Cara Merubah Port Jalan Masuk Web Server Apache Di Ubuntu Server


Maaf ya, kini sudah agak jarang update tutorial, dikarenakan kesibukan yang tidak dapat ditunda, kali ini aku akan membahas bagaimana merubah port jalan masuk web server Apache versi 2 di Ubuntu Server. Secara default port web server Apache versi 2 ini akan berjalan di port 80. Nha di tutorial ini aku akan mencoba merubahnya ke port yang lain. Tujuannya? misalkan anda mempunyai multi web server di dalam satu mesin, anda dapat melaksanakan perubahan ini sehingga tidak terjadi bentrok.

Berikut langkah langkahnya:

sebelum aku rubah port akses-nya, aku scan dulu untuk melihat di port mana web server berjalan dengan perintah:

 nmap localhost

berikut hasilnya:



dari gambar di atas terlihat bahwa web server apache berjalan di port 80.

Berikut langkah untuk merubahnya, aku akan buka konfigurasi web server apache dengan perintah:

 sudo vim /etc/apache2/ports.conf

kemudian ubah bagian:

 Listen 80

menjadi:

 Listen 8080

sehabis itu restart dengan perintah:

 sudo service apache2 restart

kini aku akan coba scan port mesin web server dengan perintah:

 nmap localhost

berikut hasil port scannernya:


dari hasil pada tampilan di atas terlihat bahwa web server apache sudah dapat diakses melalui port 8080 (pemindahan port jalan masuk berhasil). Selamat mencoba ya :-)


Sumber http://www.newbienote.com/

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Merubah Port Jalan Masuk Web Server Apache Di Ubuntu Server"

Posting Komentar