Technologue.id, Jakarta – Industri game di Indonesia potensinya luar biasa. Telkomsel berkomitmen mendorong perkembangan ekosistem digital, khususnya untuk eSports Indonesia.
Dukungan Telkomsel sebagai operator seluler terbesar di Indonesia pada industri game sudah dimulai semenjak 2009. Bisa dibilang Telkomsel, merupakan operator seluler pertama yang mendukung berkembangnya industri game di Indonesia. Anak perusahaan Telkom Group itu mendukung industri ini melalui banyak sekali aktivasi dan membangun komunitas game.
Mereka mengembangkan unit bisnis game ialah Dunia Games sebagai games marketplace portal pertama yang menawarkan wadah khusus bagi pecinta games dan esports di Indonesia untuk sanggup saling berinteraksi dan membuatkan pengetahuan di komunitas. Mengembangkan ekosistem eSports melalui Dunia Games, sejalan dengan sasaran audience perusahaan yang ingin menjangkau pengguna muda.
“eSports jadi cara terbaik menggaet millenial age customer, di range umur 18 hingga 35 tahun, alasannya mereka mulai punya daya beli. Kita tidak selalu menawarkan uang atau hadiah tapi bagaimana cara player punya wadah berkompetisi. Makanya kami berdiri Dunia Games, kami juga ingin mengubah value chain,” kata Rezaly S Afhany, Manager eSport Telkomsel, di program jumpa GeekTalk for gamers, di Jakarta, Sabtu (29/6/2019).
Telkomsel secara bergairah memanfaatkan momentum tren esports di Indonesia. Perusahaan rutin menggelar rangkaian kompetisi esports di bawah nama Dunia Games. Pertandingan game elektronik ini bertujuan tidak hanya merekrut bakat gamer dari kota besar saja, tapi juga luar Jawa.
“Tidak hanya di kota besar, tapi juga harus provide ke pelosok, misalnya menyerupai jaringan, banyak operator telco tidak membangun jaringan hingga ke Indonesia Timur. Untuk menyiasati hal itu, kita lakukan subsidi silang, begitu juga dengan eSport. Ada branch hingga ke Manokwari untuk menggelar turnamen kecil-kecilan secara rutin,” jelasnya.
Disebutkan selama ini, pemain esports kebanyakan berasal dari kota-kota besar menyerupai Pontianak, Palembang, Jambi, Bengkulu, Surabaya, dan Makasaar. Masih jarang mengambil player di Indonesia Bagian Timur.
Beralih ke bentuk pemberian dari sisi infrastruktur. Telkomsel juga akan terus meningkatkan kualitas jaringan broadband 4G LTE untuk memastikan layanan game online menerima jaringan yang sangat manis dengan kecepatan tinggi dan latensi yang rendah.
Sementara untuk memudahkan sistem pembayaran, Telkomsel memperkenalkan sistem gerbang pembayaran Direct Carrier Billing (DCB) untuk pembelian aplikasi dan konten digital. Pada tahun 2016, perusahaan mengembangkan paket data khusus Gamers yang dikenal sebagai GamesMax yang menawarkan banyak sekali kelebihan, di antaranya kuota khusus bermain games dan bonus voucher untuk banyak sekali pilihan title game.
Tren layanan ini didorong salah satunya oleh pertumbuhan industri mobile gaming yang merambah Indonesia. Masyarakat sanggup bermain game kapan saja dan di mana saja tanpa perlu tiba ke warnet atau mempunyai konsol permainan yang harganya masih relatif tinggi.
“Seiring fasilitas koneksi internet, peningkatan daya beli masyarakat, dan pertumbuhan device smartphone, maka mempercepat perubahan ekosistem,” ujar Rezaly.
Hingga sekarang Telkomsel mengklaim terdapat 60 juta pelanggannya telah memainkan mobile game di smartphone setiap bulan, di mana gres 12 persen yang merupakan pelanggan berbayar (paid user).
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Booming Esports, Telkomsel Seriusi Industri Game"
Posting Komentar