RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) |
Satuan Pendidikan : SDN 1 srati
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 1 : KeberagamanBudayaBangsaku
Pembelajaran : 5
Alokasi Waktu : 1 Hari ( Selasa, 24 Juli 2018 )
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai anutan agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
SBdP
3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah.
4.3 Meragakan dasar-dasar gerak tari daerah.
Indikator:
3.3.2 Menjelaskan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk
4.3.2 Mempraktikkan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk.
IPS
3.2 Memahami keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
4.2 Menceritakan keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
Indikator:
3.2.2 Menjelaskan keragaman sosial dan budaya provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan.
4.2.2 Menyajikan keragaman sosial dan budaya provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan.
C. TUJUAN PEMEBALAJARAN
1. Dengan membaca teks wacana suku Minang, siswa bisa menjelaskan keragaman sosial dan budaya provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan mulut secara terperinci.
2. Dengan membaca teks wacana suku Minang, siswa bisa menyajikan keragaman sosial dan budaya provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan mulut secara terperinci.
3. Dengan mengamati gambar dan langkah-langkah serta peragaan dari guru, siswa bisa menjelaskan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk dengan benar.
v Karakter siswa yang diperlukan :
Ø SBdP : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
Ø IPS : Religius
Toleransi
Rasa Ingin Tahu
Semangat Kebangsaan
Cinta Tanah Air
Bersahabat/Komunikatif
Cinta Damai
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | DeskripsiKegiatan | AlokasiWaktu |
Pendahuluan | ¡ Gurumemberikansalamdanmengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing.Religius ¡ Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadirandanmemeriksakerapihanpakaian, posisidantempat duduk disesuaikandengankegiatanpembelajaran. ¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya Kebersamaan”.Integritas ¡ Guru menyampaikan tahapan aktivitas yang meliputi aktivitas mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. | 10 menit |
Inti | § Guru memberikan bahwa warga yang baik yaitu warga yang bisa memahami dan menghargai keragaman serta perbedaan yang ada di sekitar mereka, baik keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama.Communication § Siswa membaca gosip yang ada dibuku siswa.Literasi § Siswa membaca teks wacana Suku Minang dalam hati (membaca senyap). (Mengkomunikasikan) § Siswa menuliskan pertanyaan wacana hak yang ingin mereka ketahui lagitentang Suku Minang.Mandiri § Siswa menuliskan pertanyaan sebanyak-banyaknya wacana suku Minang. § Siswa mendiskusikan jawabannya dengan sobat satu kelompok.Collaboration § Siswa dipandu mencari gosip lebih lanjut wacana keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsi mereka masing-masing. (Mengekplorasi) § Siswa menuliskan hasil temuan mereka pada kolom berikut. § Setelah menerima gosip yang cukup, siswa mempresentasikan gosip yang mereka peroleh dalam kelompok. Critical Thinking and Problem Solving § Siswa mendiskusikan dan memperagakan gerakan dasar tari Bungong Jeumpa sehabis mengamati gambar, membaca penjelasan, menyaksikan peragaan dari guru. (Mengamati) § Setelah selesai menari, guru memberikan bahwa tari Bungong Jeumpaadalah satu dari sekian banyak tarian yang ada di Indonesia. Kitasemestinya bersyukur dan menghargai keberagaman tersebut. Ketika kitasaling menghargai dalam keanekaragaman sosial dan budaya, maka akantercipta kehidupan yang harmonis.Nasionalis § Guru bertanya kepada siswa, apakah mereka masih ingat hasil karya tangram yang telah mereka buat? Guru mengingatkan bahwa tangram tersebut terdiri atas bentuk yang berbeda-beda, namun dikala bentuk yang berbeda-beda tersebut ditata sedemikian rupa, maka akan tercipta gambar gres yang harmonis.(Menanya) | 150 menit |
Penutup | ¡ Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil berguru selama sehariIntegritas ¡ Bertanya jawab wacana materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡ Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya wacana pembelajaran yang telah diikuti. ¡ Melakukanpenilaianhasilbelajar ¡ Mengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing (untukmengakhirikegiatanpembelajaran)Religius | 15 menit |
E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Buku Siswa Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Lagu Bungong Jeumpa
Mengetahui Kepala SDN 1 Srati _____________ | Srati, 23 Juli 2017 Guru Kelas IV _______________ |
Lampiran 1
F. MATERI
§ Menari tarian tempat (Bungong Jeumpa)
§ Menyajikan keberagaman yang terdapat di sekitar
G. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
IPS
Suku Minang
Suku Minang yaitu kelompok etnis yang terdapat di Provinsi SumateraBarat. Suku Minang sering disebut sebagai orang Padang atau UrangAwak. Bahasa tempat suku Minang yaitu bahasa Minang.
Suku Minang mempunyai rumah adab yang sangat khas yang disebutRumah Gadang. Rumah gadang ini terbuat dari kayu dan mempunyaibentuk dasar ibarat balok. Lengkung atap rumahnya sangat tajamseperti tanduk kerbau, sedangkan lengkung tubuh rumah landai sepertibadan kapal. Atap rumah terbuat dari ijuk. Bentuk atap rumah yangmelengkung dan runcing ke atas itu disebut gonjong. Karena atapnyaberbentuk gonjong, maka disebut rumah Bagonjong.
Suku Minang mempunyai alat musik tradisional Minang yang disebuttalempong. Talempong dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik khasMinang lainnya yaitu saluang. Saluang ini dimainkan dengan caraditiup.
Suku Minang juga mempunyai banyak jenis tarian, di antaranya tariPasambahan dan tari Piring. Tari Pasambahan biasanya ditampilkandalam pesta adat.
Suku Minang sangat populer dengan banyak sekali makanan khasnya.Rendang merupakan salah satu makanan tradisional suku Minang yangsangat terkenal, bahkan hingga ke mancanegara. Makanan khas sukuMinang lainnya yang juga digemari yaitu sate padang dan dendengbalado.
Orang Minang gemar berdagang dan merantau ke tempat lain. LegendaSuku Minang yang sangat populer yaitu “Malin Kundang”.
SBDP
Gerakan Tari Bungong Jeumpa dalam Posisi Duduk
- Tangan kanan di pundak dan tangan kiri di paha. Ditepuk dua kali secara bersamaan. Lakukan secara bergantian kanan dan kiri.
Hitungan 4 x 8
- Tangan kanan bangkit dan tangan kiri memegang siku. Tangan kiri bangkit dan ajun memegang siku. Kemudian tepuk 2X. Dilakukan bergantian.
Hitungan 2 x 8
- Kedua tangan tepuk lurus ke depan. Tepuk ke tengah. Tepuk ke atas. Tepuk ke tengah. Ketika tepuk atas tubuh diangkat
Hitungan 4 x 8
- Kedua tangan memegang lantai lantai. serong ke kanan dan ke kiri. Ditarik ke atas tangan lurus serong ke kanan dan ke kiri. Bergantian.
Hitungan 2 x 8.
Lampiran 2
H. PENILAIAN
Penilaian Sikap
No | Nama | Perubanantingkahlaku | |||||||||||
Santun | Peduli | TanggungJawab | |||||||||||
K | C | B | SB | K | C | B | SB | K | C | B | SB | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | JUNIASTI EKA P | ||||||||||||
2 | M. SANI JAUFA LAILAN | ||||||||||||
3 | MUHAMMAD ABDUL F | ||||||||||||
4 | YAHYA TSANI | ||||||||||||
5 | AGRA SOLEH S | ||||||||||||
6 | AHMAD IRFAN KH | ||||||||||||
7 | ATIQOH UMMU S | ||||||||||||
8 | KHOERUL MANKHOFA | ||||||||||||
9 | LATIFATUM MARDIANA | ||||||||||||
10 | MINDIA APRILIANI | ||||||||||||
11 | NAUFAL AHNAF ZAKI | ||||||||||||
12 | NUR DEWI PUTRI ANDINI | ||||||||||||
13 | SFA KHANIFATUN N | ||||||||||||
14 | TEFA ARLIZA | ||||||||||||
15 | YOGI FERDIANSYAH |
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2,B (Baik) : 3,SB (SangatBaik) : 4
1. IPS
Tulisan dan presentasi wacana keragaman sosial dan budaya di provinsi masing-masing dinilai dengan rubrik.
Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Struktur Presentasi | Presentasi memuat pembukaan, inti dan penutup serta dikomunikasikan secara runtut. | Presentasi memuat pembukaan atau penutup dan inti serta dikomunikasikan secara runtut. | Presentasi hanya memuat inti dan disampaikan dengan runtut. | Presentasi hanya memiliki pembuka atau penutup saja. |
Tema | Seluruh gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema. | Sebagian besar gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema. | Sebagian kecil gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema. | Gagasan pokok dan gagasan pendukung tidak sesuai tema. |
Fakta Pendukung | Seluruh fakta tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsi masingmasing disajikan dengan benar. | Sebagian besar fakta tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsi masingmasing disajikan dengan benar. | Sebagian kecil fakta tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsi masingmasing disajikan dengan benar. | Fakta tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsi masingmasing tidak benar. |
Catatan: Penilaian (penskoran) sanggup dilihat misalnya pada Pembelajaran 1.
2. SBdP
Proses pembelajaran tari Bungong Jeumpa dinilai dengan catatan anekdot. Sumber http://aqdaffa.blogspot.comMari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 1 Pembelajaran 5"
Posting Komentar