Penggunaan Dan Manfaat Fungisida Mankozeb

Fungisida Mankozeb – Dalam dunia pertanian banyak sekali ditemukan duduk masalah yang berkaitan dengan hama yang menyerang tanaman. Selain itu, terdapat pula jamur yang sanggup menyebabkan penyakit. Salah satu cara untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh jamur yaitu dengan dilakukannya fungisida atau pembasmian jamur.

Fungisida sendiri merupakan sejenis pestisida yang pembuatannya dikhususkan untuk mengendalikan, membunuh, serta menghambat ataupun mencegah jamur dan cendawan patogen penyebab penyakit pada tanaman. Bentuk dari pestisida ini bermacam-macam, ada yang bentuknya tepung, ada yang cair, gas, bahkan ada juga berupa butiran. Lazimnya, fungisida yang berbentuk tepung dan cair lah yang menjadi fungisida paling banyak digunakan oleh para petani.

Penggunaan fungisida dilakukan dengan cara melaksanakan penyemprotan eksklusif ke tanaman. Bisa juga dengan injeksi batang, pengocoran pada akar, ataupun dengan cara perendaman benih dan pengasapan.

Dari semua jenis fungisida, materi aktif yang paling digunakan oleh petani untuk mengendalikan penyakit jamur pada tumbuhan yaitu Mankozeb. Lalu apa itu Mankozeb dan mengapa keuntungannya begitu besar? Penasaran? Yuk, eksklusif saja simak ulasan wacana fungisida Mankozeb berikut ini!

Apa itu Mankozeb?

Bahan aktif mankozeb pertama kali dikenalkan pada tahun 1961 oleh Rohm, Hass dan Du Pont dengan nama dagang Mancozeb dan Manzate. Dalam penggolongan FRAC alias Fungicide Resistance Action Committee, materi ini masuk dalam kategori golongan M3.

Golongan M3 merupakan kategori Ditio-Karbamat, yakni kelompok yang bereaksi dan menginaktivasi kelompok sullfihidril asam amino dan enzim sel jamur. Kegunaannya terang untuk mengganggu metabolisme lipid, respirasi, dan produksi dari kelompok adenosin trifosfat.

Mancozeb merupakan campuran antara Maneb dan Zink yang mempunyai keunggulan masing-masing sehingga bisa membasmi aneka macam jamur patogen. Bahan aktif dari Mankozeb yaitu terdiri dari Mangan 16%, Zink 2%, dan 62% ethylenebisdithio carbamat/mangan, ethylenebisdithio carbamat plus non zink.

Fungisida dengan materi aktif mankozeb ini berbentuk tepung dan berwarna kuning dan tidak sanggup digunakan secara eksklusif untuk mengendalikan penyakit tanaman. Mankozeb harus dilarutkan dengan air terlebih dahulu semoga membentuk suspensi sehingga sanggup bekerja sesuai dengan fungsinya.

Mankozeb sendiri sejatinya tidak sanggup larut dalam air, melainkan hanya tercampur saja oleh alasannya yaitu itu dikala penyemprotannya tangki sprayer harus sering diaduk atau digoyang-goyang. Bisa juga dengan menambahkan perekat semoga penggunaannya lebih efektif mengendalikan hama sasaran.

Mankozeb biasanya dianggap sebagai kelompok fungisida dengan resiko rendah tanpa adanya gejala resistensi. Mankozeb sanggup juga digunakan untuk mengendalikan aneka macam jenis penyakit tumbuhan yang disebabkan oleh jamur lantaran mankozeb bekerja secara kontak pada aneka macam target.

Bahan aktif mankozeb ini juga anggun digunakan pada proses perbanyakan tumbuhan dengan metode stek yang mengendalikan penyakit  jamur sehingga sanggup menghindari tumbuhan menjadi amis dan meningkatkan keberhasilan perbanyakan tanaman.

Banyak sekali nama merek dagang fungisida materi aktif mankozeb yang ada di Indonesia, baik yang berbahan aktif tunggal maupun ganda.

 banyak sekali ditemukan duduk masalah yang berkaitan dengan hama yang menyerang tumbuhan Penggunaan dan Manfaat Fungisida Mankozeb
Merk Dagang Fungisida Mankozeb

Merk Dagang Fungisida Mankozeb

Fungisida berbahan aktif mankozeb biasanya diproduksi dalam bentuk tepung dengan formulasai Water Powder atau WP. Ingin tahu apa saja brand dagang fungisida satu ini? yuk, mari kita simak beberapa brand dagang fungisida Mankozeb berikut ini!

No

Merk Dagang

Produsen

1 ACTOZEB 80 WP PT Agro Mulia Sahabat Sejahtera
2 AMCOZEB 80 WP PT Adil Makmur Fajar
3 ANTRAZEB 80 WP PT Tani Agro Sejahtera
4 BIG-ZEB 82 WP PT Persada Agro Sukses
5 BRILLIANT 72 WP PT Agricon
6 BUZZETE 8/64 WP PT Inti Everspring Indonesia
7 CADILAC 80 WP PT Biotis Agrindo
8 DACOZEB 80 WP PT Surat Tani
9 DKSTARZEB 80 WP PT Danken Indonesia
10 ENVOY 80 WP PT Nufarm Indonesia
11 GRANDZEB 80 WP PT Mekar Warna Sari
12 HI-ZEB 80 WP PT Persada Agro Sukses
13 MANTEAU 80 WP PT Mio Life Sciences Indonesia
14 METAZEB 80 WP PT Petrokimia Kayaku
15 MILOR 72 WP PT Rotam Indonesia
16 POLITHANE 80 WP PT Duta Polykem Indo
17 POLYZEB 80 WP PT Putrisari Kimianusa
18 QIUTANE 80 WP PT Agromanna Jaya Lestari
19 RABAN 80 WP PT Remaja Bangun Kencana Chemicals
20 ROTAZEB 80 WP PT Rotam Indonesia
17 POLYZEB 80 WP PT Putrisari Kimianusa
18 QIUTANE 80 WP PT Agromanna Jaya Lestari
19 RABAN 80 WP PT Remaja Bangun Kencana Chemicals
20 ROTAZEB 80 WP PT Rotam Indonesia
21 TAFT 75 WP CV Saprotan Utama
22 TRIDEX 80 WP PT UPL Indonesia
23 VICTAR 80 WP PT Tanindo Intertraco
24 VICTORY 75 WP PT Multi Sarana Indotani

Baca juga: Cara Mencampur Pestisida yang Benar Berdasarkan Jenisnya

Apa Saja Kegunaan Fungisida Mankozeb?

Fungisida materi aktif mankozeb bekerja dengan cara kontak yaitu hanya bekerja pada cuilan yang terkena semprotan saja atau pada cuilan yang kontak eksklusif dengan larutan fungisida saja. Fungisida kontak tidak bisa menembus jaringan tumbuhan dan tidak bisa didistribusikan di dalam jaringan tanaman.

Fungisida ini sanggup digunakan pada banyak sasaran sehingga fungisida ini sanggup digunakan untuk memberantas aneka macam jenis penyakit tumbuhan yang disebabkan oleh jamur.

Beberapa penyakit yang diksebabkan oleh jamur yang sanggup dikendalikan oleh mankozeb diantaranya yaitu amis daun, amis buah, cacar daun, gugur daun, bercak daun, bercak ungu, mopog, karat daun, dan amis batang.

Berikut ini beberapa kegunaan dan manfaat fungisida mankozeb, yaitu

  • Mengendalikan penyakit patek/busuk kering pada buah cabe yang terjangkit penyakit Antraknosa yang disebabkan oleh  jamur Colletotrichum capsici,
  • Mengendalikan penyakit amis daun teh yang disebabkan oleh Cylindrocladium scoparium Hawley,
  • Mengendalikan penyakit antraknosa pada bawang merah,
  • Mengendalikan penyakit amis daun tomat akhir jamur Phytophtora infestans
  • Mengendalikan penyakit amis pada kubis lantaran serangan jamur Erwinia corotovora.

Artikel terkait: Cara Pengendalian Antraknosa pada Cabai yang Benar

Mankozeb banyak digunakan oleh petani terutama dikala ekspresi dominan penghujan, lantaran jamur berkembang pesat dikala ekspresi dominan penghujan. Oleh lantaran itu, pemilihan materi aktif yang sempurna perlu dilakukan untuk pengendalian hama atau penyakit tanaman.

 banyak sekali ditemukan duduk masalah yang berkaitan dengan hama yang menyerang tumbuhan Penggunaan dan Manfaat Fungisida Mankozeb
Penyakit Tanaman

Penyakit Sasaran Fungisida Mankozeb

Namun perlu diperhatikan juga bahwa penggunaan materi aktif yang salah sanggup berdampak jelek bagi tumbuhan dan bahkan terhadap lingkungan. Berikut ada beberapa daftar penyakit sasaran dari materi aktif mankozeb. Check this out!

Tanaman

Hama Sasaran

Krisan Penyakit amis pangkal batan, penyakit karat
Mangga Penyakit antraknosa
Padi Penyakit bercak daun, Penyakit amis pelepah, Penyakit bercak coklat
Rosela Penyakit amis kaki
Kina Penyakit Busuk/mopog
Cabai Merah Penyakit bercak daun, Penyakit antraknosa buah
Bawang Putih Penyakit bercak ungu
Bawang Daun Penyakit bercak ungu
Bawang Merah Penyakit bercak ungu
Apel Penyakit embun tepung, Penyakit bercak daun
Kopi Penyakit karat daun, penyakit bercak daun
Anggrek Penyakit barcak daun, Penyakit amis hitam
Kentang Penyakit amis daun
Anggur Penyakit embun tepung
Jeruk Penyakit tepung
Cengkeh Penyakit cacar daun
Tembakau Penyakit rebah batang, Penyakit amis pelepah
Tomat Penyakit amis daun
Kacang Panjang Penyakit karat
Kelapa Sawit Penyakit bercak daun coklat
Kubis Penyakit rebah/mati bibit, Penyakit bercak daun

Demikianlah beberapa info mengenai fungisida Mankozeb. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang membutuhkan dan selamat mencoba!

Artikel terkait: Cara Pencegahan dan Pengendalian Antraknosa Pepaya


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penggunaan Dan Manfaat Fungisida Mankozeb"

Posting Komentar