Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 2 Pembelajaran 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
TEMATIK TERPADU
KURIKULUM 2013



Satuan Pendidikan       :  SDN 1 SRATI
Kelas / Semester            :  IV (Empat) / 1
Tema 1                             :  Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 2                    :  Kebersamaan dalam Keberagaman
Pembelajaran                 :  1
Alokasi Waktu                :  Kamis, 26 Juli 2018 /150 menit


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai pedoman agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia


B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1 Menunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.

Indikator:
3.1.2 Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis.
3.1.2 Menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran.

IPA
3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.
4.6 Menyajikan laporan hasil pengamatan percobaan perihal sifat-sifat bunyi.

Indikator:
3.6.4 Mengidentifikasi sumber bunyi.
4.6.3 Menyajikan laporan percobaan perihal sumber bunyi.
IPS
3.2 Memahami keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
4.2 Menceritakan keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.

Indikator:
3.2.1 Mengidentifikasi keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia
4.2.1 Mengomunikasikan secara ekspresi dan goresan pena keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Setelah membaca, siswa bisa mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dengan mandiri.
2.    Setelah membaca, siswa bisa menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.
3.    Setelah percobaan, siswa bisa menjelaskan proses terjadinya bunyi dari sumber bunyi hingga ke indera pendengaran dengan runtut.
4.    Setelah percobaan, siswa bisa menyajikan laporan perihal proses terjadinya bunyi dari sumber bunyi hingga ke indera pendengaran dengan sistematis.
5.    Setelah diskusi dan membaca, siswa bisa menjelaskan pengalaman sikap toleransi dan kolaborasi antar sobat berbeda agama sebagai identitas bangsa Indonesia dengan sistematis.
6.    Setelah diskusi dan membaca, siswa bisa mengomunikasikan pengalaman sikap toleransi dan kolaborasi antar sobat berbeda agama sebagai identitas bangsa Indonesia dengan sistematis.

v    Karakter siswa yang diharapkan:

Ø  Bahasa Indonesia dan IPA    :         
Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong- Royong,  Integritas
Ø  IPS                                          :
Religius ToleransiRasa Ingin TahuSemangat KebangsaanCinta Tanah AirBersahabat/Komunikatif
Cinta Damai

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
DeskripsiKegiatan
AlokasiWaktu
Pendahuluan
¡   Gurumemberikansalamdanmengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing.Religius
¡   Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadirandanmemeriksakerapihanpakaian, posisidantempat duduk disesuaikandengankegiatanpembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangIndahnya Kebersamaan”.Integritas
¡   Guru menyampaikan tahapan acara yang meliputi acara mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
10 menit
Inti
§  Siswa diingatkan kembali perihal keragaman budaya dan suku yang menjadi identitas bangsa Indonesia. (Mengamati)
§  Guru mengajukan pertanyaan pembuka. (Menanya)
-       Siapa di antara kalian yang beragama Islam? Kristen Protestan? Katolik?Hindu? Budha? Kong Hu Chu?
-       Bagaimana sikap kalian kepada teman-teman yang berbeda agama?
§  Siswa diminta untuk saling menginformasikan pengalaman mereka dikala berinteraksi dengan sobat yang mempunyai agama yang berbeda dalam kelompok. (Mengkomunikasikan)
§  Siswa diminta untuk membaca senyap teks yang tersedia dan menemukan gagasan utama dan gagasan pendukung dari paragraf kesatu, kedua, danketiga, kemudian menuliskannya pada diagram yang tersedia.Literasi
§  Siswa diingatkan kembali pada pembelajaran sebelumnya perihal sifat rambat bunyi.
§  Guru mengajukan pertanyaan sebagai acara pembuka. (Menanya)
-       Bagaimana kita sanggup mengetahui asal sumber bunyi?
§  Siswa secara berpasangan akan melaksanakan percobaan sederhana untukmembuktikan perihal asal sumber bunyi hingga hingga ke telingapendengar.Collaboration
§  Siswa melaksanakan percobaan sederhana untuk menunjukan perihal sumber bunyi berdasarkan kode yang terdapat di buku. (Mengekplorasi)
§  Siswa kemudian menuliskan laporan perihal sumber bunyi berdasarkanhasil percobaan.Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa diingatkan kembali perihal keragaman agama yang menjadi identitas bangsa Indonesia. Perbedaan agama tersebut menuntut para pemeluknya untuk melaksanakan sikap toleransi, saling menghargai, dan tetap bekerja sama guna menjaga persatuan dan kesatuan NKRI. Integritas
§  Siswa membaca senyap teks perihal sikap toleransi dan kolaborasi antarpemeluk agama yang berbeda.Literasi
§  Siswa secara berpasangan atau dalam kelompok kecil mendiskusikan sikap yang bisa ditauladani dari isi kisah Gotong Royong
§  Memberikan penguatan perihal pentingnya mempraktikkan sikaptoleransi dan kolaborasi antar sobat yang berbeda agama.Integritas
§  Siswa kemudian menjawab pertanyaan perihal sikap toleransi dan kolaborasi mereka selama ini, di dalam buku yang tersedia. (Menanya)
150 menit
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil mencar ilmu selama sehariIntegritas
¡   Bertanya jawab perihal bahan yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya perihal pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukanpenilaianhasilbelajar
¡   Mengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing (untukmengakhirikegiatanpembelajaran)Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡  Buku Siswa Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡  Beragam alat musik tradisional kawasan setempat untuk percobaan sumberbunyi.

                                                                                    Ayah, 20Juli 2018
Mengatahui,                                                                                    
KepalaSekolah                                                                    Guru Kelas IV


____________________________________________________________________








Lampiran 1
F.      MATERI PEMBELAJARAN
§  Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks tulis
§  Melakukan percobaan
§  Mendiskusikan pentingnya kerjasama dan saling menghargai dalam keberagaman

g.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

ips
Indonesia terdiri atas banyak sekali macam suku bangsa dengan agama yang berbeda, namun tetap dalam satu wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Perbedaan agama bukan menjadi penghalang untuk tetap menjunjung persatuan dan kesatuan. Sikap saling menghargai dan berafiliasi antar pemeluk agama
yang berbeda menjadi modal dasar untuk menjaga keutuhan NKRI.

ipa
Beragam bunyi berasal dari benda yang bergetar. Getaran dari suatu benda akan menjadikan udara di sekitarnya bergetar.  Getaran tersebut mengakibatkan gelombang bunyi di udara. Benda-benda yang bergetar dan menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi.
Bunyi kemudian merambat melalui udara dan ditangkap oleh indera pendengaran kita. Getaran bunyi mengenai gendang indera pendengaran yang berupa selembar kulit tipis. Getaran dari gendang indera pendengaran menjadi lebih besar di indera pendengaran kepingan tengah dan diubah menjadi pesan/ sinyal listrik di indera pendengaran kepingan dalam. Sinyal tersebut kemudian diteruskan oleh saraf pendengaran menuju otak yang kemudian menterjemahkan jenis dari bunyi tersebut.
Kita harus bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa dengan dianugerahkannya indera telinga. Merawat indera pendengaran dan menggunakannya secara benar yaitu bentuk dari rasa syukur tersebut.
Guru memotivasi siswa untuk menuliskan pengalamannya dengan rinci. Siswa juga diminta untuk menuliskan penyebab sakit/gangguan tersebut dan cara pengobatan dan pencegahannya. Siswa juga menuliskan perasaannya dikala menderita penyakit/
gangguan pada telinga, serta menuliskan solusi untuk lebih baik lagi dalam menjaga kesehatan telinga.

Indera Pendengar (Telinga)
Kita wajib bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dikarenakan telah menciptakanbentuk badan yang paling sempurna. Salah satunya yaitu kita diberi inderapendengar (telinga). Dengan memakai indra ini, kita bisa mendengarberbagai suara, ibarat kicauan burung, bunyi air mengalir, dan musik. Apasaja kepingan dan fungsi indera pendengar?
Hal apa yang perlu kita lakukan untuk merawatnya? Mari kita pelajari lebihjauh.
 menjalankan dan menghargai pedoman agama yang dianutnya RPP Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 1 Sub tema 2 Pembelajaran 1

Bagaimana indera pendengaran mencicipi getaran?
Semua bunyi membuat udara bergetar. Getaran bunyi mengenai gendangtelinga yang berupa selembar kulit tipis. Saat itulah gendang telingamujuga mulai bergetar. Getaran dari gendang telingamu menjadi lebih besardi indera pendengaran tengahmu dan diubah menjadi pesan-pesan listrik di telingadalammu.

Lampiran 2
H.     PENILAIAN
Penilaian Sikap
No
Nama
Perubanantingkahlaku
Santun
Peduli
TanggungJawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
JUNIASTI EKA P












2
M. SANI JAUFA LAILAN












3
MUHAMMAD ABDUL F












4
YAHYA TSANI












5
AGRA SOLEH S












6
AHMAD IRFAN KH












7
ATIQOH UMMU  S












8
KHOERUL MANKHOFA












9
LATIFATUM MARDIANA












10
MINDIA APRILIANI












11
NAUFAL AHNAF ZAKI












12
NUR DEWI PUTRI ANDINI












13
SFA KHANIFATUN N












14
TEFA ARLIZA












15
YOGI FERDIANSYAH












Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2,B (Baik) : 3,SB (SangatBaik) : 4


1. Diskusi
Saat siswa melaksanakan diskusi perihal peta pikiran mengapa penting menjaga kelestarian dan sumber daya alam.
Kriteria
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu
Pendampingan
(1)
Mendengarkan
Selalu
mendengarkan
teman yang
sedang berbicara.
Mendengarkan
teman yang
berbicara namun
sesekali masih
perlu diingatkan.
Masih perlu
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang
sedang berbicara.
ü
Sering
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang
sedang berbicara
namun tidak
mengindahkan.
Komunikasi non
verbal (kontak
mata, bahasa
tubuh, postur,
ekspresi wajah,
suara).
Merespon dan
menerapkan
komunikasi non
verbal dengan
tepat.
Merespon dan
menerapkan
komunikasi non
verbal dengan
tepat.
ü

Sering merespon
kurang tepat
terhadap
komunikasi
non verbal yang
ditunjukkan
teman.
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami
bentuk
komunikasi
non verbal yang
ditunjukkan
teman.
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
Isi pembicaraan
menginspira si
teman. Selalu
mendukung
dan memimpin
lainnya saat
diskusi.
Berbicara dan
menerangkan
secara rinci,
merespon sesuai
dengan topik.
Berbicara dan
menerangkan
secara
rinci,namun
terkadang
merespon kurang
sesuai dengan
topik.
Jarang berbicara
selama
proses diskusi
berlangsung.
ü

Penilaian (skoring):     total nilai siswa   x 10
                                 total nilai maksimal
Contoh : 2+3+1 = 6 x 10 = 5
                  12     12

2. Bahasa Indonesia
Tugas siswa menemukan gagasan pokok dan gagasan utama dari setiap paragraf dinilai memakai rubrik.
Kriteria
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu
Pendampingan
(1)
Gagasan pokok
Menemukan
gagasan pokok
pada semua
paragraf dengan
benar.
Menemukan
sebagian besar
gagasan pokok
pada semua
paragraf dengan
benar.
Menemukan
sebagian kecil
gagasan pokok
pada semua
paragraf dengan
benar.
ü
Belum dapat
menemukan
gagsan pokok.
Gagasan
Pendukung
Menemukan
gagasan
pendukung pada
semua paragraf
dengan benar.
Menemukan
sebagian
besar gagasan
pendukung pada
semua paragraf
dengan benar.
ü
Menemukan
sebagian
kecil gagasan
pendukung pada
semua paragraph
dengan benar.
Belum dapat
menemukan
gagsan
pendukung.
ü
Penyajian
gagasan pokok
dan gagasan
pendukukung
dalam peta
pikiran
Menyajikan
gagasan pokok
dan gagasan
pendukung
dalam peta
pikiran dengan
tepat.
Menyajikan
sebagian besar
gagasan pokok
dan gagasan
pendukung
dalam peta
pikiran dengan
tepat.
Menyajikan
sebagian kecil
gagasan pokok
dan gagasan
pendukung
dalam peta
pikiran dengan
tepat.
Belum dapat
menyajikan
gagasan pokok
dan gagasan
pendukung
dalam peta
pikiran.
ü
Sikap: Mandiri
Tugas
diselesaikan
dengan mandiri.
Sebagian
besar tugas
diselesaikan
dengan mandiri.
ü
Tugas
diselesaikan
dengan motivasi
dan bimbingan
guru.
Belum dapat
menyeselesaikan
tugas meski
telah diberikan
motivasi dan
bimbingan.

Penilaian (skoring):      total nilai siswa   x 10
                                  total nilai maksimal
Contoh : 2+3+1+3  =  9 x 10 = 7
                   16           16
3. IPS
Tugas siswa menemukan dan menuliskan informasi perihal sikap toleransi dan kolaborasi antar umat beragama, serta mengomunikasikannya dinilai memakai rubrik.
Kriteria
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu
Pendampingan
(1)
Informasi tentang
sikap toleransi
dan kerja sama
antar umat
agama
Menuliskan
informasi tentang
pengalaman
melakukan sikap
toleransi dan
kerjasama antar
teman berbeda
agama dengan
sistematis.
Menuliskan
informasi tentang
pengalaman
melakukan sikap
toleransi dan
kerjasama antar
teman berbeda
agama dengan
cukup sistematis.
Menuliskan
informasi tentang
pengalaman
melakukan
sikap toleransi
dan kerjasama
antar teman
berbeda agama
dengan kurang
sistematis.
ü
Belum dapat
menuliskan
informasi tentang
pengalaman
melakukan sikap
toleransi dan
kerjasama antar
teman berbeda
agama.
Komunikasi lisan
tentang sikap
toleransi dan
kerja sama antar
umat agama
Mengomunikasikan
pengalaman
melakukan sikap
toleransi dan
kerjasama antar
teman berbeda
agama dengan
sistematis.
Mengomunikasikan
pengalaman
melakukan sikap
toleransi dan
kerjasama antar
teman berbeda
agama dengan
cukup sistematis.
ü
Mengomunikasikan
pengalaman
melakukan
sikap toleransi
dan kerjasama
antar teman
berbeda agama
dengan kurang
sistematis.
Belum dapat
mengomunikasi
kan pengalaman
melakukan sikap
toleransi dan
kerjasama antar
teman berbeda
agama.
Sikap Kerjasama
Menunjukkan
sikap kerjasama
dengan semua
teman secara
konsisten.
Menunjukkan
sikap kerjasama
dengan semua
teman, namun
belum konsisten.
Menunjukkan
sikap kerjasama
hanya dengan
beberapa teman.
Perlu dimotivasi
untuk dapat
bekerjasama.
ü
Sikap
menghargai
makanan
tradisional
Mau mencoba
makanan
tradisional dan
menunjukkan
sikap bangga
dengan
keragaman
budaya
Indonesia.
Mau mencoba
makanan
tradisional dan
tampak cukup
bangga dengan
keragaman
budaya
Indonesia.
ü
Dimotivasi untuk
mau mencoba
makanan
tradisional
Indonesia.
Belum mau
mencoba
makanan
tradisional
Indonesia.

Penilaian (skoring):        total nilai siswa   x 10
                                    total nilai maksimal
Contoh : 2+3+1+3  =  9  x 10 = 7
                    16          16


4. IPA
a. Tugas siswa menjelaskan dan menyajikan laporan hasil percobaan perihal proses terjadinya bunyi dinilai memakai rubrik.
Kriteria
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu
Pendampingan
(1)
Proses terjadinya
bunyi Sumber
bunyi
Menjelaskan
semua proses
terjadinya bunyi
dengan runtut
dan benar.
Mengidentifikasi
semua sumber
bunyi dengan
tepat.
Menjelaskan
semua proses
terjadinya bunyi
dengan benar,
meski kurang
runtut
Mengidentifikasi
sebagian besar
sumber bunyi
dengan tepat.
Menjelaskan
sebagian proses
terjadinya bunyi
dengan runtut
dan benar.
Mengidentifikasi
sebagian kecil
sumber bunyi
dengan tepat.
ü
Belum mampu
menjelaskan
proses terjadinya
bunyi Belum
mampu
mengidentifikasi
sumber bunyi
dengan tepat.
Laporan
percobaan
tentang proses
terjadinya bunyi
dan sumber bunyi
Menyajikan
laporan
percobaan
tentang proses
terjadinya bunyi
dan sumber
bunyi dengan
sistematis.
Menyajikan
laporan
percobaan
tentang proses
terjadinya bunyi
dan sumber bunyi
dengan cukup
sistematis.
ü
Menyajikan
laporan
percobaan
tentang proses
terjadinya bunyi
dan sumber bunyi
dengan kurang
sistematis.
Belum mampu
menyajikan
laporan
percobaan
tentang proses
terjadinya bunyi
dan sumber
bunyi.
Sikap Rasa Ingin
Tahu
Tampak antusias
dan mengajukan
banyak pandangan gres dan
pertanyaan
selama kegiatan.
Tampak cukup
antusias dan
terkadang
mengajukan ide
dan pertanyaan
selama kegiatan.
Tampak kurang
antusias
dan tidak
mengajukan ide
dan pertanyaan
selama kegiatan.
Tidak tampak
antusias
dan perlu
dimotivasi untuk
mengajukan ide
dan pertanyaan.
ü

Penilaian (skoring):     total nilai siswa    x 10
                                 total nilai maksimal
Contoh : 2+3+1  =  6 x 10 = 5
                  12        12

b. Percobaan IPA dinilai memakai rubrik.
Kriteria
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu
Pendampingan
(1)
Penerapan
Konsep
Memperlihatkan
pemahaman
konsep dengan
menunjukkan
bukti
pendukung dan
menyampaikan
pemahaman inti
dari konsep yang
sedang dipelajari
dengan benar.
Memperlihatkan
pemahaman
konsep dengan
menunjukkan
bukti pendukung
namun perlu
bantuan saat
menyampaikan
pemahaman inti
dari konsep yang
yang sedang
dipelajari.
Memperlihatkan
pemahaman
konsep dengan
menunjukkan
bukti yang
terbatas dan
penyampaian
pemahaman inti
dari konsep tidak
jelas.
ü
Perlu
bimbingan saat
menyampaikan
bukti dan
pemahaman inti
dari konsep yang
dipelajari.
Komunikasi
Hasil percobaan
disampaikan
dengan jelas,
obyektif dengan
didukung data
penunjang.
Hasil percobaan
disampaikan
dengan jelas
dan didukung
sebagian data
penunjang.
ü
Hasil percobaan
disampaikan
dengan jelas,
namun hanya
didukung
sebagian kecil
data penunjang.
Hasil percobaan
disampaikan
dengan kurang
jelas dan tanpa
data penunjang.
Prosedur dan
Strategi
Seluruh data
dicatat, langkah
kegiatan
dilakukan secara
sistematis dan
strategi yang
digunakan
membuat
percobaan
berhasil.
Seluruh data
dicatat, langkah
kegiatan
dilakukan secara
sistematis,
namun masih
membutuhkan
bimbingan dalam
menemukan
strategi agar
percobaan
berhasil.
Sebagian besar
data dicatat,
langkah kegiatan
dan strategi
dilakukan secara
sistematis
setelah
mendapat
bantuan guru.
Sebagian kecil
data dicatat,
langkah kegiatan
tidak sistematis
dan strategi
yang dipilih tidak
tepat.
ü

Penilaian (skoring):     total nilai siswa    x 10
                                 total nilai maksimal
Contoh : 2+3+1 =  6  x 10 = 5
                 12        12

Pengayaan
§  Apabila mempunyai waktu, siswa sanggup melaksanakan wawancara sederhana dengan sobat lintas kelas atau dengan guru-guru di sekolah, perihal pengalaman toleransi dan kolaborasi antar pemeluk agama yang berbeda.

Remedial
§  Siswa yang belum memahami proses terjadinya bunyi akan mengulang percobaan dengan pendampingan. Siswa sanggup dibantu oleh siswa lain yang telah menguasai konsep tersebut.


Sumber http://aqdaffa.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 2 Pembelajaran 1"

Posting Komentar