Jurus Jitu Menaklukkan Unbk Smp Dan Sma

Ujian Nasional sebentar lagi! Bagaimana perasaanmu, Squad? Apakah sudah deg-degan dari sekarang? Apalagi buat yang akan melaksanakan UN Berbasis Komputer (UNBK), niscaya makin panik ya? Jangan takut! Meski ini ujian berbasis komputer sanggup dikatakan baru, tetapi bukan jadi alasan untuk menurunkan performa kau nanti ya! Kamu niscaya tetap bisa kok sukses di UNBK 2018 ini, asal tidak lupa untuk mempersiapkan jurus jitu untuk berhasil di ujian ini. Hal apa saja ya yang perlu dipersiapkan? Yuk, ikuti jurus jitu berikut ini! Be prepared!

1. Perhatikan tata cara pengerjaan soal UNBK 

UNBK Sekolah Menengah Pertama dan SMA Foto: kesekolah.com 

Saat ujian dulu kita terbiasa di atas kertas, tetapi kini sudah berubah dengan memakai komputer. Hal ini tentu akan ada prosedur yang berbeda dari ujian sebelumnya. Nah, biar kita lebih siap menghadapi ujian maka kita harus pelajari dengan baik juga nih tata cara pengerjaan soal UNBK!

Mungkin terdengar sepele, tetapi kalau kita sudah paham betul cara pengerjaannya maka kita tidak akan kebingungan lagi ketika pengerjaan. Tidak mau kan waktu mengerjakan soal UN nanti, waktu kau tersita hanya alasannya masih kagok? Jadi, yuk pelajari dulu demi pengerjaan yang lebih lancar!

2. Jadikan kisi-kisi SKL UNBK 2016 panduan belajar 

UNBK Sekolah Menengah Pertama dan SMA(Sumber: bsnp-indonesia.org) 

Supaya kau tidak tambah pusing dengan metode ujian yang baru, kemudian belum lagi harus persiapan belajarnya juga, coba deh pelajari kisi-kisi soal UN 2016 yang sudah disusun oleh tim Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP)! Dengan mencar ilmu dari situ, kita menjadi tahu apa saja yang menjadi Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan menjadi panduan apa saja yang harus dipelajari.

Jadi, tidak perlu pusing mencar ilmu semuanya dari awal tetapi sanggup merangkum dari materi apa saja yang diujikan. Belajar jadi lebih efektif deh! Untuk lebih lengkapnya sanggup klik link di bawah ini:

Kisi-kisi UNBK Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengan Atas Tahun Ajaran 2017/2018

3. Jangan khawatir berlebihan!

UNBK Sekolah Menengah Pertama dan SMA
(Sumber: radarjogja.co.id)

Mungkin alasannya memakai metode yang baru, maka kita jadi khawatir berlebihan. Seperti bagaimana kalau komputernya rusak? Atau koneksi internetnya yang lemot? Atau jangan-jangan tanggapan yang sudah dipilih tidak terbaca di sistem? Dan kekhawatiran lainnya.

Jangan khawatir ya! Dengan terlalu khawatir justru akan menghambat kita ketika mengerjakan soal alasannya sulit untuk fokus. Akibatnya, tidak mengerjakan dengan maksimal deh, hmm..

Well, daripada waktu kita habis untuk segala kecemasan yang kita rasakan, lebih baik dialokasikan untuk waktu belajar. Kalau kita sudah dibekali dengan penguasaan materi dan ulet berlatih, berdoa saja semuanya akan baik-baik saja dan lancar. Amin!

4. Jangan pernah lengah, selalu teliti setiap saat! 

UNBK Sekolah Menengah Pertama dan SMA(Sumber: jogja.tribunews.com)

Saat di ujian nanti, harus selalu teliti ya! Baca dengan seksama pertanyaan, maupun tanggapan yang dipilih. Tidak perlu terburu-buru, yang penting mengerjakannya perlahan namun niscaya sehingga lebih mantap! Kalau ada sisa waktu, sanggup juga dimanfaatkan untuk mengecek ulang jawabanmu kembali sehingga tidak ada yang terlewatkan.

Eits! Tetapi jangan lupa untuk mengisi dengan teliti ketika pengisian data diri kau ya! Pastikan sudah terisi semua dan sebisa mungkin hindari salah penulisan atau typo, hehe.

5. Maksimalkan persiapan dengan simulasi 

UNBK Sekolah Menengah Pertama dan SMA(Sumber: smpn1ska.sch.id)

UN berbasis komputer mungkin memang baru, tetapi bukan menjadi halangan untuk tetap sanggup berhasil di ujian yang akan datang. Cara yang terbaik untuk siap ketika mengerjakan soal nanti ialah dengan melaksanakan simulasi. Misalnya, ketika simulasi di sekolah, coba perhatikan sesi mencar ilmu ini dengan baik biar tidak ada yang kelupaan. Manfaatkan juga sebagai sarana bertanya kepada guru apabila ada hal yang masih kita bingung.

Kalau perlu latihan tambahan, kau juga sanggup coba sendiri di rumah dengan mencoba mengerjakan soal di internet. Dengan begitu, kau akan lebih terbiasa dengan ujian berbasis komputer ini. 

6. Cari solusi mencar ilmu yang solutif!

Screen Shot 2018-04-03 at 15.10.15
Mobile App Ruangguru

Meski untuk menghadapi ujian ini aktivitas kau semakin padat, maka harus arif untuk membagi waktu mencar ilmu nih! Tapi bagaimana kalau misalnya, ketika sedang mencar ilmu kau mengalami kesulitan? Padahal ujian semakin dekat, dan butuh solusi mencar ilmu yang cepat untuk bantu menguasai materi yang diujikan.

Tenang saja, Ruangguru punya solusi mencar ilmu untukmu! Melalui aplikasi Ruangguru, kau sanggup bertanya secara online dengan guru kami untuk bertanya mengenai soal. Nanti kau tinggal upload foto soal kemudian sanggup eksklusif berkonsultasi deh! Belajar jadi lebih gampang bukan?

New Call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jurus Jitu Menaklukkan Unbk Smp Dan Sma"

Posting Komentar