | | | | | | | | | | | |
3 | MUHAMMAD ABDUL F | | | | | | | | | | | | |
4 | YAHYA TSANI | | | | | | | | | | | | |
5 | AGRA SOLEH S | | | | | | | | | | | | |
6 | AHMAD IRFAN KH | | | | | | | | | | | | |
7 | ATIQOH UMMU S | | | | | | | | | | | | |
8 | KHOERUL MANKHOFA | | | | | | | | | | | | |
9 | LATIFATUM MARDIANA | | | | | | | | | | | | |
10 | MINDIA APRILIANI | | | | | | | | | | | | |
11 | NAUFAL AHNAF ZAKI | | | | | | | | | | | | |
12 | NUR DEWI PUTRI ANDINI | | | | | | | | | | | | |
13 | SFA KHANIFATUN N | | | | | | | | | | | | |
14 | TEFA ARLIZA | | | | | | | | | | | | |
15 | YOGI FERDIANSYAH | | | | | | | | | | | | |
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2,B (Baik) : 3,SB (SangatBaik) : 4
1. Diskusi
Saat siswa melaksanakan diskusi perihal peta pikiran mengapa penting menjaga kelestarian dan sumber daya alam.
Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan | Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara. | Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan. | Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. ü | Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan. |
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara). | Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. | Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. ü | Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. | Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran) | Isi pembicaraan menginspira si teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. | Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. | Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. | Jarang berbicara selama proses diskusi berlangsung. ü |
Penilaian (skoring): total nilai siswa x 10
total nilai maksimal
Contoh : 2+3+1 = 6 x 10 = 5
12 12
2. Bahasa Indonesia
Tugas siswa menemukan gagasan pokok dan gagasan utama dari setiap paragraf dinilai memakai rubrik.
Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Gagasan pokok | Menemukan gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar. | Menemukan sebagian besar gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar. | Menemukan sebagian kecil gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar. ü | Belum dapat menemukan gagsan pokok. |
Gagasan Pendukung | Menemukan gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar. | Menemukan sebagian besar gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar. ü | Menemukan sebagian kecil gagasan pendukung pada semua paragraph dengan benar. | Belum dapat menemukan gagsan pendukung. ü |
Penyajian gagasan pokok dan gagasan pendukukung dalam peta pikiran | Menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat. | Menyajikan sebagian besar gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat. | Menyajikan sebagian kecil gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat. | Belum dapat menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran. ü |
Sikap: Mandiri | Tugas diselesaikan dengan mandiri. | Sebagian besar tugas diselesaikan dengan mandiri. ü | Tugas diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru. | Belum dapat menyeselesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan. |
Penilaian (skoring): total nilai siswa x 10
total nilai maksimal
Contoh : 2+3+1+3 = 9 x 10 = 7
16 16
3. IPS
Tugas siswa menemukan dan menuliskan informasi perihal sikap toleransi dan kolaborasi antar umat beragama, serta mengomunikasikannya dinilai memakai rubrik.
Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Informasi tentang sikap toleransi dan kerja sama antar umat agama | Menuliskan informasi tentang pengalaman melakukan sikap toleransi dan kerjasama antar teman berbeda agama dengan sistematis. | Menuliskan informasi tentang pengalaman melakukan sikap toleransi dan kerjasama antar teman berbeda agama dengan cukup sistematis. | Menuliskan informasi tentang pengalaman melakukan sikap toleransi dan kerjasama antar teman berbeda agama dengan kurang sistematis. ü | Belum dapat menuliskan informasi tentang pengalaman melakukan sikap toleransi dan kerjasama antar teman berbeda agama. |
Komunikasi lisan tentang sikap toleransi dan kerja sama antar umat agama | Mengomunikasikan pengalaman melakukan sikap toleransi dan kerjasama antar teman berbeda agama dengan sistematis. | Mengomunikasikan pengalaman melakukan sikap toleransi dan kerjasama antar teman berbeda agama dengan cukup sistematis. ü | Mengomunikasikan pengalaman melakukan sikap toleransi dan kerjasama antar teman berbeda agama dengan kurang sistematis. | Belum dapat mengomunikasi kan pengalaman melakukan sikap toleransi dan kerjasama antar teman berbeda agama. |
Sikap Kerjasama | Menunjukkan sikap kerjasama dengan semua teman secara konsisten. | Menunjukkan sikap kerjasama dengan semua teman, namun belum konsisten. | Menunjukkan sikap kerjasama hanya dengan beberapa teman. | Perlu dimotivasi untuk dapat bekerjasama. ü |
Sikap menghargai makanan tradisional | Mau mencoba makanan tradisional dan menunjukkan sikap bangga dengan keragaman budaya Indonesia. | Mau mencoba makanan tradisional dan tampak cukup bangga dengan keragaman budaya Indonesia. ü | Dimotivasi untuk mau mencoba makanan tradisional Indonesia. | Belum mau mencoba makanan tradisional Indonesia. |
Penilaian (skoring): total nilai siswa x 10
total nilai maksimal
Contoh : 2+3+1+3 = 9 x 10 = 7
16 16
4. IPA
a. Tugas siswa menjelaskan dan menyajikan laporan hasil percobaan perihal proses terjadinya bunyi dinilai memakai rubrik.
Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Proses terjadinya bunyi Sumber bunyi | Menjelaskan semua proses terjadinya bunyi dengan runtut dan benar. Mengidentifikasi semua sumber bunyi dengan tepat. | Menjelaskan semua proses terjadinya bunyi dengan benar, meski kurang runtut Mengidentifikasi sebagian besar sumber bunyi dengan tepat. | Menjelaskan sebagian proses terjadinya bunyi dengan runtut dan benar. Mengidentifikasi sebagian kecil sumber bunyi dengan tepat. ü | Belum mampu menjelaskan proses terjadinya bunyi Belum mampu mengidentifikasi sumber bunyi dengan tepat. |
Laporan percobaan tentang proses terjadinya bunyi dan sumber bunyi | Menyajikan laporan percobaan tentang proses terjadinya bunyi dan sumber bunyi dengan sistematis. | Menyajikan laporan percobaan tentang proses terjadinya bunyi dan sumber bunyi dengan cukup sistematis. ü | Menyajikan laporan percobaan tentang proses terjadinya bunyi dan sumber bunyi dengan kurang sistematis. | Belum mampu menyajikan laporan percobaan tentang proses terjadinya bunyi dan sumber bunyi. |
Sikap Rasa Ingin Tahu | Tampak antusias dan mengajukan banyak pandangan gres dan pertanyaan selama kegiatan. | Tampak cukup antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan. | Tampak kurang antusias dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan. | Tidak tampak antusias dan perlu dimotivasi untuk mengajukan ide dan pertanyaan. ü |
Penilaian (skoring): total nilai siswa x 10
total nilai maksimal
Contoh : 2+3+1 = 6 x 10 = 5
12 12
b. Percobaan IPA dinilai memakai rubrik.
Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Penerapan Konsep | Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti pendukung dan menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang sedang dipelajari dengan benar. | Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti pendukung namun perlu bantuan saat menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang yang sedang dipelajari. | Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti yang terbatas dan penyampaian pemahaman inti dari konsep tidak jelas. ü | Perlu bimbingan saat menyampaikan bukti dan pemahaman inti dari konsep yang dipelajari. |
Komunikasi | Hasil percobaan disampaikan dengan jelas, obyektif dengan didukung data penunjang. | Hasil percobaan disampaikan dengan jelas dan didukung sebagian data penunjang. ü | Hasil percobaan disampaikan dengan jelas, namun hanya didukung sebagian kecil data penunjang. | Hasil percobaan disampaikan dengan kurang jelas dan tanpa data penunjang. |
Prosedur dan Strategi | Seluruh data dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara sistematis dan strategi yang digunakan membuat percobaan berhasil. | Seluruh data dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara sistematis, namun masih membutuhkan bimbingan dalam menemukan strategi agar percobaan berhasil. | Sebagian besar data dicatat, langkah kegiatan dan strategi dilakukan secara sistematis setelah mendapat bantuan guru. | Sebagian kecil data dicatat, langkah kegiatan tidak sistematis dan strategi yang dipilih tidak tepat. ü |
Penilaian (skoring): total nilai siswa x 10
total nilai maksimal
Contoh : 2+3+1 = 6 x 10 = 5
12 12
Pengayaan
§ Apabila mempunyai waktu, siswa sanggup melaksanakan wawancara sederhana dengan sobat lintas kelas atau dengan guru-guru di sekolah, perihal pengalaman toleransi dan kolaborasi antar pemeluk agama yang berbeda.
Remedial
§ Siswa yang belum memahami proses terjadinya bunyi akan mengulang percobaan dengan pendampingan. Siswa sanggup dibantu oleh siswa lain yang telah menguasai konsep tersebut.
Sumber http://aqdaffa.blogspot.com
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 2 Pembelajaran 1"
Posting Komentar