Cara Mengendarai Mobil Matic – Keahlian nyetir kendaraan beroda empat memang sanggup dikatakan cukup praktis tapi dihentikan dianggap sepele. Pasalnya ketika anda menyetir kendaraan beroda empat matic di jalanan, maka semua kemungkinan mara ancaman akan muncul bila anda tidak waspada dan konsentrasi. Oleh alasannya itulah sangat penting untuk tahu cara mengendarai kendaraan beroda empat matic yang benar dan aman.
Cara mengemudi kendaraan beroda empat matic tidak sesulit mengendarai kendaraan beroda empat manual. Karena anda tidak perlu pusing atau konsen dengan pengaturan gigi mobil. Karena kemudahannya inilah yang menciptakan banyak orang, khususnya yang masih pemula menentukan mobil matic terbaru. Apalagi kini teknologi dan fitur yang ada di kendaraan beroda empat matic lebih canggih dan fitur keamanannya lebih lengkap. Sebelum anda berguru cara mengendarai kendaraan beroda empat matic, alangkah baiknya untuk tahu terlebih dahulu Persneling Mobil Matic.
Cara mengendarai kendaraan beroda empat matic yang perlu anda tahu terlebih dahulu yaitu istilah dan jumlah pedal yang dimilikinya. Pasalnya, kendaraan beroda empat matic berbeda dengan manual dari segi jumlah pedalnya. Kalau kendaraan beroda empat manual mempunyai 3 pedal, sedangkan kendaraan beroda empat matic hanya 2 pedal saja. Untuk lebih jelasnya mengenai cara mengendarai kendaraan beroda empat matic ini, silahkan anda simak warta lengkapnya dibawah ini.
Daftar Isi
- Cara Mengendarai Mobil Matic Dalam Segala Kondisi Untuk Pemula
- Istilah dan Fungsi Tuas-Tuas Mobil Matic
- Hal Penting Dalam Mengemudi Mobil Matic
- Cara Mengendarai Mobil Matic Aman dan Benar Khusus Pemula
- Cara Mengendarai Mobil Matic di Tanjakan Tajam
- Cara Mengendarai Mobil Matic di Turunan Tajam
- Cara Mengendarai Mobil Matic di Jalan Macet atau TOL
Cara Mengendarai Mobil Matic Dalam Segala Kondisi Untuk Pemula
Istilah dan Fungsi Tuas-Tuas Mobil Matic
- P (Park) : Tuas posisi parkir ini difungsikan ketika jalanan macet yang menciptakan kendaraan beroda empat berhenti selama 10 menit. Jika anda dalam kondisi macet yang menjadikan kendaraan beroda empat berhenti hingga waktu 10 menit lebih, pastikan tuas perseneling kendaraan beroda empat anda berada di posisi P.
- R (Return) : Tuas perseneling ini digunakan untuk mundur.
- N (Neutral) : Difungsikan untuk jalanan macet hingga berhenti yang menciptakan pengemudi tidak capek. Penting untuk dipahami kendaraan beroda empat dalam posisi N ini masih ada kemungkinan melaju. Makara pastikan anda memakai rem tangan bila ingin benar-benar kendaraan beroda empat berhenti atau tidak melaju lagi.
- D (Drive) : Tuas ini digunakan untuk maju, dimana pada tuas ini terdapat D1, D2, D3 yang fungsinya bergotong-royong sama mirip gigi pada kendaraan beroda empat manual. Untuk D1 ini lebih kami sarankan untuk anda gunakan dulu bila masih gres tahap berguru cara mengendarai kendaraan beroda empat matic
Hal Penting Dalam Mengemudi Mobil Matic
- Konsentrasilah ketika mengemudi kendaraan beroda empat matic kepada monitor yang terletak dibawah kemudi. Dimana monitor tersebut mengatakan kecepatan lari, posisi persenelling, lampu, materi bakar dan temperature mesin.
- Mobil matic kalau di tanjakan kemudian tiba-tiba mesinnya mati, maka kendaraan beroda empat matic tidak akan mundur jadi buat anda dan penumpang tetap untuk hening dan jangan panik
- Mobil matic lebih kondusif dan tidak meloncat ketika dalam posisi jalanan mancet kemudian mesin mati.
- Mobil matic tidak akan pernah menyala bila posisi persenelling tidak di posisi P. Hal ini digunakan untuk keamanan pengendara.
Cara Mengendarai Mobil Matic Aman dan Benar Khusus Pemula
- Pastikan terlebih dahulu tuas persenelling ada di posisi P
- Lalu injaklah pedal rem
- Baru sesudah itu menyalakan mesin
- Tunggu beberapa menit hingga mesin kendaraan beroda empat cukup atau agak panas
- Untuk melaju, silahkan pindahkan tuas ke D1 untuk maju ke depan
- Jika ingin mundur silahkan pindah tuasnya ke R, ingat ketika mundur posisi kaki anda dalam keadaan menginjak pedal rem
- Pelan-pelan dalam melepaskan pijakan rem dan sedikit-sedikit majulah
- Jika sudah paham silahkan untuk injak gas hingga kendaraan beroda empat melaju dengan kecepatan yang standar
- Kalau ingin meningkatkan kecepatan silahkan geser tuas perseneling dari D1 ke D2 atau ke D3.
- Penting untuk diingat, anda harus membiasakan posisi kaki menginjak pedal rem ketika menggeser tuas persenelling
Cara Mengendarai Mobil Matic di Tanjakan Tajam
Cara mengemudikan kendaraan beroda empat matic di tanjakan tajam yang kondusif dan benar sangatlah praktis untuk dipraktekkan. Anda hanya harus pahami dan rasakan kendaraan beroda empat matic anda sendiri. Selain itu anda juga harus pahami istilah tuas persenelling D dibawah ini.
- D1 ini menyerupai range gigi 1 yang berada di 0-30 kpj
- D2 ini menyerupai range gigi 2 yang berada di 40-50 kpj
- D3 ini menyerupai range gigi 3 yang berada di 60 kpj
- Pastikan sebelum anda akan melaju di tanjakan tajam, sebelumnya sudah mendapat kecepatan maksimal atau dikira-kira sesuai insting anda.
- Jika kendaraan beroda empat masih jauh dari tanjakan, maka pindahlah tuas D ke D2 semoga kendaraan beroda empat sudah siap untuk melaju di tanjakan
- Pastikan jangan memakai D3 kalau akan menaiki tanjakan
- Kalau mesin kendaraan beroda empat tiba-tiba mati atau tidak kuat, baiknya anda tetap hening alasannya kendaraan beroda empat matic anda tidak akan mundur dan aman
- Kurangi pemakaian AC bila kendaraan beroda empat matic anda mempunyai mesin berkapasitas 1000 cc
Cara Mengendarai Mobil Matic di Turunan Tajam
Mengendarai kendaraan beroda empat matic di turunan gampang-gampang susah. Gampang, bila anda sudah benar-benar memahami kecepatan kendaraan beroda empat anda. Susah bila anda masih kurang mendapat insting atau insting anda belum berpengaruh terhadap mesin kendaraan beroda empat anda.
- Pastikan posisi tuas D berada di D3 hal ini bertujuan untuk kecepatan kendaraan beroda empat tidak terlalu cepat
- Kaki harus berada bersahabat dengan pijakan rem,dan bila kecepatan kendaraan beroda empat anda sangat cepat cobalah untuk injak rem secara perlahan-lahan
- Anda harus jaga jarak terhadap kendaraan beroda empat di depannya
Cara Mengendarai Mobil Matic di Jalan Macet atau TOL
Mengendarai kendaraan beroda empat matic dalam kondisi macet atau jalan tol memang lebih praktis ketimbang berguru cara mengemudikan kendaraan beroda empat matic di tanjakan. Karena anda hanya butuh konsentrasi dan umumnya kesalahan yang sering dilakukan yaitu posisi mengendarai kendaraan beroda empat matic boros materi bakar. Meskipun kini aneka macam mobil hemat bbm, tapi tetap saja bila dalam kondisi macet atau di jalan tol posisi mengendarai kendaraan beroda empat anda tidak benar maka akan menciptakan bensin kendaraan beroda empat cepat habis.
- Pastikan di monitor kemudi fitur ECO menyala warna hijau
- Gunakan tuas D dengan cermat sesuai dengan kondisi jalan tol ketika itu
- Jika macet hingga 10 menit lebih, alangkah baiknya untuk pindahkan tuas ke posisi P
Itulah cara mengendarai kendaraan beroda empat matic dalam segala kondisi yang benar dan kondusif untuk pemula. Semoga dengan adanya warta ini, anda sanggup mengendarai kendaraan beroda empat matic dengan aman. Dan tentunya para penumpang kendaraan beroda empat yang anda supiri merasa hening dan nyaman.
Sumber https://www.otoflik.com
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "20 Cara Mengendarai Kendaraan Beroda Empat Matic Dalam Segala Kondisi Untuk Pemula"
Posting Komentar