Tahun anutan gres akan segera tiba. Apakah Bapak dan Ibu guru sudah mulai mempersiapkan silabus atau rencana pembelajaran? Silabus setiap mata pelajaran berisikan komponen pokok yang sanggup menjawab kompetensi yang akan dikembangkan pada siswa, cara mengembangkannya, dan cara mengetahui bahwa kompetensi tersebut sudah dicapai oleh siswa. Berikut langkah-langkah untuk membuat silabus untuk membuat mencar ilmu efektif.
1. Perhatikan komponen silabus
Pada format silabus, terdapat 8 komponen yang harus diisi. Kedelapan komponen tersebut yaitu standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, aktivitas pembelajaran, indikator (penanda pencapaian kompetensi dasar), penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.
2. Petakan standar kompetensi dan kompetensi dasar
Ini merupakan langkah pertama dalam membuat silabus. Standar kompetensi yaitu seperangkat kompetensi yang harus dicapai siswa sebagai hasil belajarnya. Sedangkan kompetensi dasar yaitu rincian dari standar kompetensi , berisi pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang secara minimal harus dicapai siswa.
3. Pilih dan tentukan materi pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar
Dalam memilih materi pembelajaran, ada beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan. Hal-hal tersebut adalah:
- Potensi penerima didik
- Relevansi dengan karakteristik daerah
- Tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual penerima didik
- Kebermanfaatan bagi siswa
- Struktur keilmuan
- Aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran
- Relevansi dengan kebutuhan penerima didik dan tuntutan lingkungan
- Alokasi waktu
4. Merancang aktivitas pembelajaran
Buatlah aktivitas pembelajaran semenarik mungkin sehingga sanggup memotivasi siswa untuk terus belajar. Bapak/Ibu guru sanggup mencari tumpuan untuk metode aktivitas pembelajaran unik dan menarik lewat artikel ini.
5. Tentukan indikator pencapaian semoga lebih gampang merancang penilaian
Indikator merupakan penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan sikap yang sanggup diukur. Indikator tersebut sanggup meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Setiap kompetensi dasar dikembangkan sekurang-kurangnya menjadi 3 indikator.
6. Tentukanlah jenis penilaian
Penilaian dilakukan untuk mengkaji ketercapaian kompetensi dasar dan indikator oleh penerima didik. Alat evaluasi sanggup memakai tes tertulis, tes lisan, proyek, dan sebagainya. Sebaiknya, alat evaluasi yang dipakai betul-betul menguji pehamaman penerima didik, bukan sekadar hafalan.
7. Alokasikan waktu aktivitas pembelajaran
Alokasi waktu yang dicantumkan pada silabus yaitu asumsi waktu rata-rata bagi penerima didik untuk menguasai kompetensi dasar. Saat menentukan, yang perlu diperhatikan yaitu tingkat kesulitan, keluasan, dan tingkat kepentingan materi. Jangan lupa juga mengalokasikan waktu untuk tes/ulangan, remedial, dan cadangan.
8. Tentukanlah sumber mencar ilmu yang akan digunakan
Penentuan sumber mencar ilmu didasarkan pada standar kompetensi,kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, aktivitas pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi. Sumber mencar ilmu tidak harus berupa buku, tetapi sanggup juga website , video, dan sebagainya. Gunakanlah sumber mencar ilmu yang bervariatif semoga penerima didik tidak merasa bosan.
Itulah langkah-langkah dalam membuat silabus yang nantinya akan dipakai sebagai pola untuk aktivitas mencar ilmu di kelas. Semoga langkah-langkah yang Ruangguru berikan sanggup mempermudah Bapak dan Ibu guru, ya. (NF/DR)
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Ciptakan Mencar Ilmu Efektif Ala Guru Dengan Menciptakan Silabus Sendiri!"
Posting Komentar