Panduan Memasukkan Template Queue Tree Mikrotik Di Cacti




Karena ketika ini saya sedang asyik mengoprek cacti untuk aplikasi monitoring , makanya tulisan-tulisan ini banyak membahas wacana cacti juga. Masih berlanjut dari goresan pena sebelumnya:
Maka di tutorial kali ini saya akan mencoba menuliskan bagaimana mengkonfigurasi cacti biar sanggup dipakai untuk memonitor queue tree di mikrotik. Apa itu queue tree? Queue Tree yaitu fitur di Mikrotik yang dipakai untuk memanajemen bandwidth.



Fitur ini bekerjsama tidak jauh berbeda dengan HTB (hierarchical token bucket) yang pernah saya tulis di tutorial sebelumnya yang berjudul:


Hanya saja pengaturan bandwidth queue tree ini ada di Mikrotik. Sebenarnya saya ingin tau alasannya di mikrotik juga ada fitur graph (mirip MRTG), tetapi fitur graph ini hanya sanggup diaplikasikan di fitur simple queue. Maka saya mencari alternatif untuk memonitoring queue tree ini lewat aplikasi cacti. Nha biar aplikasi cacti ini sanggup memonitor trafik dari queue tree, yang perlu saya lakukan untuk menambah template queue tree. Template ini sanggup di d0wnl0ad di link ini.

Setelah itu, saya ekstract dan di dalamnya terdapat 3 folder yaitu:
  • resource
  • scripts, dan
  • template
silakan upload folder scripts dan folder resource yang tadi di di d0wnl0ad ke dalam folder /usr/share/cacti/ di dalam server cacti. Kemudian saya login ke aplikasi cacti, klik sajian import template:


kemudian akan muncul halaman upload template menyerupai di bawah ini:


kemudian silakan upload template cacti_host_template_mikrotik.xml yang ada di dalam folder template dari d0wnl0adn tadi. Kemudian klik import. Jika berhasil mengimport template tersebut, maka akan ada notifikasi yang menyerupai dengan gambar di bawah:


Jika sudah begitu berarti anda berhasil menambah template sebelum kita melaksanakan konfigurasi untuk menciptakan monitoring queue tree pada mikrotik memakai cacti. Selamat mencoba dan nantikan tutorial selanjutnya yaitu konfigurasi cacti untuk monitoring administrasi bandwidth dengan queue tree mikrotik.

Sumber http://www.newbienote.com/

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Memasukkan Template Queue Tree Mikrotik Di Cacti"

Posting Komentar