TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Nama Sekolah : SDN ..............................
Kelas / Semester : IV / 1
Mata Pelajaran : Matematika
Bab 1 : Pecahanan Senilai
KompetensiDasar | Indikator | MateriPokok | Kegiatan Pembelajaran |
3.1 Menjelaskan pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret. 4.1 Mengindetifikasi pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret. | 3.1.1 Menyebutkan unsur-unsur pecahan. 4.1.1 Menunjukkan bentuk pecahan dari suatu gambar atau model konkret. | Mengenal Pecahan | Guru memberi teladan yang berkaitan dengan pecahan Guru membimbing siswa menciptakan potongan kertas menjadi 8 bagian Guru membimbing siswa mengisi tabel 1.1 di buku siswa Siswa mengkomunikasikan hasil diskusi |
3.1 Menjelaskan pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret. 4.1 Mengindetifikasi pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret. | 3.1.2 Membandingkan pecahan. 4.1.2 Mengurutkan beberapa pecahan. | Menentukan Letak Pecahan pada Garis Bilangan | Mengelompokkan bilangan pecahan menurut penyebut yang sama Siswa menuliskan pecahan-pecahan tersebut pada garis bilangan menurut kelompoknya Mengurutkan pecahan-pecahan yang diberikan pada langkah-langkah acara 1.2 dari yang paling kecil hingga paling besar |
3.1 Menjelaskan pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret. 4.1 Mengindetifikasi pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret. | 3.1.3 Menjelaskan pecahan senilai dengan gambar dan model konkret. 4.1.3 Mengidentifikasi pecahan senilai dengan gambar dan model konkret. | Menentukan Pecahan Senilai | Menggambar 3 persegi panjang 8 cm dan lebar 1 cm Memotong persegi panjang tersebut 1. menjadi 2 bagian 2. menjadi 4 bagian 3. menjadi 8 bagian Membuat kesimpulan bahwa , dan merupakan pecahan-pecahan yang senilai |
Mengetahui, Kepala Sekolah ......................................... NIP. ................................. | ......................., 17 Juli 2017 Guru Kelas IV ......................................... NIP. ................................. |
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Nama Sekolah : SDN ................................
Kelas / Semester : IV / 1
Mata Pelajaran : Matematika
Bab2 : Bentuk-Bentuk Pecahan
KompetensiDasar | Indikator | MateriPokok | Kegiatan Pembelajaran |
3.2 Menjelaskan aneka macam bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya. 4.2 Mengindetifikasi aneka macam bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya. | 3.2.1 Menjelaskan hubungan antara pecahan biasa dan pecahan campuran. 4.2.1 Mengidentifikasi pecahan adonan dalam suatu permasalahan. | Mengubah Pecahan Biasa ke Pecahan Campuran | Bersama kelompok siswa memotong buah sama besar Menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada pada langkah 4 acara 2.1 Menarik kesimpulan perihal hubungan pecahan biasa dengan pecahan campuran Menyampaikan hasil kerja dihadapan guru dan teman-teman |
3.2 Menjelaskan aneka macam bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya. 4.2 Mengindetifikasi aneka macam bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya. | 3.2.2 Menjelaskan hubungan antara pecahan biasa dan pecahan desimal. 4.2.2 Mengidentifikasi bentuk desimal dalam suatu permasalahan. | Mengubah Pecahan Biasa ke Bentuk Desimal | Bersama kelompoknya siswa mencari buku di perpustakaan perihal meteri pecahan biasa dan pecahan yang berbentuk desimal Guru mengarashkan siswa untuk membaca dan memahami bahan yang diperoleh Melakukan penilaian perihal mengubah pecahan biasa ke bentuk desimal Membahas soal cerita |
3.2 Menjelaskan aneka macam bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya. 4.2 Mengindetifikasi aneka macam bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya. | 3.2.3 Menjelaskan hubungan antara pecahan biasa dan bentuk persen. 4.2.3 Mengidentifikasi bentuk persen dalam permasalahan. | Mengubah Pecahan Biasa ke Bentuk Persen | Mempelajari cara mengubah pecahan biasa ke bentuk persen Melakukan penilaian perihal mengubah pecahan biasa ke bentuk persen Membimbing siswa dalam menjelaskan permasalah diskon Siswa mempresentasikan perhitungannya |
Mengetahui, Kepala Sekolah ......................................... NIP. ................................. | ......................., 17 Juli 2017 Guru Kelas IV ......................................... NIP. ................................. |
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Nama Sekolah : SDN ..............................
Kelas / Semester : IV / 1
Mata Pelajaran : Matematika
Bab3 : Penaksiran Hasil Operasi Hitung
KompetensiDasar | Indikator | MateriPokok | Kegiatan Pembelajaran |
3.3 Menjelaskan dan melaksanakan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal. 4.3 Menyelesaikan duduk kasus penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal. | 3.3.1 Menentukan hasil operasi hitung. 4.3.1 Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi hitung | Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan | Siswa bekerjasama dengan kelompoknya dalam mendiskusikan perihal operasi hitung pada pecahan Menyampaikan hasil kerja kelompok Guru mendampingi siswa dalam menyusun langka-langkah penyelesaian permasalahan dengan rapi Melakukan evaluasi |
3.3 Menjelaskan dan melaksanakan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal. 4.3 Menyelesaikan duduk kasus penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal. | 3.3.2 Menjelaskan hukum perkalian antara dua buah pecahan. 4.3.2 Menerapkan hukum perkalian antara dua buah pecahan | Perkalian Pecahan, Pembagian, dan Membulatkan Bilangan | § Membimbing siswa dalam mempelajari perkalian dua bilangan pecahan § Mengadakan evaluasi § Membimbing siswa dalam mempelajari pembagian dua bilangan pecahan § Mengadakan evaluasi |
3.3 Menjelaskan dan melaksanakan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal. 4.3 Menyelesaikan duduk kasus penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal. | 3.3.3 Menentukan hasil taksiran dari suatu operasi hitung. 4.3.3 Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan penaksiran hasil operasi hitung. | Menaksir Hasil Operasi Hilang | Mendiskusikan hasil penaksiran biaya pembuatan taman Mengumpulkan jenis penaksiran yang paling mendekati biaya sesungguhnya Berdiskusi untuk menyimpulkan cara mencari taksiran terbaik Mebuliskan hasil diskusi pada selembar kertas dan di baca di depan kelas. |
Mengetahui, Kepala Sekolah ......................................... NIP. ................................. | ......................., 17 Juli 2017 Guru Kelas IV ......................................... NIP. ................................. |
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Nama Sekolah : SDN .....................................
Kelas / Semester : IV / 1
Mata Pelajaran : Matematika
Bab 4 : Kelipatan dan Faktor Bilangan Cacah
KompetensiDasar | Indikator | MateriPokok | Kegiatan Pembelajaran | |
3.4 Menjelaskan faktor dan kelipatan suatu bilangan. 4.4 Mengidentifikasi faktor dan keliptan suatu bilangan. | 3.4.1 Menjelasakan pengertian kelipatan bilangan. 4.4.1 Menunjukkan kelipatan bilangan dengan garis bilangan. | Kelipatan Bilangan Cacah | Dengan kelompoknya siswa menawarkan bilangan loncat Siswa menceritakan hasil kerja kelompoknya di depan kelas Siswa menawarkan bilangan loncat pada beberapa garis bilangan yang ada di langkah acara 2 Membuat kesimpulan mengenai bilangan-bilangan loncat | |
3.4 Menjelaskan faktor dan kelipatan suatu bilangan. 4.4 Mengidentifikasi faktor dan keliptan suatu bilangan. | 3.4.2 Menjelasakan pengertian faktor bilangan. 4.4.2 Menuliskan faktor bilangan dari suatu bilangan asli. | Faktor Bilangan | Mengamati tabel perkalian 1 hingga 10 pada tabel 4.1 Melengkapi tabel 4.1 Menyatakan bilangan 8,9,10 dan 12 dalam suatu perkalian dua atau lebih bilangan menurut tabel 4.1 |
Mengetahui, Kepala Sekolah ......................................... NIP. ................................. | ......................., 17 Juli 2017 Guru Kelas IV ......................................... NIP. ................................. |
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Nama Sekolah : SDN .......................................
Kelas / Semester : IV / 1
Mata Pelajaran : Matematika
Bab5 : Bilangan Prima
KompetensiDasar | Indikator | MateriPokok | Kegiatan Pembelajaran | |
3.5 Menjelaskan bilangan prima. 4.5 Mengindetifikasi bilangan prima. | 3.5.1 Menjelaskan sifat bilangan prima. 4.5.1 Memberikan teladan bilangan prima. | Pengertian Bilangan Prima | § Membuat tabel 5.1 mengisi dengan bilangan 1 hingga 100 § Bersama kelompoknya menandai kelipatan berkaitan dengan langkah acara 3 di acara 5.1 § Menentukan bilangan yang tersisa (yang tidak ditandai) § Mencari keistimewaan bilangan tersebut | |
3.5 Menjelaskan bilangan prima. 4.5 Mengindetifikasi bilangan prima. | 3.5.2 Menjelaskan Faktor Prima. 4.5.2 Menunjukkan faktor prima suatu bilangan. | Faktor Prima | Guru membimbing siswa dalam melengkapi tabel 5.3 Menemukan bilangan prima dari masing-masing faktor bilangan pada tabel 5.3 Menentukan bilangan prima dari masing-masing faktor bilangan Membuat kesimpulan mengenai pengertian faktor prima |
Mengetahui, Kepala Sekolah ......................................... NIP. ................................. | ......................., 17 Juli 2017 Guru Kelas IV ......................................... NIP. ................................. |
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Nama Sekolah : SDN ..................................
Kelas / Semester : IV / 1
Mata Pelajaran : Matematika
Bab6 : Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK)
KompetensiDasar | Indikator | MateriPokok | Kegiatan Pembelajaran |
3.6 Menjelaskan dan memilih faktor persekutuan, faktor komplotan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan komplotan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehiduoan sehari-hari. . 4.6 Menyelesaikan duduk kasus yang berkaitan dengan faktor persekutuan, faktor komplotan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan komplotan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehiduoan sehari-hari. | 3.6.1 Menjelaskan faktor komplotan dua bilangan. 4.6.1 Menyebutkan faktor komplotan dua bilangan. 3.6.2 Menentukan faktor komplotan terbesar dari dua bilangan atau lebih. 4.6.2 Menggunakan faktorisasi prima untuk memilih FPB dari beberapa bilangan. | Faktor Persekutuan Dua Bilangan Faktor Persekutuan Terbesar | Mengamati bilangan dan faktor-faktornya Menentukan faktor bilangan yang sama dari dua bilangan Menentukan KPK dari pasangan bilangan pada langkah acara 1 dengan menuliskan seluruh faktor prima pasangan bilangan tersebut |
3.6 Menjelaskan dan memilih faktor persekutuan, faktor komplotan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan komplotan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehiduoan sehari-hari. . 4.6 Menyelesaikan duduk kasus yang berkaitan dengan faktor persekutuan, faktor komplotan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan komplotan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehiduoan sehari-hari. | 3.6.3 Menjelaskan kelipatan komplotan dua bilangan 4.6.3 Menyebutkan kelipatan komplotan dua bilangan. 3.6.4 Menentukan kelipatan prsekutuan terkecil dari dua bilangan atau lebih. 4.6.4 Menggunakan faktorisasi prima untuk memilih KPK dari beberapa bilangan. | Kelipatan Persekutuan Dua Bilangan Kelipatan Persekutuan Terkecil | Menyelesaikan permasalahan yang diberikan bersama kelompok Menceritakan hasil kerja kelompok |
3.6 Menjelaskan dan memilih faktor persekutuan, faktor komplotan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan komplotan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehiduoan sehari-hari. . 4.6 Menyelesaikan duduk kasus yang berkaitan dengan faktor persekutuan, faktor komplotan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan komplotan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehiduoan sehari-hari. | 3.6.5 Menentukan penyelesaian duduk kasus yang berkaitan dengan FPB dan KPK. 4.6.5 Menggunakan FPB dan KPK dalam menuntaskan suatu duduk kasus nyata. | Hal yang Berkaitan dengan FPB dan KPK | § Menyelesaikan soal-soal latihan yang berafiliasi dengan FPB dan KPK |
Mengetahui, Kepala Sekolah ......................................... NIP. ................................. | ......................., 17 Juli 2017 Guru Kelas IV ......................................... NIP. ................................. |
Sumber http://aqdaffa.blogspot.com
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Silabus Mtk Kelas 4 Kurikulum 2013 Semester 1"
Posting Komentar