Cara Melaksanakan Pemijahan Ikan Mas Yang Benar

Pemijahan Ikan Mas – Pada lingkungan aslinya, ikan mas biasanya terpijah di awal isu terkini hujan. Proses pemijahannya pun juga dirangsang oleh kedaluwarsa tanah kering yang muncul akhir tersiram air hujan. Namun di lingkungan budidaya pembenihan, ikan mas sanggup dipijah sepanjang tahun tanpa mengenal musim.

Nah, pada kali ini, Sentrabudidaya akan membahas wacana bagaimana sih pemijahan ikan mas yang benar di ulasan dibawah ini. Check this out!

Persiapan Pemijahan Ikan Mas

Untuk persiapan pemijahan ikan mas, kau sanggup melalui beberapa tahapan dibawah ini, yakni mulai dari :

1. Mencari Indukan Matang Gonad

Indukan jantan dan betina memang harus dipelihara di kolam yang terpisah sebelum memasuki masa pijah. Pasalnya, hal ini untuk mempermudah pemeliharaan hingga indukan memasuki masa matang gonad, yakni masa subur atau siap melaksanakan pembuahan.

Secara umum, syarat indukan ikan mas betina yang sanggup dipijah yakni induk yang berbobot 2-3 kg dengan umur 1,5-2 tahun.

Sedangkan untuk ikan mas jantan, pada umumnya sanggup dipijah pada bobot badan 0,6 kg dengan rata-rata umur 10-12 bulan. Inilah yang membedakan antara indukan jantan dan betina, yakni jantan lebih cepat memasuki masa matang gonad.

 ikan mas biasanya terpijah di awal isu terkini hujan Cara Melakukan Pemijahan Ikan Mas yang Benar
Indukan Ikan Mas Matang Gonad

Ciri-ciri Indukan Ikan Mas Betina Matang Gonad

  • Adapun ciri-ciri indukan ikan betina yang sudah dalam masa matang gonad yakni perut bab bawahnya lunak, berbentuk buncit, serta membulat.
  • Alat genital ikan juga berwarna kemerahan dan mengembang dengan bab anus terlihat membengkak.
  • Jika anda lihat, maka pada bab anus terlihat menonjol menyerupai membengkak

Ciri-ciri Indukan Ikan Mas Jantan Matang Gonad

  • Sementara itu untuk indukan jantan, ciri masa matang gonad yakni perut bab bawah akan keluar sperma apabila ditekan.
  • Selain itu, ikan akan bertubuh lebih ramping dan lebih gesit dari biasanya.

2. Pemberokan Indukan Ikan

 ikan mas biasanya terpijah di awal isu terkini hujan Cara Melakukan Pemijahan Ikan Mas yang Benar
Pemberokan Indukan Ikan Mas via Youtubez

Setelah menentukan masa gonad, indukan baiknya dilakukan pemberokan terlebih dahulu sebelum dipijah. Pemberokan sendiri merupakan pemeliharaan indukan jantan dan betina dalam kolam yang terpisah dengan cara tidak diberi makan selama 1-2 hari lamanya.

Hal ini bukan bermaksud kejam, melainkan untuk menghilangkan lemak disekitar area kantong telur semoga pelepasan sel telur ketika memijah tidak terhambat.

Selain hal tersebut, pemberokan juga bertujuan semoga indukan sanggup menahan sementara keinginannya sehingga kala dipijah, mereka akan secara alamiah saling tertarik dan cepat melaksanakan pembuahan.

3. Menyiapkan Kolam Pemijahan

Untuk pemijahan ikan, kolam yang paling cocok yakni jenis kolam tanah. Namun diharapkan persiapan yang detail, yakni mulai dari penjemuran kolam dengan sinar matahari, pengolahan tanah, pengapuran, hingga pemupukan dan pengairan.

Untuk satu kilogram bobot indukan betina dibutuhkan sekitar 6 mluas kolam pemijahan. Kedalaman air juga harus diukur, yakni paling tidak sekitar 60-80 cm dalamnya.

 ikan mas biasanya terpijah di awal isu terkini hujan Cara Melakukan Pemijahan Ikan Mas yang Benar
Ilustrasi Kolam Pemijahan Ikan Mas

4. Pemberian Kakaban

Selain ketiga hal diatas, masa pemijahan ikan juga membutuhkan pemberian kakaban. Alat ini berfungsi untuk tempat ikan meletakkan telur-telur yang telah dibuahinya dalam masa pijah.

Kakaban sanggup dibentuk dari ijuk yang dijepit dengan bilah bambu dengan lebar umumnya sekitar 40 cm dan panjang sekitar 1-2 meter. Ijuk tersebut sanggup kau sisir rapi dengan sisir kawat dan dipaku dengan bilah bambu tersebut semoga menjepit dengan kuat.

Jangan lupa, berilah pemberat pada kakaban semoga tidak karam dalam air. Untuk masa pijah, per kg indukan membutuhkan kakaban dengan ukuran 40×100 cm sebanyak 5-6 buah.

Panduan Cara Pemijahan Ikan Mas

Pada umumnya, ada 2 cara pemijahan ikan mas, yaitu melalui proses alami dan melalui proses buatan. Proses alami tentu saja sanggup terjadi jikalau antar indukan mengawinkan diri dalam satu kolam, sedangkan proses buatan sanggup terjadi dengan derma manusia.

Bantuan disini maksudnya indukan betina diberi penyuntikan hipofisa dengan teknik pembuahan dilakukan secara in vitro. Namun biasanya cara alami lebih banyak dipakai peternak.

Penyuntikan hipofisa gres akan dilakukan jikalau ikan-ikan yang sudah dipilih sulit memijah. Tapi pada dasarnya, ikan mas merupakan salah satu jenis ikan yang gampang memijah.

Teknik pemijahan secara alami mempunyai aneka macam cara dengan kekhasan pada masing-masing kawasan penghasilnya. Salah satu cara pemijahan yang populer yakni teknik peternak Sunda yang ketika ini banyak dipakai para pembudidaya di wilayah Jawa Barat.

Selain cara Sunda tersebut, ada beberapa cara populer lain untuk memijahkan ikan mas, yakni cara Cimindi, Magek, Kantong, Rancapaku, Dubisch, hingga Hofer.

Dan untuk wilayah Indonesia biasanya mempunyai kekhasan tersendiri dalam memijahkan ikan mas. Nah, berikut ini ini cara pemijahan ikan mas dengan memakai metode orang Sunda, langkaj-langkahnya yaitu:

  • Ikat kakaban ijuk pada posisi melayang di dalam air sekitar 10-15 cm dari atas permukaan.
  • Setelah itu, kedua indukan dimasukkan bahu-membahu dengan perbandingan bobot antara betina dan jantan yakni 1:1 dan jumlah indukan yakni 2:1.
  • Kedua indukan ini biasa dilepas kala sore hari sehingga pemijahan akan berlangsung pada dini hari. Hal ini akan ditandai dengan ikan-ikan yang saling berkejaran dan adanya kedaluwarsa anyir yang menyelimuti air kolam.
  • Apabila sudah 24 jam, amatilah kakaban, apakah alat tersebut sudah dipenuhi telur yang melekat atau belum.
  • Apabila kakaban sudah berisi telur, maka goyang-goyangkan alat tersebut semoga higienis dari lumpur dan pindahkan pada kolam penetasan.

Penetasan Telur Ikan Mas

Kamu sanggup menyiapkan kolam ini sehari sebelum proses pemijahan dilakukan. Kolam penetasan ini sendiri sanggup kau buat dari kolam semen, sanggup juga dari akuarium, kolam fiber, atau kolam terpal.

Yang jelas, kolam harus dilengkapi dengan hapa semoga telur menetas sempurna. Hapa merupakan jaring halus yang mempunyai ukuran 1 mm.

Ukuran ini tentunya lebih kecil dari ukuran telur sehingga telur tidak akan kemana-mana. Kolam penetasan juga sebaiknya terlindung dari panas matahari yang berlebihan dan juga terhindar dari guyuran deras air hujan.

Sementara itu semoga jamur tidak sanggup tumbuh disana, silahkan beri methylen blue pada air kolam. Kamu juga sanggup memberinya pada kakaban dengan cara direndam lebih dulu pada air adonan methylen blue.

Jika hal tersebut sudah kau lakukan seluruhnya, maka kau tinggal tunggu telur menetas. Idealnya, telur akan menetas 1-3 hari di suhu 28-30oC. Telur yang telah menetas menjadi larva ini tidak usah diberi pakan.

Pasalnya, kuning telur pada larva masih membawa nutrisi. Barulah nanti sesudah berumur 2-3 hari, pakan sanggup kau berikan.

Salah satu jenis pakan yang sanggup diberikan untuk larva yakni kuning telur yang telah direbus dan dilumat dengan adonan satu liter air. Berilah pakan 2x sehari pada pagi dan sore hari.

Larva sanggup dipelihara hingga umur 1 ahad atau mencapai ukuran 1-2 cm dan dipindah ke kolam pendederan untuk memasuki proses pembesaran.

Jika sudah besar, gres deh kau sanggup memanen, menjual, atau malah memijahnya lagi untuk pembudidayaan yang selanjutnya.

Apapun itu, pertimbangkan langkah dengan matang alasannya yakni jikalau ikan dijual melewati masa 3 bulan, maka nilainya sudah tidak irit lagi dan malah menimbulkan kerugian. Jadi, pintar-pintar kita mengatur saja.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pemijahan Ikan Mas

Ada beberapa catatan penting yang sebaiknya anda perhatikan dalam pemijahan ikan mas, proses pemijahan sanggup berhasil, berikut ini diantaranya:

  • Pertama, anda harus memarikan bahwa dasar kolam tidak berlumpur, tidak bercadas.
  • Yang kedua, usahakan semoga kondisi air tidak terlalu keruh; kadar oksigen dalam air cukup; debit air cukup; dan suhu berkisar 25 derajat C.
  • Usahakan semoga ijuk atau kakaban tersedia, atau jikalau tidak ada juga, digantikan dengan tanaman air.
  • Pemberian masakan dengan kandungan protein 25%. Untuk pellet diberikan secara teratur 2 kali sehari (pagi dan sore hari) dengan dosis 2-4% dari jumlah berat induk ikan.

****

Bagaimana? Sudah cukup terang bukan? Semoga ulasan mengenai cara pemijahan ikan mas ini sanggup menjadi rujukan buat anda yang ingin memijahkan ikan mas sendiri.

Artikel terkait: Cara Ternak Ikan Nila Lengkap


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Melaksanakan Pemijahan Ikan Mas Yang Benar"

Posting Komentar