Cara Melihat Versi Kernel Yang Dipakai Di Ubuntu


Tahukah kau bahwa setiap sistem operasi linux membutuhkan kernel system? Kernel system di Linux merupakan core system operasi alasannya berfungsi untuk menjembatani antara perangkat keras dengan perangkat lunak (antar muka) yang kita gunakan. 

Kernel sendiri dikembangkan oleh komunitas dan merupakan proyek opensource terbesar di Linux. Pengembangannya hingga kini terus berjalan untuk memperbaiki lubang-lubang keamanan dan bug yang mungkin ada. Karena statusnya yang terus dikembangkan, maka setiap sistem operasi akan selalu melaksanakan update atau upgrade kernel saat keluar versi terbarunya. 

Lalu bagaimana cara kita melihat versi kernel yang kita gunakan? kita dapat buka terminal kemudian menjalankan perintah di bawah melalui terminal:

 uname -r

berikut hasilnya:


dari situ kita dapat melihat bahwa sistem linux Ubuntu yang aku gunakan memakai kernel versi 4.4.0-66. Jika aku ingin melihat data lengkap kernal yang aku gunakan di Ubuntu, maka aku tinggal menjalankan perintah:

 uname -a

berikut hasilnya:


gampang bukan, Jika anda ingin melihat perkembangan kernel, anda dapat mengunjungi laman kernel.org, sejauh saat aku menulis tutorial ini perkembangan kernel linux sudah mencapai versi 4.10. Silakan mencoba melihat versi kernel yang anda gunakan :-)

Sumber http://www.newbienote.com/

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Melihat Versi Kernel Yang Dipakai Di Ubuntu"

Posting Komentar