RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 |
Satuan Pendidikan : SDN 1 SRATI
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 2 : Kebersamaan dalam Keberagaman
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu :150 menit ( Sabtu, 28 Juli 2018 )
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai fatwa agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan daerah bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1 Menunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
3.2 Memetakan keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
4.2 Menyajikan hasil penataan informasi sesuai dengan keterhubungan antar gagasan ke dalam tulisan.
Indikator:
3.1.1 Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis.
4.1.1 Menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran.IPA
3.6 Memahami sifat-sifat suara dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.
4.6 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/atau percobaan perihal sifat-sifat bunyi.
Indikator:
3.6.2 Menjelaskan sifat-sifat suara merambat
4.6.2 Menyajikan laporan hasil percobaan perihal sifat-sifat suara merambat.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah percobaan, siswa bisa menjelaskan fungsi sifat suara terkait indera pendengaran sebagai alat pendengaran dengan lengkap.
2. Setelah percobaan, siswa bisa menyajikan laporan perihal sifat suara terkait indera pendengaran sebagai alat pendengaran dan dengan sistematis.
3. Setelah membaca teks perihal sikap kerja sama, siswa bisa mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dengan mandiri.
4. Setelah membaca teks perihal sikap kerja sama, siswa bisa menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.
v Karakter siswa yang dibutuhkan :
Ø Bahasa Indonesia dan IPA : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | DeskripsiKegiatan | AlokasiWaktu |
Pendahuluan | ¡ Gurumemberikansalamdanmengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing.Religius ¡ Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadirandanmemeriksakerapihanpakaian, posisidantempat duduk disesuaikandengankegiatanpembelajaran. ¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan ialah tentang ”Indahnya Kebersamaan”.Integritas ¡ Guru menyampaikan tahapan acara yang meliputi acara mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. | 10 menit |
Inti | § Siswa diingatkan kembali pada pembelajaran sebelumnya perihal proses terjadinya suara dari sumber suara hingga hingga ke indera pendengar.Communication § Guru mengajukan pertanyaan sebagai acara pembuka: (Menanya) - Apa yang kau ketahui perihal fungsi dari setiap alat/organ dari indera pendengaran? - Bagaimana cara merawat indera pendengaran sebagai indera yang sangat penting bagi kita? § Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kecil dan diminta berdiskusi untuk menjawab pertanyaan yang tersedia .Collaboration § Siswa bersama guru secara klasikal lalu menyimpulkan hasil diskusitentang pentingnya merawat indera pendengaran.Critical Thinking and Problem Solving § Siswa mempraktikkan permainan sumber suara di luar kelas. Sebelumnya,guru meminta mereka untuk membaca hukum main. Apabila telah siap,guru sanggup mengajak siswa keluar untuk bermain.Creativity and Innovation § Siswa diingatkan kembali perihal gagasan pokok dan gagasan pendukung yang telah dipelajari pada pembelajaran sebelumnya.Communication § Siswa membaca senyap teks berjudul “Tong Sampah Gotong Royong” yang terdapat pada pembelajaran sebelumnya.Literasi § Siswa menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung pada teks tersebut dan menuliskannya dalam peta pikiran yang tersedia. Creativity and Innovation | 150 menit |
Penutup | ¡ Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil mencar ilmu selama sehariIntegritas ¡ Bertanya jawab perihal bahan yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡ Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya perihal pembelajaran yang telah diikuti. ¡ Melakukanpenilaianhasilbelajar ¡ Mengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing (untukmengakhirikegiatanpembelajaran)Religius | 15 menit |
E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Buku Siswa Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
Mengatahui
Kepala Sekolah Guru Kelas IV
__________________________________________________________
Lampiran 1
F. MATERI PEMBELAJARAN
§ Melakukan percobaan
§ Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks tulis
G. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
Lampiran 2
H. PENILAIAN
Penilaian Sikap
No | Nama | Perubanantingkahlaku | |||||||||||
Santun | Peduli | TanggungJawab | |||||||||||
K | C | B | SB | K | C | B | SB | K | C | B | SB | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | JUNIASTI EKA P | ||||||||||||
2 | M. SANI JAUFA LAILAN | ||||||||||||
3 | MUHAMMAD ABDUL F | ||||||||||||
4 | YAHYA TSANI | ||||||||||||
5 | AGRA SOLEH S | ||||||||||||
6 | AHMAD IRFAN KH | ||||||||||||
7 | ATIQOH UMMU S | ||||||||||||
8 | KHOERUL MANKHOFA | ||||||||||||
9 | LATIFATUM MARDIANA | ||||||||||||
10 | MINDIA APRILIANI | ||||||||||||
11 | NAUFAL AHNAF ZAKI | ||||||||||||
12 | NUR DEWI PUTRI ANDINI | ||||||||||||
13 | SIFA KHANIFATUN | ||||||||||||
14 | TEFA ARLIZA | ||||||||||||
15 | YOGI FERDIANSYAH |
Keterangan: K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2,B (Baik) : 3,SB (SangatBaik) : 4
1. IPA
Tugas siswa menjawab pertanyaan dan mengomunikan jadinya dinilai
Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Penerapan Konsep | Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti pendukung dan menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang sedang dipelajari dengan benar. | Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti pendukung namun perlu bantuan saat menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang yang sedang dipelajari. | Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti yang terbatas dan penyampaian pemahaman inti dari konsep tidak jelas. | Perlu bimbingan saat menyampaikan bukti dan pemahaman inti dari konsep yang dipelajari. |
Komunikasi | Hasil percobaan disampaikan dengan jelas, obyektif dengan didukung data penunjang. | Hasil percobaan disampaikan dengan jelas dan didukung sebagian data penunjang. | Hasil percobaan disampaikan denga njelas namun hanya didukung sebagian kecil data penunjang. | Hasil percobaan disampaikan dengan kurang jelas dan tanpa data penunjang. |
Prosedur dan Strategi | Seluruh data dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara sistematis dan strategi yang digunakan membuat percobaan berhasil. | Seluruh data dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara sistematis namun masih membutuhkan bimbingan dalam menemukan strategi agar percobaan berhasi. | Sebagian besar data dicatat, langkah kegiatan dan strategi dilakukan secara sistematis setelah mendapat bantuan guru. | Sebagian kecil data dicatat, langkah kegiatan tidak sistematis dan strategi yang dipilih tidak tepat. |
Catatan: Penilaian (penskoran) sanggup dilihat misalnya pada Pembelajaran 1
2. Bahasa Indonesia
Tugas siswa menemukan gagasan pokok dan gagasan utama dari setiap paragraf dinilai memakai rubrik.
Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Gagasan pokok | Menemukan gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar. | Menemukan sebagian besar gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar. | Menemukan sebagian kecil gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar. | Belum dapat menemukan gagasan pokok. |
Gagasan Pendukung | Menemukan gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar. | Menemukan sebagian besar gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar. | Menemukan sebagian kecil gagasan pendukung pada semua paragraph dengan benar. | Belum dapat menemukan gagasan pendukung. |
Penyajian gagasan pokok dan gagasan pendukukung dalam peta pikiran. | Menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat. | Menyajikan sebagian besar gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat. | Menyajikan sebagian kecil gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat. | Belum dapat menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran. |
Sikap: Mandiri | Tugas diselesaikan dengan mandiri. | Sebagian besar tugas diselesaikan dengan mandiri. | Tugas diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru. | Belum dapat menyeselesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan. |
Catatan: Penilaian (penskoran) sanggup dilihat misalnya pada Pembelajaran 1
Pengayaan
• Apabila mempunyai waktu, siswa sanggup melaksanakan wawancara sederhana dengan sahabat lintas kelas atau dengan guru-guru di sekolah, perihal pengalaman sikap saling menghargai ketika melaksanakan kerjasama dengan sahabat yang mempunyai kemampuan berbeda.
Remedial
• Siswa yang belum memahami manfaat alat-alat indera pendengaran, sanggup diberikan sumber bacaan yang dilengkapi gambar. Siswa dimotivasi untuk membaca dengan teliti. Siswa sanggup mengerjakan latihan tertulis (kuis, pertanyaan essay) terkait bahan yang belum dipahami.
Sumber http://aqdaffa.blogspot.com
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 2 Pembelajaran 3"
Posting Komentar