SILABUS
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Kelas / Semester : 4 / 2
Sub Tema 3 : Pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia
Alokasi waktu : 76 JP
Kompetensi Inti :
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai aliran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan sikap jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga, dan negara
3. Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan daerah bermain
4. Menunjukkan keterampilan berfikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan sikap anak sesuai dengan tahap perkembangannya
Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 1.2 Menerima kewajiban dan hak sebagai amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari 2.2 Menunjukkan sikap memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat 3.2 Memahami pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari 4.2 Melaksanakan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari | Pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari | | 3.2.1. Siswa sanggup memahami hak dan kewajiban terhadap lingkungan dengan penuh kepedulian 3.2.2.Siswa sanggup mengidentifikasi hak dan kewajiban terhadap lingkungan dengan penuh kepedulian 3.2.3. Siswa sanggup mengidentifikasi perilaku-perilaku yang menerangkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh kepedulian 3.2.4. Siswa sanggup menemukan pola sikap yang menerangkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh kepedulian 3.2.5 Siswa sanggup menerangkan akhir tidak dilaksankannya hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh kepedulian 3.2.6. Siswa sanggup menemukan pola sikap yang merusak lingkungan alam dengan penuh kepedulian | | | |
Bahasa Indonesia 3.3 Menggali gosip dari seorang tokoh melalui wawancara memakai daftar pertanyaan 4.3 Melaporkan hasil wawancara memakai kosa kata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis | Teks Nonfiksi | 3.3.1. Siswa membaca bacaan tentang perjuangan pelestarian kekayaan hayati binatang dan tanaman dengan kepedulian 3.3.2. Siswa mengetahui perjuangan pelestarian kekayaan hayati binatang dan tanaman dengan penuh kepedulian 3.3.3. siswa melaksanakan wawancara wacana usaha- perjuangan pelestarian lingkungan hidup dengan penuh kepedulian 3.3.4. Siswa melaksanakan wawancara wacana kerja bakti dan keuntungannya dengan penuh kepedulian 3.3.5. Siswa melaksanakan wawancara wacana bentuk-bentuk perjuangan pelestarian lingkungan alam dengan penuh kepedulian | | | | |
Matematika | · | | | | | |
Ilmu Pengetahuan Alam 3.5 Mengidentifikasi aneka macam sumber energi, perubahan bentuk energi dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, materi bakar organik dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari 4.5 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran gosip wacana aneka macam perubahan bentuk energi | Sumber Energi dan Perubahan Energi | 3.5.1. Siswa sanggup mengidentifikasi sumber daya alam yang bbisa dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif dengan penuh kepedulian 3.5.2. Siswa sanggup mengamati gambar usaha-usaha pelestarian sumber daya alam 3.5.3. Siswa sanggup mengidentifikasi usaha-usaha pelestarian sumber daya alam | | | | |
Ilmu Pengetahuan Sosial 3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten hingga tingkat provinsi 4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten hingga tingkat provinsi | · Letak dan luas kabupaten/ kota dan provinsi dalam peta · Kondisi/karakteristik alam (iklim, bentuk muka bumi, flora, fauna) · Kondisi kependudukan (jumlah, kepadatan, persebaran) · Kegiatan ekonomi dalam pemanfaatan sumber daya alam | 3.1.1. Siswa mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatannya sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/ kabupaten hingga tingkat propinsi 3.1.2. Siswa sanggup mengetahui wacana perjuangan pelestarian kekayaan hayati binatang dan tanaman dengan penuh kepedulian | | | | |
Seni Budaya dan Prakarya 3.2 Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada 4.2 Menyanyikan lagu dengan memperhatikan tempi dan tinggi rendah nada | · Tanda Tempo · Tinggi rendah nada | 3.2.1. Siswa sanggup menyanyikan lagu berjudul “Aku Cinta Lingkungan” dengan penuh percaya diri 3.2.2. Siswa sanggup menyanyi dengan memperhatikan nada dan tempo dengan penuh percaya diri 3.2.3. Siswa sanggup menyanyi lagu “Memandang Alam” dengan penuh percaya diri. 3.2.4. Siswa sanggup menyanyikan lagu “Memandang Alam” dengan memperhatikan ketepatan nada dan tempo dengan penuh percaya diri. | | | |
Sumber http://aqdaffa.blogspot.com
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Silabus Kelas 4 Tema 9 Sub Tema 3"
Posting Komentar