Kamu Introvert Atau Ekstrovert? Inilah Beberapa Pekerjaan Yang Cocok Untuk Kepribadianmu!

Smart buddies, apakah kau pernah mengikuti tes kepribadian? Jika ya, mungkin kau sudah mengetahui tipe kepribadianmu menyerupai apa. Kamu juga tentunya sudah tahu apakah kau seseorang yang cenderung introvert atau ekstrovert.

Sebetulnya, apa yang dimaksud dengan introvert dan ekstrovert?Keduanya merupakan tipe kepribadian yang umum dimiliki oleh manusia. Nah, menurut kepribadian tersebut seseorang akan mempunyai pandangan dan cara yang berbeda dalam berinteraksi, mengambil keputusan, dan merespon kejadian-kejadian sosial di sekitarnya. Oleh alasannya ialah itu, tidak mengherankan apabila pekerjaan yang cocok untukmu bisa ditentukan melalui kepribadian yang kau miliki. Simak selengkapnya, yuk.

introvert

Seseorang yang mempunyai kepribadian introvert lebih suka menghabiskan waktu sendirian. Ia cenderung menutup diri dari lingkungan sekitarnya. Karakteristik lainnya dari seorang introvert ialah ia selalu berpikir matang-matang sebelum berbicara, kurang merasa nyaman berada di acara-acara sosial atau di tengah keramaian, dan lebih menyukai one on one interaction. Banyak orang salah mengartikan bahwa seorang introvert pastilah pemalu. Ternyata tidak juga, lho. Orang-orang yang introvert terlihat lebih pemalu lantaran selalu berpikir sebelum berbicara dibanding orang-orang ekstrovert yang bahagia mengutarakan pendapat secara spontan.

Berdasarkan karakteristik yang mereka miliki, para introvert akan lebih nyaman jikalau bekerja dalam kondisi yang damai dan mempunyai sedikit frekuensi untuk berinteraksi dengan orang lain. Berikut ini ialah contoh-contoh pekerjaan yang cocok jikalau kau ialah seorang introvert.

Akuntan

introvert dan ekstrovert Akuntan. (Sumber: wisegeek.com)

Jika kau introvert yang menyukai Matematika, akuntan bisa jadi pekerjaan yang membuatmu nyaman. Dengan menjadi seorang akuntan, kau akan lebih banyak berurusan dengan angka dibanding dengan orang. Kamu bertugas mengecek laporan keuangan suatu perusahaan dengan sangat teliti. Ada masa-masa tertentu nantinya di mana kau akan sangat disibukkan dengan pekerjaanmu sehingga kau bisa menghindar dari banyak bersosialisasi dengan orang lain.

Programmer komputer

introvert dan ekstrovert Programmer komputer. (Sumber: news.digipen.edu)

Bagi kau yang tertarik dengan teknologi, sebagai seorang introvert kau bisa menentukan bekerja sebagai programmer komputer. Dijamin, selama bekerja kau akan sibuk di belakang komputer menulis kode-kode pemrograman. Tugasmu ialah memastikan suatu aplikasi bekerja dengan baik sesuai fungsinya. Di kurun teknologi menyerupai kini ini, tentu profesi programmer komputer banyak dicari.

Desainer grafis

introvert dan ekstrovert Desainer grafis. (Sumber: allianceabroad.com)

Kreativitas dan talenta menggambar yang kau miliki sebagai introvert sanggup kau salurkan ke pekerjaanmu sebagai desainer grafis. Hari-harimu akan kau jalani di depan komputer sambil mendesain gambar-gambar untuk klienmu. Di awal proyek, kau mau tidak mau harus berinteraksi terlebih dahulu dengan klien yang kau miliki semoga hasil kerjamu baik. Namun, sesudah itu kau bisa bebas menyediri untuk menuntaskan pekerjaanmu.

Penerjemah

introvert dan ekstrovert Penerjemah. (Sumber: divergingpath.com)

Pekerjaan sebagai seorang penerjemah mungkin belum cukup terkenal di Indonesia. Namun, ke depannya akan semakin banyak diharapkan profesi penerjemah jawaban globalisasi. Jika kau seorang introvert yang suka sastra dan berguru bahasa, kau bisa menjadi seorang penerjemah. Kamu akan menerjemahkan dokumen dari suatu bahasa ke bahasa lain. Kamu juga bisa menciptakan subtitle untuk suatu film layar lebar, lho.

Manajer media sosial

introvert dan ekstrovert Manajer media sosial. (Sumber: sites.google.com)

Meski tidak menyukai berada di tengah keramaian, bukan berarti seorang introvert itu anti sosial, lho. Beberapa di antara mereka bisa berinteraksi lebih baik melalui media lain. Salah satunya media sosial. Sebagai manajer media sosial, kau akan berinteraksi secara virtual dengan para followers. Kamu juga merancang, mengatur, dan mempublikasikan konten-konten promosi dari daerah kau bekerja. Seru, kan?

introvert1

Orang-orang yang mempunyai kepribadian ekstrovert cenderung lebih terbuka terhadap lingkungan sekitarnya. Mereka suka beraktivitas sosial, gampang bosan jikalau menghabiskan waktu sendirian, dan suka bercerita. Meskipun mereka bahagia bercerita, tidak berarti mereka bukan pendengar yang baik, lho. Bahkan mereka bersama-sama bisa menciptakan orang lain yang sedang bercerita atau curhat kepada mereka merasa nyaman.

Seorang ekstrovert merasa nyaman jikalau bekerja dengan banyak orang, apalagi jikalau ia bekerja dalam tim. Ini beliau beberapa pekerjaan yang cocok untuk seorang ekstrovert.

Event planner

introvert dan ekstrovert Event planner. (Sumber: classiceventsinc.com)

Mengurus sebuah jadwal tentunya membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik. Kamu harus bisa berkoordinasi dengan banyak orang semoga sebuah jadwal bisa berjalan sesuai rencana. Kepribadian ekstrovert yang kau miliki akan membantumu bertahan di pekerjaan ini. Menjadi seorang event planner pastinya melelahkan, tapi kau akan merasa puas jikalau acaramu sukses dan dipuji banyak orang.

Guru

introvert dan ekstrovert Guru. (Sumber: usnews.com)

Profesi guru memungkinkan kau untuk berinteraksi dengan sangat banyak orang setiap harinya. Kamu akan bertatap muka dan berkomunikasi dengan para penerima didikmu. Tidak hanya banyak bercerita di depan kelas, seorang guru juga akan mendengarkan keluhan para siswanya. Jika kau belum cukup percaya diri untuk menjadi guru di sekolah, kau bisa mencoba menjadi guru privat terlebih dahulu.

Tenaga penjualan

introvert dan ekstrovert Tenaga penjualan. (Sumber: jenningswire.com)

Bekerja di bidang penjualan tidak melulu berarti kau harus berdagang suatu produk ke pembeli. Penjualan juga berarti kau perlu mengetahui karakteristik dari sasaran pasar yang kau miliki. Oleh alasannya ialah itu, kau harus sering berinteraksi dengan banyak orang untuk mengetahui produk menyerupai apa yang menarik bagi mereka. Pekerjaanmu nantinya tidak akan melulu di dalam ruangan, kau akan sering pergi keluar kantor. Dijamin, kau tidak akan pernah bosan.

Psikolog

introvert dan ekstrovert Psikolog. (Sumber: goodtherapy.org)

Seorang psikolog tentunya harus bisa menciptakan orang lain nyaman dikala menceritakan perasaan dan permasalahannya. Oleh alasannya ialah itu, orang-orang dengan kepribadian ekstrovert akan cocok jikalau berprofesi sebagai psikolog. Pekerjaan psikolog tidak selalu berafiliasi dengan pasien, lho. Apabila kau bekerja di perusahaan, kau akan berinteraksi dengan para pegawai. Kamu harus memahami kebutuhan mereka, mencarikan solusi atas permasalahan mereka, dan membantu mereka membuatkan karir.

Aktor atau aktris

introvert dan ekstrovert Aktris dan aktor. (Sumber: money.cnn.com)

Pernah bermimpi jadi selebriti? Bagi kau yang mempunyai kepribadian ekstrovert, profesi ini termasuk salah satu pekerjaan yang cocok untukmu. Aktor dan aktris tidak selalu harus berperan di sinetron, mereka juga bisa berperan di film layar lebar dan teater. Pekerjaan ini membutuhkan tingkat kepercayaan diri yang tinggi dan kau harus berani melaksanakan adegan-adegan yang tidak biasa.

Itu beliau pekerjaan-pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian yang kau miliki. Semua pekerjaan bersama-sama baik dan kau tentu bisa sukses di bidang apa pun yang kau minati. Namun, faktor kenyamanan juga bisa mensugesti kesuksesanmu. Semoga bermanfaat ya, smart buddies. Ceritakan pekerjaan impianmu yuk di kolom komentar. Bagikan juga artikel ini ke teman-temanmu, ya. (AZN/TN)

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kamu Introvert Atau Ekstrovert? Inilah Beberapa Pekerjaan Yang Cocok Untuk Kepribadianmu!"

Posting Komentar