Kerja Tidak Sesuai Jurusan Itu Sia-Sia

Well, jurusan seringkali menjadi pertimbangan saat memikirkan perjalanan karir ke depannya. Beberapa tahun menjalani proses kuliah, lulus, kemudian mendapatkan ijazah, niscaya ada saja orang yang kerja tidak sesuai jurusan ketika kuliah. Tak jarang pula, job seeker melamar posisi yang tidak sesuai dengan ilmu yang ditekuni ketika kuliah. Ditambah dengan banyaknya lowongan yang tidak memperlihatkan syarat dari jurusan tertentu.

kerja tidak sesuai jurusan

Sebenarnya hal ini bukanlah menjadi permasalahan yang cukup serius kalau kau melihat dari sudut pandang positif. Apakah jurusan yang kau pilih memang sesuai passion-mu? Seringkali kita belum menemukan apa sesungguhnya passion kita.

Hey, ini bukan masalahmu sendiri kok. Banyak sekali di luar sana yang mengalami hal serupa. Kenapa hal ini bisa terjadi? Cari tahu dulu yuk penyebabnya!

 

Banyak pekerjaan gres mulai bermunculan

kerja tidak sesuai jurusan Foto: visualistan.com

Kemajuan teknologi juga sanggup membuat lapangan kerja. Misalnya, dulu jarang ada orang yang tahu wacana desain grafis. Nah, kini justru jurusan ini punya prospek kerja yang luas. Selain itu, coba lihat freelancer yang kerjanya bisa di rumah. Bagi orang dulu, freelance itu sama saja dengan orang yang kerjanya serabutan, luntang-lantung. Tapi jangan salah paham, bukan berarti penghasilannya tidak menjanjikan lho. Itu semua berkat kemajuan teknologi yang pesat.

 

Baru menemukan passion 

kerja tidak sesuai jurusan Foto: bamboocrowd.com
Banyaknya organisasi dan unit kegiatan mahasiswa di dingklik kuliah akan membuatmu mencoba banyak hal. Iseng ikut kegiatan A dan B, eh ternyata suka. Di saat-saat inilah biasanya kau gres menemukan hal apa yang membuat kau bersemangat sampai lupa waktu. Kesukaanmu ini belum tentu sejalan dengan jurusan yang kau pilih.

 

Lapangan pekerjaan yang tersedia tidak sesuai jurusan

Ketika hendak melamar pekerjaan, sering kau temui latar belakang pendidikan yang diharapkan tidak sesuai dengan jurusanmu. Sehingga, mau tidak mau kau memakai asas "Coba saja dulu." demi mendapat pekerjaan. Meskipun jobdesc-nya tidak sesuai dengan keinginanmu. 
kerja tidak sesuai jurusan Foto: visualistan.com
 
Seiring berjalannya waktu, semua yang kau pelajari niscaya berguna. Dunia kerja yang sesungguhnya mencari orang yang mempunyai pengalaman dengan kualitas terbaik. Meskipun jauh berbeda dari jurusan, yang penting kau mau berguru dan serius menekuninya.
 
 

Jika dilihat dari sisi positif, tetap ada manfaatnya kok. Apa saja?

Keluar dari zona nyaman

kerja tidak sesuai jurusan Foto: silktide.com

Dengan berani tetapkan untuk bekerja tidak sesuai jurusan, berarti kau melangkah keluar dari zona nyaman. Misalnya jurusan yang kau ambil ketika kuliah yaitu eksak, lalu profesi yang kau pilih yaitu dunia media. Tentu ilmu dasar yang kau miliki berbeda dengan pekerjaan. Kamu harus berguru lagi dari awal wacana semua hal yang terkait dengan pekerjaanmu. Tapi, justru kau akan merasa tertantang untuk survive dan membuatkan potensi lebih dalam.

 

Menemukan passion baru

kerja tidak sesuai jurusan Foto: tinderboxconsultants.com

Ini menjadi laba pertama yang kau dapatkan. Kenapa? Semakin banyak hal yang kau coba, semakin banyak juga pelajaran dan pengalaman yang kau dapatkan. Semangat juga terus terbaharui untuk melakukan kegiatan baru. Kamu bisa menggali potensi lebih dalam di banyak sekali bidang yang kau masuki. Bahkan, besar kemungkinan dari sanalah kau perlahan-lahan menemukan passion-mu. Siapa tahu, apa yang kau geluti kini mengantarmu menuju pintu kesuksesan, baik materi maupun kepuasan batin.

 

Adaptasi

Saat keluar dari zona nyaman, kau perlu menyesuaikan diri dengan segala hal yang ada. Untuk berhasil melaksanakan ini, kau harus bisa menyesuaikan diri dengan cepat. Menyerap segala ilmu dan skill ketika kuliah niscaya berbeda dengan dunia kerja. Untuk menjadi profesional, kau harus jadi fast learner. Kalau kau gampang beradaptasi, ke mana saja kau pergi nantinya, di bidang apa pun, tidak akan lagi kesulitan menyesuaikan diri.

 

Lebih banyak sobat lintas profesi

Tempatmu bekerja akan mengenalkanmu dengan banyak orang gres dengan bermacam-macam keahilan. Orang gres dari latar belakang yang berbeda denganmu akan memperlihatkan dongeng dan pengalaman baru. Kamu akan meraih semakin banyak pengetahuan tambahan, bukan? Selain itu, bisa banyak belajar secara praktik sekaligus memperluas jaringan. Misalnya kau gemar menulis dan ingin punya blog pribadi. Kamu bisa minta bantuan temanmu yang punya latar belakang pendidikan komputer untuk mengoptimasi blogmu. Kemudiaan, untuk desainnya, kau bisa minta tolong temanmu yang ilustrator atau desainer grafis. Semua akan berjalan lancar, asalkan kau gampang beradaptasi.

 

Memanfaatkan ilmu ketika kuliah 

kerja tidak sesuai jurusan Foto: noticias.universia

Bekerja di luar jurusan kuliah pun membuka kesempatan untuk kerja sampingan. Sehingga, ilmu yang kau sanggup ketika di dingklik kuliah tetap sanggup kau terapkan. Bahkan, mendapat penghasilan pemanis pula. Kamu bisa jadi freelancer. Misalnya, jadi guru privat. Kamu bisa membuat dasar pendidikanmu sebagai sesuatu yang bisa kau bagikan. Contoh, jadi guru privat komputer atau kimia, mungkin? Kamu bisa mendaftarkan dirimu sebagai guru privat di ruangguru.com. Selain bisa mengatur kegiatan sendiri, kau juga bisa mendapat penghasilan pemanis sampai 20 juta per bulannya lho. Kalau dari kerja sampingan sebagai guru privat saja kau bisa mendapat sebegitu besarnya, apalagi kalau ditambah dengan penghasilan utama? Ilmu selama kuliah terpakai, banyak skill terasah, dan penghasilan dua kali lipat. Siapa yang tidak tergiur?

 

Intinya, jangan pernah takut mencoba! Dari seluruh hal gres yang kau coba, pengalamanmu akan jauh lebih variatif. Banyaknya pengalaman coba sana-sini akan mengarahkan kau ke kehidupan yang lebih baik. Tapi bukan berarti kau asal menentukan jurusan ya. Tetaplah menentukan jurusan. Untuk lebih mengenal banyak sekali jurusan, coba kau baca di sini.

Ingat, masa depanmu ada di tanganmu. Jurusan dan almamater tidak bisa menjamin hidupmu akan sukses. Kerja lintas jurusan bukan duduk masalah berarti kok. Siapa tahu pekerjaanmu ini membuat kau lebih unggul dari sobat seprofesi?

Cheers!

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kerja Tidak Sesuai Jurusan Itu Sia-Sia"

Posting Komentar