SILABUS TEMATIK
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Kelas / Semester : I / 2
Tema 5 : Pengalamanku
Alokasi Waktu : 104 jam pelajaran
Kompetensi Inti :
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai pedoman agama yang dianutnya
2. Menunjukkan sikap jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga, dan negara
3. Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba menurut rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain
4. Menunjukkan keterampilan berfikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan sikap anak sesuai dengan tahap perkembangannya
Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/Bahan/Alat | |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | | | | | | | |
1.1 Menerima gambar (bintang segi lima, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas) pada lambang negara “Garuda Pancasila” 2.1 Bersikap positif terhadap gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila” 3.1 Memahami gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila 4.1 Menceritakan gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila” 1.2 Menunjukkan sikap mematuhi hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah 2.2 Melaksanakan hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah 3.2 Mengurutkan hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah 4.2 Melakukan kegiatan sesuai dengan hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah 1.3 Menerima keberagaman karakteristik individu di rumah 2.3 Bekerja sama dalam konteks kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah 3.3 Memahami keberagaman karakteristik individu di rumah 4.3 Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah 1.4 Menunjukkan sikap kerjasama dalam suasana keberagaman di rumah 2.4 Bekerjasama dalam keberagaman di rumah 3.4. Menggambarkan bentuk kerjasama dalam keberagaman di rumah 4.4 Menceritakan pengalaman kerjasama dalam keberagaman di rumah · | · Simbol sila sila Pancasila · Aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah · Keberagaman karakteristik budaya · Bentuk kerja sama | Subtema 1: Pengalaman Masa Kecilku (26 jam pelajaran) · Menyanyikan lagu perihal masa kecil · Mengamati foto masa kecil/pengalaman masa kecil · Menjawab pertanyaan perihal pengalaman masa kecil yang diingatnya · Menjawab pertanyaan perihal pengalaman yang bekerjasama dengan hukum di rumah ketika masih kecil (misalnya kisah dari ibu perihal makanan bayi, hukum perihal menjaga kesehatan semoga bayi atau anak kecil tidak sakit) · Tanya jawab tentang hal-hal yang harus dilakukan di rumah berkaitan dengan pengalaman masa kecil (misalnya ketika berguru di rumah) · Tanya jawab mekanisme gerak bertumpu dengan tangan dalam kegiatan senam lantai · Mempraktikkan gerak bertumpu dengan tangan dalam kegiatan senam lantai · Membuat pertanyaan dari foto masa kecil temannya/pengalaman masa kecil temannya · Menjawab pertanyaan dari sahabat perihal pengalaman masa kecil yang diingatnya · Mendengarkan kisah perihal duduk kasus masa kecil yang dialami temannya · Menulis ungkapan yang berisi permintaan secara tertulis berkaitan dengan teks Pengalaman Masa Kecil · Menentukan pola benda yang dimiliki siswa yang ada hubungannya dengan masa kecil, contohnya mainan rumah-rumahan · Menentukan jumlah benda-benda yang dimiliki siswa ketika masih kecil · Mendemontrasikan membilang secara urut bilangan 21 hingga 40 dengan tunjangan benda konkret (misalnya: meja, kursi, buku, dan lain-lain) · Tanya jawab banyak anggota suatu kumpulan objek dengan bilangan yang sempurna (21-40) · Tanya jawab perihal hal-hal yang harus dilakukan (misalnya ketika berguru di rumah) · Menyampaikan hukum di rumahnya masing-masing (misalnya perihal hukum berguru di rumah) · Tanya jawab perihal mekanisme gerak bergantung dalam kegiatan senam lantai · Mempraktikkan mekanisme gerak bergantung dalam kegiatan senam lantai · Menyanyikan lagu dengan memerhatikan berpengaruh lemah bunyi · Memperhatikan kisah guru/temannya menyerupai yang tertera pada gambar perihal pengalaman masa kecil · Mengungkapkan permintaan verbal berkaitan dengan gambar pengalaman masa kecil · Membuat pertanyaan perihal pengalaman masa kecil siswa kepada orang tuanya · Melakukan demonstrasi untuk mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan yang diberikan (21-40) · Berdiskusi untuk memasangkan bilangan (21-40) sesuai dengan banyak anggota kumpulan objek yang diberikan · Bermain tebak angka untuk mengenal lambang bilangan 21 hingga dengan 40 melalui kartu bilangan · Menceritakan pengalaman masa kecil siswa sesuai kisah orang tuanya · Mengamati gambar dan menceritakan dengan kalimat sendiri perihal hukum di rumah berkaitan dengan pengalaman masa kecil · Memilih dan menunjuk gambar yang sesuai dengan kisah perihal hukum di rumah berkaitan dengan pengalaman masa kecil · Secara bergantian menulis lambang bilangan 21 hingga dengan 40 dengan lengkap · Secara bergantian menuliskan nama bilangan 21 hingga dengan 40 Sub Tema 2: Pengalaman Bersama Teman (26 jam pelajaran) · Menirukan bacaan guru yang berkaitan dengan pengalaman bersama teman. · Mengidentifikasi kata minta maaf yang ada di teks · Menjawab pertanyaan perihal pentingnya minta maaf · Menceritakan teman-teman yang disayangi berkaitan dengan pengalaman masa kecil · Mengamati gerakan keseharian yang ada di lingkungan sekitar siswa (misalnya gerakan tumbuhan) · Memeragakan gerakan tumbuhan · Memeragakan gerakan tangan menyerupai gerakan tumbuhan · Tanya jawab perihal cara melakukan gerak keseimbangan dalam kegiatan senam lantai · Mempraktikkan mekanisme gerak keseimbangan dalam kegiatan senam lantai · Menirukan kalimat yang ada permintaan maaf pada percakapan guru dengan siswa dan antara siswa dengan siswa · Memeragakan kalimat permintaan maaf dalam percakapan · Mengamati gambar kegiatan siswa bersama teman · Menjawab pertanyaan yang bekerjasama dengan gambar yang ada ungkapan sayang kepada sahabat lisan · Mengucapkan terimakasih kepada teman, guru, orang tua, atau saudara · Mendemontrasikan nilai tempat ( satuan dan puluhan) bilangan terdiri dari dua angka dengan tunjangan benda konkret (bilangan 21-40) · Tanya jawab perihal cara melakukan gerak berpindah dalam kegiatan senam lantai · Mempraktikkan gerak berpindah dalam kegiatan senam lantai · Memerakan gerakan kaki untuk memperjelas gerakan tumbuhan · Memadukan gerakan tangan, kaki, dan kepala yang memperjelas gerakan tumbuhan · Menjawab pertanyaan yang bekerjasama dengan gambar yang ada ungkapan sayang kepada sahabat secara lisan · Menjawab pertanyaan yang bekerjasama dengan gambar yang ada ungkapan sayang kepada sahabat secara tertulis · Mendemontrasikan perihal kalimat kebanggaan kepada teman · Membuat kalimat dengan kata kebanggaan kepada teman · Menunjukkan letak bilangan satuan · Menunjukkan letak bilangan puluhan · Mengamati gambar perihal kegiatan siswa bersama teman · Mendengarkan kisah guru/teman yang berisi kata-kata ungkapan permintaan maaf · Mengungkapkan kembali kalimat minta maaf · Menuliskan bilangan terdiri dari dua angka ( 21-40) sesuai dengan nilai tempat · Meminta maaf jikalau berbuat salah atau mengganggu orang lain/teman Sub Tema 3: Pengalaman di Sekolah (26 jam pelajaran) · Mengamati gambar burung Garuda Pancasila · Mendengarkan guru membaca teks Pancasila · Menirukan guru membaca teks Pancasila · Membaca sila sila Pancasila · Menceritakan pengalaman berlibur bersama anggota keluarga kepada sahabat di sekolah · Menunjukkan kalimat permintaan pada kisah perihal pengalaman di sekolah yang ada kaitannya dengan sila sila Pancasila · Menentukan benda di lingkungan sekolah yang akan ditiru untuk dibentuk karya, contohnya bola · Menentukan materi lunak yang akan dipakai untuk menciptakan bola · Mengamati gerakan tolakan dalam senam lantai · Memperagakan gerakan tolakan dalam senam lantai · Menyebutkan kembali kalimat permintaan pada pengalaman di sekolah · Menuliskan kalimat permintaan sesuai dengan pengalaman di sekolah · Membandingkan banyak dua kumpulan benda dengan istilah lebih banyak, lebih sedikit atau sama banyak. (21-40) · Mengamati simbol sila sila Pancasila · Mengamati ciri-ciri simbol sila sila Pancasila · Menyebutkan ciri-ciri simbol sila sila Pancasila · Menceritakan pengalaman bersama teman-teman di sekolah (misalnya kegiatan berguru di taman sekitar sekolah, kegiatan pramuka) · Mendengarkan kisah guru yang terdapat simbol sila sila Pancasila · Menanggapi perihal ciri-ciri simbol sila sila Pancasila yang disebutkan temannya · Mengamati gerakan putaran dalam senam lantai · Memperagakan gerakan putaran dalam senam lantai · Tanya jawab perihal kalimat kebanggaan yang berkaitan dengam pengalaman di sekolah · Menuliskan kalimat kebanggaan yang berkaitan dengan pengalaman di sekolah · Membuat karya tiga dimensi dengan materi lunak berkaitan dengan tema (misalnya menciptakan patung) · Mengamati foto kenangan ketika melaksanakan kegiatan di sekolah · Menyebutkan kejadian pada foto tersebut · Mengungkapkan perasaan ketika kegiatan itu berlangsung menurut pertanyaan guru · Menggunakan istilah lebih dari, kurang dari, atau sama dengan · Membandingkan dua bilangan dengan istilah lebih dari, kurang dari, atau sama dengan(21-40) memakai benda konkret · Mengamati gambar perihal sila sila Pancasila · Menyebutkan pengalaman di sekolah yang sesuai dengan sila sila Pancasila · Menceritakan pengalaman berdiskusi bersama anggota keluarga kepada teman · Tanya jawab ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu · Membuat kalimat yang mengungkapkan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu · Melakukan operasi hitung penjumlahan dua bilangan dengan hasil maksimal 40 dengan teknik tanpa menyimpan dengan tunjangan benda konkret Sub Tema 4: Pengalaman yang Berkesan (26 jam pelajaran) · Mengidentifikasi kalimat ungkapan sayang sesuai dengan teks perihal pengalaman yang berkesan · Menceritakan pengalaman yang berkesan ketika melaksanakan kegiatan di rumah (misalnya membersihkan rumah bersama anggota keluarga) · Tanya jawab tentang pemanfaatan binatang dalam menciptakan karya kerajinan yang bekerjasama dengan pengalaman yang berkesan (bros kulit kerang, melukis kulit telur, kemoceng dari bulu ayam) · Tanya jawab tentang prosedur gerak ayunan dalam kegiatan senam lantai · Tanya jawab tentang prosedur gerak melayang dalam kegiatan senam lantai · Tanya jawab tentang prosedur gerak mendarat dalam kegiatan senam lantai · Mengungkapkan kembali-kalimat ungkapan sayang sesuai dengan teks perihal pengalaman yang berkesan secara lisan · Mengungkapkan kembali-kalimat ungkapan sayang sesuai dengan teks perihal pengalaman yang berkesan secara tertulis · Tanya jawab tentang masalah sehari-hari berkaitan dengan pengalaman yang berkesan yang melibatkan pengurangan (bilangan21-40) · Menceritakan pengalaman yang berkesan di keluarga (misalnya ketika ada anggota keluarga yang sakit) · Mempraktikkan gerak ayunan, melayang, mendarat dalam kegiatan senam lantai berkaitan dengan pengalaman yang berkesan · Melakukan percakapan dengan sahabat tentang ungkapan sayang sesuai dengan teks perihal pengalaman yang berkesan · Membuat karya kerajinan sesuai dengan pengalaman yang berkesan (bros kulit kerang, melukis kulit telur, kemoceng dari bulu ayam) · Mengungkapkan rasa sayang melalui puisi/syair berkaitan dengan pengalaman yang berkesan · Tanya jawab dengan sahabat perihal pengalaman yang berkesan yang menawarkan operasi pengurangan (bilangan 21-40) · Mencari hasil pengurangan dua bilangan dengan teknik tanpa meminjam dengan tunjangan benda konkret (bilangan21-40) berkaitan dengan pengalaman yang berkesan · Mendemontrasikan ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu berkaiatan dengan pengalaman yang berkesan · Menuliskan ungkapan sayang melalui puisi maupun lagu sesuai dengan pengalaman yang berkesan · Menceritakan pengalaman yang berkesan (misalnya ketika berbelanja bersama anggota keluarga) · Menyelesaikan kasus dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan pengurangan (bilangan 21-40) | | | | | |
Bahasa Indonesia | | | | | | | |
3.8 Memahami ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan memakai bahasa yang santun secara verbal dan goresan pena yang sanggup dibantu dengan kosakata bahasa daerah 4.8 Mengucapkan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan memakai bahasa yang santun kepada orang lain secara verbal dan tulis 3.11 Memahami puisi anak/syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan 4.11 Melisankan puisi anak atau syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) sebagai bentuk ungkapan diri · | · Ungkapan terima kasih · Ungkapan permintaan maaf · Ungkapan minta tolong · Ungkapan pujian · Ungkapan permintaan · Ungkapan pemberitahuan · Ungkapan perintah | | | | | ||
Matematika | | | | | | ||
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah hingga dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek 4.1 Menyajikan bilangan cacah hingga dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan 3.2 Menjelaskan bilangan hingga dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan memakai kumpulan benda konkret serta cara membacanya 4.2 Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ilham nilai tempat 3.3 Membandingkan dua bilangan hingga dua angka dengan memakai kumpulan benda-benda konkret 4.3 Mengurutkan bilangan 3.4 Menjelaskan dan melaksanakan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah hingga dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan 4.4 Menyelesaikan kasus kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah hingga dengan 99 · | · Bilangan Cacah · Bilangan 2 angka Lambang Bilangan | | | | | ||
SBDP | | | | | | ||
3.1 Mengenal karya ekspresi dua dan tiga dimensi 4.1 Membuat karya ekspresi dua dan tiga dimensi 3.2 Mengenal elemen musik melalui lagu 4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu 3.3 Mengenal gerak anggota badan melalui tari 4.3 Meragakan gerak anggota badan melalui tari 3.4 Mengenal materi alam dalam berkarya 4.4 Membuat karya dari materi alam · | · Ekspresi dua tiga dimensi · Elemen musik melalui lagu · Gerak anggota badan melalui tari · Karya seni materi alam | | | | | ||
PJOK | | | | | | ||
3.5 Memahami mekanisme banyak sekali pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam kegiatan senam lantai 4.5 Mempraktikkan banyak sekali pola gerak lebih banyak didominasi (bertumpu bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran ayunan, melayang, dan mendarat) dalam kegiatan senam lantai | Prosedur banyak sekali pola gerak dominan: · Gerak bertumpu dengan tangan · Gerak bergantung · Gerak ayunan · Gerak melayang Gerak mendarat | | | | |
Mengetahui Kepala Sekolah, ............................................... NIP. ........................................ | | .................., Januari 2019 Guru Kelas 1 ............................................... NIP. ........................................ |
Sumber http://aqdaffa.blogspot.com
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Silabus Tematik Kelas 1 Tema 5"
Posting Komentar