4 Jurusan Sekolah Tinggi Tinggi Paling Diminati Calon Mahasiswa Indonesia

Tidak terasa sebentar lagi SBMPTN 2016 akan segera diadakan. Banyak siswa sudah mulai menentukan jurusan kuliah mereka, mungkin termasuk kamu. Bisa jadi, jurusan pilihan kau termasuk ke dalam jurusan-jurusan favorit. Wah, berarti semakin ketat juga seleksi masuk ke jurusan-jurusan ini. Tapi apa saja sih alasan-alasan yang mengakibatkan beberapa jurusan ini diminati?

Teknik Informatika dan Komputer 

jurusan perguruan tinggi tinggi Foto: CNNIndonesia 

Jurusan ini paling banyak dipilih siswa di bidang Sains dan Teknologi. Terang saja, siswa menyerupai kau yaitu generasi ‘melek’ teknologi info alasannya yaitu tumbuh besar memakainya. Tidak heran jikalau teknologi besar lengan berkuasa dengan minat dan talenta generasi kamu. Di bidang Teknik Informatika dan Komputer, kau sanggup menciptakan aplikasi atau membangun bisnis teknologi harapan kamu. Belum lagi, tenaga andal dari jurusan ini masih banyak diharapkan di Indonesia.

Kalau kau mau tahu sanggup jadi apa sehabis kuliah Teknik Informatika, coba lihat William Tanuwijaya, pendiri Tokopedia. Ia pernah bekerja di banyak sekali perusahan software developer dan game developer sebelum merintis Tokopedia di tahun 2009 bersama salah satu rekannya. Dulunya, ia menghabiskan masa kuliah di jurusan Teknik Informatika Universitas Bina Nusantara.

Manajemen

jurusan perguruan tinggi tinggi Foto: Maicih.co.id

Jurusan administrasi paling banyak dipilih dari bidang Sosial dan Humaniora. Kalau kau menentukan jurusan ini, kau sanggup belajar cara-cara mengelola suatu bisnis dan banyak hal, menyerupai kepemimpinan, budaya organisasi, dan sikap konsumen. Jurusan Manajemen juga bekerjasama sama ilmu-ilmu lainnya, sehingga kau bakal jadi serba tahu lingkungan sekitar kamu. Selain itu, kau juga akan dilatih untuk pintar berkomunikasi dan mengikuti keadaan di lingkungan baru. Pokoknya banyak keuntungan, deh!

Lulusan Manajemen sanggup bekerja di mana saja, termasuk membangun bisnis sendiri. Pernah makan keripik pedas Maicih, nggak? Pendirinya yaitu Reza Nurhilman yang sempat kuliah Manajemen di Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia. Keripik ini sempat hits banget alasannya yaitu cara berjualan yang unik menggunakan media umum Twitter. Sekarang, keripik ini sanggup ditemukan di seluruh Indonesia.

Kedokteran 

jurusan perguruan tinggi tinggi Foto: Dream.co.id 

Jurusan ini masih menjadi salah satu favorit siswa dikala ini. Meskipun menempuh jurusan Kedokteran tidak mudah, jurusan ini bahwasanya layak untuk diperjuangkan, loh. Selain sanggup mengabdi kepada masyarakat, kau sanggup mendalami banyak hal alasannya yaitu cakupan kedokteran sangat luas. Kamu sanggup berguru ilmu gizi, ilmu gigi, hingga kedokteran hewan. Begitu lulus, kau sanggup bekerja di rumah sakit, departemen kesehatan yang ada di organisasi atau pemerintahan, hingga membuka klinik kau sendiri. Mau menjadi dosen atau peneliti? Bisa banget!

Meskipun persaingan masuk jurusan Kedoketeran terbilang ketat, jangan berkecil hati dulu. Bahkan dewasa usia 19 tahun saja sanggup lulus menjadi dokter. Dia yaitu Riana Helmi, lulusan Fakultas Kedokteran dari Universitas Gajah Mada. Selain tercacat dalam rekor MURI sebagai lulusan Kedokteran termuda, ia juga lulus dengan predikat cumlaude. Salut!

Akuntansi 

jurusan perguruan tinggi tinggi Foto: Tempo.com 

Jangan mengira jurusan Akuntansi hanya mempelajari wacana menghitung uang saja, guys. Di jurusan ini, kau bukan hanya berguru wacana ilmu akuntansi dan ilmu keuangan, tapi juga pengetahuan wacana dunia perekonomian hingga teknologi informasi. Tapi damai saja, kau tidak harus ‘jago’ di bidang matematika untuk masuk ke jurusan ini, cukup memahaminya saja.

Lapangan pekerjaan lulusan akuntansi juga luas, kok. Kamu sanggup menjadi dosen atau guru besar akuntansi yang dikala ini lagi diharapkan di Indonesia. Kamu juga sanggup bekerja di divisi keuangan perusahaan swasta maupun negeri, sanggup juga bekerja sendiri sebagai akuntan publik. Lihat saja mantan Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, Bapak Johnny Darmawan Danusasmita. Sebelumnya, Pak Johnny bekerja sebagai auditor di Price Waterhouse Cooper (PWC) Jakarta. Hmm, siapa bilang akuntan tidak sanggup menjadi pemimpin perusahaan?

Gimana, sudah tahu belum jurusan yang mau kau ambil di ujian SBMPTN 2016 nanti? Mau pilihan kau termasuk jurusan favorit menyerupai di atas atau tidak, pede saja sama pilihan kau ya! 

Yuk, persiapkan dirimu dari kini dengan berguru menggunakan ruangbelajar dari Ruangguru

New Call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Jurusan Sekolah Tinggi Tinggi Paling Diminati Calon Mahasiswa Indonesia"

Posting Komentar