| RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 (Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016) |
Satuan Pendidikan : SDN 1 srati
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas /Semester : IV /Genap
Tahun Pelajaran : 2017/2018
Materi Pokok : Data dan Pengukuran
Alokasi Waktu : 12 JP (4 Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Selama dan sesudah mengikuti proses pembelajaran mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan penerima didik diharapkan sanggup
1. Memahami cara menafsirkan data dalam bentuk diagram batang
2. Mamahami cara membaca data dalam bentuk diagram batang
3. Memahami cara menciptakan data dengan memakai diagram batang
4. Memahami cara Menggunakan konsep diagram batang untuk menuntaskan duduk masalah dalam kehidupan sehari-hari
5. Menyajikan penyelesaian duduk masalah yang berkaitan dengan data dan pengukuran
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD) | Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
3.11 Menjelaskan data diri penerima didik dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang | 3.11.1 Menganalisis cara menafsirkan data yang disajikan dalam bentuk diagram batang 3.11.2 Menganalisis cara untuk membaca data dalam bentuk diagram batang 3.11.3 Menganalisis cara mambuat data dengan memakai diagram batang |
4.11 Membaca data diri penerima didik dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang | 4.11.1 Menggunakan konsep diagram batang untuk menuntaskan duduk masalah dalam kehidupan sehari-hari 4.11.2 Menyajikan penyelesaian duduk masalah yang berkaitan dengan data dan pengukuran |
C. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
Diagram batang
2. Konsep
Data yaitu keterangan yang benar dan nyata yang sanggup dijadikan dasar suatu kesimpulan.
3. Prinsip
Menganalisis cara menafsirkan data yang disajikan dalam bentuk diagram batang, Menganalisis cara untuk membaca data dalam bentuk diagram batang dan Menganalisis cara mambuat data dengan memakai diagram batang
4. Prosedur
a. Menggunakan konsep diagram batang untuk menuntaskan duduk masalah dalam kehidupan sehari-hari
b. Menyajikan penyelesaian duduk masalah yang berkaitan dengan data dan pengukuran
D. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
E. Media Pembelajaran
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang
F. Sumber Belajar
1. Buku Mata PelajaranMatematika Kelas IV SD Kurikulum 2013
2. Modul/bahan ajar,
3. Internet,
4. Sumber lain yang relevan
G. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 (3 x 35 menit ) | Waktu |
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi 1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran. (PPK: Religius) 2. Memeriksa kehadiran penerima didik. (PPK: Disiplin) 3. Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengawali acara pembelajaran. Apersepsi 1. Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, 2. Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. 3. Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi 1. Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. 2. Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: pengertian Data. 3. Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung 4. Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan 1. Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. 2. Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung 3. Pembagian kelompok belajar 4. Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 15 menit |
Kegiatan Inti Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Orientasi penerima didik kepada masalah | MENGAMATI Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik pengertian Datadengan cara : v Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/tabel berikut iniPengertian Data. v Mengamati Lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan penerima didik, dari media interaktif, dsb yang berafiliasi dengan:
v Membaca(Literasi) Dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung, materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi denganPengertian Data. v Mendengar pemberian materi oleh guru yang berkaitan denganPengertian Data. v Menyimak penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global wacana materi pelajaran mengenai : Pengertian Datauntuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
| Mengorganisasikan penerima didik | MENANYA (4C: CRITICAL THINKING) Guru memperlihatkan kesempatan pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, contohnya : v Mengajukan pertanyaantentang :Pengertian Datayang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi aksesori wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat.
| Membimbing penyelidikan individu dan kelompok | MENGUMPULKAN INFORMASI (LITERASI) Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Mengamati obyek/kejadian, v Membaca sumber lain selain buku teks (Literasi) mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel wacana Pengertian Data. v Mengumpulkan Informasi(4C: Collaboration) Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau acara lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaituPengertian Data. v Aktivitas 1. Peserta didik diminta untuk mengamati pengertian data pada acara mengamati 2. Peserta didik diminta untuk mengerjakan kiprah menciptakan sebuah data!
v Mempraktikan v Mendiskusikan(4C: Collaboration) v Saling Tukar Informasi (4C: Collaboration) Saling tukar informasi tentangPengertian Datadengan ditanggapi aktif oleh penerima didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.
| Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | MENGKOMUNIKASIKAN (4C: COMMUNICATION) Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan : 1. Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan 2. Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana :Pengertian Data. 3. Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan 4. Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan penerima didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. 5. Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis wacana Pengertian Data. 6. Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau lembar kerja yang telah disediakan. 7. Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. 8. Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
| Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah | MENGASOSIASIKAN (HOTS: REFLEKTIF) Peserta didik menganalisa masukan, jawaban dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: 1. Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan derma pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. 2. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Pengertian Data. 3. Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan: Pengertian Data.
| | 75 menit |
Catatan : Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan) |
|
Kegiatan Penutup Peserta didik : · Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan. · Melakukan refleksi terhadap acara yang sudah dilaksanakan.(HOTS: Reflektif) Guru : · Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek. · Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik · Merencanakan acara tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan). · Mengagendakan pekerjaan rumah. · Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya | 15 menit |
2. Pertemuan Ke-2 (3 x 35 menit ) | Waktu |
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi 1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran. (PPK: Spiritual) 2. Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak penerima didik untuk bernyanyibersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak penerima didikmenyanyikan lagu daerah/nasional yang sesuai dengan tema pelajaran. (PPK: Nasionalis) 3. Memeriksa kehadiran penerima didik.(PPK: Disiplin) 4. Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengawali acara pembelajaran. Apersepsi 1. Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya: Pengertian Data. 2. Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. 3. Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi 1. Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. 2. Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Menafsirkan sebuah data. 3. Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung 4. Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan 1. Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. 2. Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung 3. Pembagian kelompok belajar 4. Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 15 menit |
Kegiatan Inti Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Orientasi penerima didik kepada masalah | MENGAMATI Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Menafsirkan sebuah datadengan cara : v Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini v Mengamati Lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan penerima didik, dari media interaktif, dsb yang berafiliasi dengan:Menafsirkan sebuah data. v Membaca(Literasi) Dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung, materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi denganMenafsirkan sebuah data. v Mendengar Pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan Menafsirkan sebuah data. v Menyimak Penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global wacana materi pelajaran mengenai : Menafsirkan sebuah data untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
| Mengorganisasikan penerima didik | MENANYA (4C: CRITICAL THINKING) Guru memperlihatkan kesempatan pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, contohnya : v Mengajukan pertanyaantentang :Menafsirkan sebuah datayang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi aksesori wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat.
| Membimbing penyelidikan individu dan kelompok | MENGUMPULKAN INFORMASI (LITERASI) Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Mengamati obyek/kejadian, v Membaca sumber lain selain buku teks (Literasi) mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel wacana Menafsirkan sebuah data. v Mengumpulkan Informasi(4C: Collaboration) Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau acara lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu Menafsirkan sebuah data. v Aktivitas 1. Paeserta didik diminta untuk mengamati gambar diagram batang 2. Peserta diminta untuk menjelaskan subuah diagram batang yang telah disediakan oleh guru v Mempraktikan v Mendiskusikan(4C: Collaboration) v Saling Tukar Informasi (4C: Collaboration) Saling tukar informasi tentangMenafsirkan sebuah datadengan ditanggapi aktif oleh penerima didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.
| Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | MENGKOMUNIKASIKAN (4C: COMMUNICATION) Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan 1. Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. 2. Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang: Menafsirkan sebuah data. 3. Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan 4. Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan penerima didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. 5. Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis wacana Menafsirkan sebuah data. 6. Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau lembar kerja yang telah disediakan. 7. Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. 8. Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
| Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah | MENGASOSIASIKAN (HOTS: REFLEKTIF) Peserta didik menganalisa masukan, jawaban dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: 1. Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan derma pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. 2. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Menafsirkan sebuah data. 3. Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam pertanda : Menafsirkan sebuah data.
| | 75 menit |
Catatan : Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan) |
|
Kegiatan Penutup Peserta didik : · Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan. · Melakukan refleksi terhadap acara yang sudah dilaksanakan.(HOTS: Reflektif) Guru : · Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek. · Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik · Merencanakan acara tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan). · Mengagendakan pekerjaan rumah. · Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya | 15 menit |
3. Pertemuan Ke-3 (3 x 35 menit ) | Waktu |
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi 1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran. (PPK: Spiritual) 2. Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak penerima didik untuk bernyanyibersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak penerima didikmenyanyikan lagu daerah/nasional yang sesuai dengan tema pelajaran. (PPK: Nasionalis) 3. Memeriksa kehadiran penerima didik.(PPK: Disiplin) 4. Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengawali acara pembelajaran. Apersepsi 1. Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya: Menafsirkan sebuah data. 2. Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. 3. Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi 1. Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. 2. Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: membuat data dengan diagram batang. 3. Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung 4. Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan 1. Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. 2. Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung 3. Pembagian kelompok belajar 4. Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 15 menit |
Kegiatan Inti Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Orientasi penerima didik kepada masalah | MENGAMATI Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik membuat data dengan diagram batangdengan cara : v Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini
v Mengamati Lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan penerima didik, dari media interaktif, dsb yang berafiliasi dengan:
v Membaca(Literasi) Dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung, materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi denganmembuat data dengan diagram batang. v Mendengar Pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan membuat data dengan diagram batang. v Menyimak penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global wacana materi pelajaran mengenai : membuat data dengan diagram batanguntuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
| Mengorganisasikan penerima didik | MENANYA (4C: CRITICAL THINKING) Guru memperlihatkan kesempatan pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, contohnya : v Mengajukan pertanyaan wacana : membuat data dengan diagram batangyang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi aksesori wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat.
| Membimbing penyelidikan individu dan kelompok | MENGUMPULKAN INFORMASI (LITERASI) Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Mengamati obyek/kejadian, v Membaca sumber lain selain buku teks (Literasi) Mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel wacana membuat data dengan diagram batang. v Mengumpulkan Informasi(4C: Collaboration) Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau acara lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu membuat data dengan diagram batang. v Aktivitas Peserta didik diminta untuk menciptakan sebuat data dengan memakai diagram batang dengan soal yang telah guru sediakan v Mempraktikan v Mendiskusikan(4C: Collaboration) v Saling Tukar Informasi (4C: Communication) Saling tukar informasi wacana membuat data dengan diagram batangdengan ditanggapi aktif oleh penerima didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.
| Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | MENGKOMUNIKASIKAN (4C: COMMUNICATION) Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan 1. Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. 2. Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana :membuat data dengan diagram batang. 3. Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan 4. Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan penerima didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. 5. Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis wacana membuat data dengan diagram batang. 6. Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau lembar kerja yang telah disediakan. 7. Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. 8. Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
| Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah | MENGASOSIASIKAN (HOTS: REFLEKTIF) Peserta didik menganalisa masukan, jawaban dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: 1. Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan derma pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. 2. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai membuat data dengan diagram batang. 3. Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam pertanda :membuat data dengan diagram batang. | | 75 menit |
Catatan : Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan) |
|
Kegiatan Penutup Peserta didik : · Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan. · Melakukan refleksi terhadap acara yang sudah dilaksanakan.(HOTS: Reflektif) Guru : · Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek. · Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik · Merencanakan acara tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan). · Mengagendakan pekerjaan rumah. · Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya | 15 menit |
4. Pertemuan Ke-3 (3 x 35 menit ) | Waktu |
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi 1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran.(PPK: Spiritual) 2. Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak penerima didik untuk bernyanyibersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak penerima didikmenyanyikan lagu daerah/nasional yang sesuai dengan tema pelajaran. (PPK: Nasionalis) 3. Memeriksa kehadiran peserta.(PPK: Disiplin) 4. Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengawali acara pembelajaran. Apersepsi 1. Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumny: membuat data dengan diagram batang. 2. Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. 3. Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi 1. Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. 2. Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Manyajikan data. 3. Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung 4. Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan 1. Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. 2. Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung 3. Pembagian kelompok belajar 4. Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 15 menit |
Kegiatan Inti Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Orientasi penerima didik kepada masalah | MENGAMATI Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Manyajikan datadengan cara : v Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini: Manyajikan data. v Mengamati Lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan penerima didik, dari media interaktif, dsb yang berafiliasi dengan:Manyajikan data. v Membaca(Literasi) Dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung, materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi denganManyajikan data. v Mendengar Pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan Manyajikan data. v Menyimak, Penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global wacana materi pelajaran mengenai : Manyajikan datauntuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
| Mengorganisasikan penerima didik | MENANYA (4C: CRITICAL THINKING) Guru memperlihatkan kesempatan pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, contohnya : v Mengajukan pertanyaantentang :Manyajikan datayang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi aksesori wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat.
| Membimbing penyelidikan individu dan kelompok | MENGUMPULKAN INFORMASI (LITERASI) Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Mengamati obyek/kejadian, v Membaca sumber lain selain buku teks (Literasi) Mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel wacana Manyajikan data. v Mengumpulkan Informasi(4C: Collaboration) Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau acara lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu Manyajikan data. v Aktivitas Peserta didik diminta untuk menyajian sebuah data dan mempresentasikannya di depan kelas v Mempraktikan v Mendiskusikan(4C: Collaboration) Peserta didik diminta untuk mendiskusikan sebuah data yang telah disajikan oleh guru v Saling Tukar Informasi (4C: Communication) Saling tukar informasi tentangManyajikan datadengan ditanggapi aktif oleh penerima didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.
| Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | MENGKOMUNIKASIKAN (4C: COMMUNICATION) Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan 1. Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan 2. Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana :Manyajikan data. 3. Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan 4. Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan penerima didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. 5. Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis wacana Manyajikan data. 6. Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau lembar kerja yang telah disediakan. 7. Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. 8. Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
| Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah | MENGASOSIASIKAN (HOTS: REFLEKTIF) Peserta didik menganalisa masukan, jawaban dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: 1. Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan derma pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. 2. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Manyajikan data. 3. Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam pertanda : Manyajikan data. | | 75 menit |
Catatan : Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan) |
|
Kegiatan Penutup Peserta didik : · Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan. · Melakukan refleksi terhadap acara yang sudah dilaksanakan.(HOTS: Reflektif) Guru : · Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek. · Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik · Merencanakan acara tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan). · Mengagendakan pekerjaan rumah. · Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya | 15 menit |
F. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
a) Mempelajari buku teks dan sumber lain wacana materi pokok
b) Menyimak tayangan/demo wacana materi pokok
c) Menyelesaikan kiprah yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk
2. Instrumen Penilaian
a. Pertemuan Pertama (Terlampir)
b. Pertemuan Kedua (Terlampir)
c. Pertemuan Ketiga (Terlampir)
d. Pertemuan Keempat (Terlampir)
3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial
1) Remedial sanggup diberikan kepada penerima didik yang belum mencapai KKM maupun kepada penerima didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bab : remedial alasannya yaitu belum mencapai KKM dan remedial alasannya yaitu belum mencapai Kompetensi Dasar
2) Guru memberi semangat kepada penerima didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memperlihatkan kiprah bagi penerima didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), contohnya sebagai berikut.
v Peserta didik yang belum menguasai materi akan dijelaskan kembali oleh guru materi Guru akan melaksanakan penilaian kembali dengan soal yang sejenis. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang diadaptasi contoh: pada ketika jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit sesudah jam pelajaran selesai).
b. Pengayaan
1) Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan penerima didik mengenai materi pembelajaran yang sanggup diberikan kepada penerima didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
2) Pengayaan sanggup ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai komitmen dengan penerima didik.
3) Direncanakan menurut IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas contohnya
v Peserta didik yang sudah menguasai materi mengerjakan soal pengayaan yang telah disiapkan oleh guru berupa pertanyaan-pertanyaan pilihan ganda dalam buku panduan guru. Guru mencatat dan memperlihatkan aksesori nilai bagi penerima didik yang berhasil dalam pengayaan.
Mengetahui Ciburahol, 2 Januari 2018
Kepala SDN Ciburahol, Guru Mata Pelajaran,
Jajang Sulaeman, S.Pd. Siti Nurlaelasari, S.Pd.
NIP. 19650817 199501 1006 NIP. 19780517 200801 2001
Sumber http://aqdaffa.blogspot.com
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Rpp Matematika Kurikulum 2013 Kelas 4 Semester Genap Bahan Data Dan Pengukuran"
Posting Komentar