Cara Minor Upgrade Laravel (Howto Install Maintenance Release)

Tahukah kau jikalau framework Laravel selalu rutin mengeluarkan mayor releasenya setiap 4-6 bulan sekali? Mayor release yakni peningkatan versi yang terdiri penambahan banyak sekali fitur dari si framework. Dalam satu tahun belakangan ini saat aku mencoba berguru aplikasi laravel dari versi 5.2, kini sudah mencapai 5.4.

Selain mengeluarkan mayor release, Laravel juga mengeluarkan minor release, alias maintenance version. Fungsi maintenance version ini yakni untuk memperbaiki bug-bug yang ada di dalam mayor release jadi berdasarkan aku penting untuk diinstall.

Berdasarkan website laravel-news.com per tanggal 11 April 2017 kemaren telah keluar laravel versi maintenance (5.4.18). Sedangkan yang aku gunakan yakni versi 5.4.9 (dari tutorial sebelumnya).

Pertanyaannya, bagaimana cara aku install maintenance version dari 5.4.9 ke 5.4.18?

Ternyata aku cukup menjalankan satu perintah saja, yaitu:

 composer update

sesudah itu, laravel akan segera mend0wnl0ad dan menginstall maintenance version-nya ke dalam aplikasi laravel sebelumnya, menyerupai yang terlihat pada gambar di bawah ini:


dan hasilnya, saat aku menjalankan perintah untuk melihat versi yang aku gunakan:

 php artisan --version

terlihat menyerupai berikut:


laravel aku sudah terinstall maintenance releasenya menjadi versi 5.4.18.

Selamat mencoba ya.
Sumber http://www.newbienote.com/

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Minor Upgrade Laravel (Howto Install Maintenance Release)"

Posting Komentar