RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) (Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016) |
Satuan Pendidikan : SDN 1 srati
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 1 : Keberagaman BudayaBangsaku
Pembelajaran : 3
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai pedoman agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1 Menunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
3.2 Memetakan keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
4.2 Menyajikan hasil penataan informasi sesuai dengan keterhubungan antar gagasan ke dalam tulisan.
Indikator:
3.1.1 Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis.
4.1.1 Menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran.
IPA
3.6 Memahami sifat-sifat suara dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.
4.6 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/atau percobaan wacana sifat-sifat bunyi.
Indikator:
3.6.2 Menjelaskan sifat-sifat suara merambat
4.6.2 Menyajikan laporan hasil percobaan wacana sifat-sifat suara merambat.
C. TUJUAN PEMBALAJARAN
1. Setelah percobaan, siswa bisa menjelaskan sifat-sifat suara merambat dengan lengkap.
2. Setelah percobaan, siswa bisa menyajikan laporan wacana sifat-sifat suara merambat dengan sistematis.
3. Setelah membaca teks wacana “Membantu Sesama”, siswa bisa mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dengan mandiri.
4. Setelah membaca teks wacana “Membantu Sesama”, siswa bisa menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.
v Karakter siswa yang dibutuhkan :
Ø Bahasa Indonesia dan IPA : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | DeskripsiKegiatan | AlokasiWaktu |
Pendahuluan | ¡ Gurumemberikansalamdanmengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing.Religius ¡ Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadirandanmemeriksakerapihanpakaian, posisidantempat duduk disesuaikandengankegiatanpembelajaran. ¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya Kebersamaan”. ¡ Guru menyampaikan tahapan aktivitas yang meliputi aktivitas mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.Integritas | 10 menit |
Inti | § Siswa diingatkan kembali wacana Keragaman Budaya Indonesia, salah satunya yaitu keragaman permainan tradisional.Communication § Siswa secara berpasangan diminta untuk saling menginformasikan wacana jenis permainan tradisional yang mereka ketahui kepada sobat disebelahnya. (Mengekplorasi)Gotong Royong § Hasil diskusi siswa dibahas secara klasikal dan disimpulkan bersama.Collaboration § Siswa diingatkan kembali pada pembelajaran sebelumnya wacana keragaman alat musik tradisional Indonesia. § Guru mengajukan pertanyaan sebagi aktivitas pembuka. (Menanya) - Bagaimana suara sanggup hingga ke indera pendengaran kita? § Siswa dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan 3 jenis alat musik tradisional tempat yang mereka sukai. Setiap kelompok akan melaksanakan 3 jenispercobaan yang berbeda wacana sifatbunyi merambat.Collaboration § Siswa dalam kelompok diminta berdiskusi menciptakan pertanyaan wacana sifat suara merambat. (Mengkomunikasikan)Critical Thinking and Problem Solving § Setiap kelompok memberikan pertanyaan hasil diskusi di depan kelas. § Siswa dalam kelompok kemudian melaksanakan tiga jenis percobaan secara bergantian wacana sifat suara merambat berdasarkan isyarat yang adadi buku.Creativity and Innovation § Siswa mengisi tabel yang tersedia berdasarkan hasil percobaan. § Siswa masih dalam kelompok yang sama berdiskusi menjawab pertanyaanyang ada di buku berdasarkan hasil percobaan. § Guru memperlihatkan penguatan wacana sifat suara merambat. § Siswa diingatkan kembali wacana gagasan pokok dan gagasan pendukung yang telah dipelajari pada pembelajaran sebelumnya. § Siswa membaca kembali teks berjudul “Sigap Membantu Sesama” yang terdapat pada pembelajaran sebelumnya. (Mengamati) § Siswa menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung pada teks tersebut dan menuliskannya dalam peta pikiran yang tersedia. § Siswa mendiskusikan peta pikiran bersama sobat dan guru. | 150 menit |
Penutup | ¡ Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil berguru selama sehariIntegritas ¡ Bertanya jawab wacana bahan yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡ Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya wacana pembelajaran yang telah diikuti. ¡ Melakukanpenilaianhasilbelajar ¡ Mengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing (untukmengakhirikegiatanpembelajaran)Religius | 15 menit |
E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Buku Siswa Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Untuk percobaan IPA
- Selang plastik, gelas plastik, benang kasur, paku
- Ember besar, Air, Batu kora, Corong kecil
Mengetahui Kepala SDN 5 Rajamandala ) NIP. ....................................... | …………, 17 Juli 2018 Guru Kelas IV NIP. ....................................... |
Lampiran 1
F. MATERI
- Hasil percobaan wacana sifat-sifat suara merambat
- Menemukan gagasan pokok dan gagasan utama dari setiap paragraf
E. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
MATERI
IPA
Sifat Bunyi Merambat
Bunyi merupakan gelombang yang perambatan arahnya sejajar dengan arah getarnya. Bunyi sanggup terdengar kalau memenuhi syarat berikut.
1. Ada sumber bunyi
2. Ada media penghantar
3. Ada pendengar
Bunyi yang berasal dari sumber suara hingga kepada pendengar dengan cara merambat. Bunyi sanggup merambat melalui media perantara: udara, zat cair, dan benda padat. Bunyi tidak sanggup merambat tanpa adanya media perantara.
Bunyi yang merambat melalui benda padat dan zat cair akan terdengar lebih terperinci dibandingkan suara yang merambat melalui udara.
Lampiran 2
H. PENILAIAN
Penilaian Sikap
No | Nama | Perubanantingkahlaku | |||||||||||
Santun | Peduli | TanggungJawab | |||||||||||
K | C | B | SB | K | C | B | SB | K | C | B | SB | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | ................... | ||||||||||||
2 | ................... | ||||||||||||
3 | …………….. | ||||||||||||
4 | …………….. | ||||||||||||
5 | …………….. | ||||||||||||
dst | …………….. |
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2,B (Baik) : 3,SB (SangatBaik) : 4
1. IPA
a. Laporan hasil percobaan wacana sifat-sifat suara merambat dinilai
menggunakan rubrik.
Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Sifat-sifat bunyi Merambat | Menjelaskan semua sifat bunyi merambat berdasarkan hasil percobaan dengan benar. | Menjelaskan sebagian besar sifat bunyi merambat berdasarkan hasil percobaan dengan benar. | Menjelaskan sebagian kecil sifat bunyi merambat berdasarkan hasil percobaan dengan benar. | Belum dapat menjelaskan sifat-sifat bunyi merambat. |
Laporan pengamatan tentang sifat bunyi merambat | Menyajikan laporan pengamatan tentang sifat bunyi merambat berdasarkan hasil percobaan dengan sistematis. | Menyajikan laporan pengamatan tentang sebagian besar sifat bunyi merambat berdasarkan hasil percobaan cukup sistematis. | Menyajikan laporan pengamatan tentang sebagian kecil sifat bunyi merambat berdasarkan hasil percobaan kurang sistematis. | Belum dapat menyajikan laporan pengamatan tentang sifat bunyi merambat berdasarkan hasil percobaan. |
Sikap Rasa Ingin Tahu dan Berfikir Kritis | Tampak antusias dan mengajukan banyak inspirasi dan pertanyaan selama kegiatan. | Tampak cukup antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan. | Tampak kurang antusias dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan. | Tidak tampak antusias dan perlu dimotivasi untuk mengajukan ide dan pertanyaan. |
Catatan: Penilaian (penskoran) sanggup dilihat misalnya pada Pembelajaran 1.
b. Percobaan IPA dinilai memakai rubrik.
Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Penerapan Konsep | Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti pendukung dan menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang sedang dipelajari dengan benar. | Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti pendukung namun perlu bantuan saat menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang yang sedang dipelajari | Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti yang terbatas dan penyampaian pemahaman inti dari konsep tidak jelas. | Perlu bimbingan saat menyampaikan bukti dan pemahaman inti dari konsep yang dipelajari. |
Komunikasi | Hasil percobaan disampaikan dengan jelas, obyektif dengan didukung data penunjang. | Hasil percobaan disampaikan dengan jelas dan didukung sebagian data penunjang. | Hasil percobaan disampaikan dengan jelas, namun hanya didukung sebagian kecil data penunjang. | Hasil percobaan disampaikan dengan kurang jelas dan tanpa data penunjang. |
Prosedur dan Strategi | Seluruh data dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara sistematis dan strategi yang digunakan membuat percobaan berhasil. | Seluruh data dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara sistematis, namun masih membutuhkan bimbingan dalam menemukan strategi agar percobaan berhasi. | Sebagian besar data dicatat, langkah kegiatan dan strategi dilakukan secara sistematis setelah mendapat bantuan guru. | Sebagian kecil data dicatat, langkah kegiatan tidak sistematis dan strategi yang dipilih tidak tepat. |
Catatan: Penilaian (penskoran) sanggup dilihat misalnya pada Pembelajaran 1.
3. Bahasa Indonesia
Tugas siswa menemukan gagasan pokok dan gagasan utama dari setiap
paragraf dinilai memakai rubrik
Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Gagasan pokok | Menemukan gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar. | Menemukan sebagian besar gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar. | Menemukan sebagian kecil gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar. | Belum dapat menemukan gagsan pokok. |
Gagasan Pendukung | Menemukan gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar. | Menemukan sebagian besar gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar. | Menemukan sebagian kecil gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar. | Belum dapat menemukan gagsan pendukung. |
Penyajian gagasan pokok dan gagasan pendukukung dalam peta pikiran. | Menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat. | Menyajikan sebagian besar gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat. | Menyajikan sebagian kecil gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat. | Belum dapat menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran. |
Sikap: Mandiri | Tugas diselesaikan dengan sanggup bangun diatas kaki sendiri . | Sebagian besar tugas diselesaikan dengan mandiri. | Tugas diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru. | Belum dapat menyelesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan. |
Catatan: Penilaian (penskoran) sanggup dilihat misalnya pada Pembelajaran 1.
Pengayaan
• Apabila mempunyai waktu, siswa sanggup memainkan ansambel suara yang telah
mereka kreasikan pada pembelajaran sebelumnya, kepada kelas lain.
Remedial
• Siswa yang belum memahami sifat suara merambat akan mengulang percobaan dengan pendampingan. Siswa sanggup dibantu oleh siswa lain yang telah menguasai konsep tersebut.
Sumber http://aqdaffa.blogspot.com
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 1 Pembelajaran 3"
Posting Komentar