Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 2 Pembelajaran 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
TEMATIK TERPADU
KURIKULUM 2013



Satuan Pendidikan       :  SDN 1 SRATI
Kelas / Semester            :  IV (Empat) / 1
Tema 1                             :  Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 2                    :  Kebersamaan dalam Keberagaman
Pembelajaran                 :  3
Alokasi Waktu                :150 menit ( Sabtu, 28 Juli 2018 )


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai fatwa agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan daerah bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1 Menunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
3.2 Memetakan keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
4.2 Menyajikan hasil penataan informasi sesuai dengan keterhubungan antar gagasan ke dalam tulisan.


Indikator:
3.1.1 Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis.
4.1.1 Menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran.IPA
3.6 Memahami sifat-sifat suara dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.
4.6 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/atau percobaan perihal sifat-sifat bunyi.
Indikator:
3.6.2 Menjelaskan sifat-sifat suara merambat
4.6.2 Menyajikan laporan hasil percobaan perihal sifat-sifat suara merambat.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Setelah percobaan, siswa bisa menjelaskan fungsi sifat suara terkait indera pendengaran sebagai alat pendengaran dengan lengkap.
2.    Setelah percobaan, siswa bisa menyajikan laporan perihal sifat suara terkait indera pendengaran sebagai alat pendengaran dan dengan sistematis.
3.    Setelah membaca teks perihal sikap kerja sama, siswa bisa mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dengan mandiri.
4.    Setelah membaca teks perihal sikap kerja sama, siswa bisa menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.

v   Karakter siswa yang dibutuhkan :
Ø  Bahasa Indonesia dan IPA  :  Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
DeskripsiKegiatan
AlokasiWaktu
Pendahuluan
¡   Gurumemberikansalamdanmengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing.Religius
¡   Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadirandanmemeriksakerapihanpakaian, posisidantempat duduk disesuaikandengankegiatanpembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan ialah tentangIndahnya Kebersamaan”.Integritas
¡   Guru menyampaikan tahapan acara yang meliputi acara mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
10 menit
Inti
§  Siswa diingatkan kembali pada pembelajaran sebelumnya perihal proses terjadinya suara dari sumber suara hingga hingga ke indera pendengar.Communication
§  Guru mengajukan pertanyaan sebagai acara pembuka: (Menanya)
-       Apa yang kau ketahui perihal fungsi dari setiap alat/organ dari indera pendengaran?
-       Bagaimana cara merawat indera pendengaran sebagai indera yang sangat penting bagi kita?
§  Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kecil dan diminta berdiskusi untuk menjawab pertanyaan yang tersedia .Collaboration
§  Siswa bersama guru secara klasikal lalu menyimpulkan hasil diskusitentang pentingnya merawat indera pendengaran.Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa mempraktikkan permainan sumber suara di luar kelas. Sebelumnya,guru meminta mereka untuk membaca hukum main. Apabila telah siap,guru sanggup mengajak siswa keluar untuk bermain.Creativity and Innovation
§  Siswa diingatkan kembali perihal gagasan pokok dan gagasan pendukung yang telah dipelajari pada pembelajaran sebelumnya.Communication
§  Siswa membaca senyap teks berjudul “Tong Sampah Gotong Royong” yang terdapat pada pembelajaran sebelumnya.Literasi
§  Siswa menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung pada teks tersebut dan menuliskannya dalam peta pikiran yang tersedia. Creativity and Innovation
150 menit
Penutup
¡   Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil mencar ilmu selama sehariIntegritas
¡   Bertanya jawab perihal bahan yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya perihal pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukanpenilaianhasilbelajar
¡   Mengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing (untukmengakhirikegiatanpembelajaran)Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡   Buku Siswa Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
Mengatahui
Kepala Sekolah                                                                   Guru Kelas IV



__________________________________________________________


Lampiran 1

F.      MATERI PEMBELAJARAN
§  Melakukan percobaan
§  Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks tulis


G.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

Lampiran 2
H.     PENILAIAN
Penilaian Sikap
No
Nama
Perubanantingkahlaku
Santun
Peduli
TanggungJawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
JUNIASTI EKA P












2
M. SANI JAUFA LAILAN












3
MUHAMMAD ABDUL F












4
YAHYA TSANI












5
AGRA SOLEH S












6
AHMAD IRFAN KH












7
ATIQOH UMMU  S












8
KHOERUL MANKHOFA












9
LATIFATUM MARDIANA












10
MINDIA APRILIANI












11
NAUFAL AHNAF ZAKI












12
NUR DEWI PUTRI ANDINI












13
SIFA KHANIFATUN












14
TEFA ARLIZA












15
YOGI FERDIANSYAH












Keterangan: K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2,B (Baik) : 3,SB (SangatBaik) : 4

1. IPA
Tugas siswa menjawab pertanyaan dan mengomunikan jadinya dinilai
Kriteria
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu
Pendampingan
(1)
Penerapan
Konsep
Memperlihatkan
pemahaman
konsep dengan
menunjukkan
bukti
pendukung dan
menyampaikan
pemahaman inti
dari konsep yang
sedang dipelajari
dengan benar.
Memperlihatkan
pemahaman
konsep dengan
menunjukkan
bukti pendukung
namun perlu
bantuan saat
menyampaikan
pemahaman inti
dari konsep yang
yang sedang
dipelajari.

Memperlihatkan
pemahaman
konsep dengan
menunjukkan
bukti yang
terbatas dan
penyampaian
pemahaman inti
dari konsep tidak
jelas.
Perlu
bimbingan saat
menyampaikan
bukti dan
pemahaman inti
dari konsep yang
dipelajari.
Komunikasi
Hasil percobaan
disampaikan
dengan jelas,
obyektif dengan
didukung data
penunjang.
Hasil percobaan
disampaikan
dengan jelas
dan didukung
sebagian data
penunjang.
Hasil percobaan
disampaikan
denga njelas
namun hanya
didukung
sebagian kecil
data penunjang.

Hasil percobaan
disampaikan
dengan kurang
jelas dan tanpa
data penunjang.
Prosedur dan
Strategi
Seluruh data
dicatat, langkah
kegiatan
dilakukan secara
sistematis dan
strategi yang
digunakan
membuat
percobaan
berhasil.
Seluruh data
dicatat, langkah
kegiatan
dilakukan secara
sistematis
namun masih
membutuhkan
bimbingan dalam
menemukan
strategi agar
percobaan
berhasi.
Sebagian besar
data dicatat,
langkah kegiatan
dan strategi
dilakukan secara
sistematis
setelah
mendapat
bantuan guru.
Sebagian kecil
data dicatat,
langkah kegiatan
tidak sistematis
dan strategi
yang dipilih tidak
tepat.
Catatan: Penilaian (penskoran) sanggup dilihat misalnya pada Pembelajaran 1

2. Bahasa Indonesia
Tugas siswa menemukan gagasan pokok dan gagasan utama dari setiap paragraf dinilai memakai rubrik.
Kriteria
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu
Pendampingan
(1)
Gagasan pokok
Menemukan
gagasan pokok
pada semua
paragraf dengan
benar.
Menemukan
sebagian besar
gagasan pokok
pada semua
paragraf dengan
benar.
Menemukan
sebagian kecil
gagasan pokok
pada semua
paragraf dengan
benar.
Belum dapat
menemukan
gagasan pokok.
Gagasan
Pendukung
Menemukan
gagasan
pendukung pada
semua paragraf
dengan benar.
Menemukan
sebagian
besar gagasan
pendukung pada
semua paragraf
dengan benar.
Menemukan
sebagian
kecil gagasan
pendukung pada
semua paragraph
dengan benar.
Belum dapat
menemukan
gagasan
pendukung.
Penyajian
gagasan pokok
dan gagasan
pendukukung
dalam peta
pikiran.
Menyajikan
gagasan pokok
dan gagasan
pendukung
dalam peta
pikiran dengan
tepat.
Menyajikan
sebagian besar
gagasan pokok
dan gagasan
pendukung
dalam peta
pikiran dengan
tepat.
Menyajikan
sebagian kecil
gagasan pokok
dan gagasan
pendukung
dalam peta
pikiran dengan
tepat.
Belum dapat
menyajikan
gagasan pokok
dan gagasan
pendukung
dalam peta
pikiran.
Sikap: Mandiri
Tugas
diselesaikan
dengan mandiri.
Sebagian
besar tugas
diselesaikan
dengan mandiri.
Tugas
diselesaikan
dengan motivasi
dan bimbingan
guru.
Belum dapat
menyeselesaikan
tugas meski
telah diberikan
motivasi dan
bimbingan.
Catatan: Penilaian (penskoran) sanggup dilihat misalnya pada Pembelajaran 1

Pengayaan
• Apabila mempunyai waktu, siswa sanggup melaksanakan wawancara sederhana dengan sahabat lintas kelas atau dengan guru-guru di sekolah, perihal pengalaman sikap saling menghargai ketika melaksanakan kerjasama dengan sahabat yang mempunyai kemampuan berbeda.

Remedial
• Siswa yang belum memahami manfaat alat-alat indera pendengaran, sanggup diberikan sumber bacaan yang dilengkapi gambar. Siswa dimotivasi untuk membaca dengan teliti. Siswa sanggup mengerjakan latihan tertulis (kuis, pertanyaan essay) terkait bahan yang belum dipahami.





Sumber http://aqdaffa.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 2 Pembelajaran 3"

Posting Komentar