Penilaian Sikap
Satuan Pendidikan : SDN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas /Semester : IV /Genap
Tahun Pelajaran : 20../20..
No | Nama Peserta Didik | AKTIVITAS | |||||||||||||||
Kerjasama | Keaktifan | Partisipasi | Inisiatif | ||||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
| | | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | | |
Rubrik penilaian:
1. Apabilapesertadidikbelummemperlihatkanperilakuyangdinyatakan dalam indikator.
2. Apabila sudahmemperlihatkan sikap tetapi belum konsisten yang dinyatakan dalam indikator.
3. Apabilasudahmemperlihatkanperilakudansudahkosistenyangdinyatakan dalam indikator.
4. Apabilasudahmemperlihatkanperilakukebiasaanyangdinyatakandalam indikator.
Catatan :
Penguasaan nilai diubahsuaikan dengan aksara yang diinginkan.
Rentang Skor = Skor Maksimal – Skor Minimal
= 16 – 4
= 12
MK= | 14 - 16 |
MB= | 11- 13 |
MT= | 8 - 10 |
BT= | 4-7 |
Keterangan:
BT | = | BelumTerlihat(apabilapesertadidikbelummemperlihatkantanda- tanda awal sikap yang dinyatakan dalam indikator). |
MT | = | MulaiTerlihat(apabilapesertadidiksudahmulaimemperlihatkan adanyatanda-tandaawalperilakuyangdinyatakandalamindikator tetapi belum konsisten). |
MB | = | MulaiBerkembang(apabilapesertadidiksudahmemperlihatkan berbagaitanda sikap yang dinyatakan dalam indikator dan mulai. |
MK | = | Mulaimembudaya/terbiasa(apabilapesertadidikterus-menerus mengatakan sikap yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten). |
Format Penilaian Sikap
Satuan Pendidikan : SDN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas /Semester : IV /Genap
Tahun Pelajaran : 2017/2018
Format Lembar Pengamatan Sikap Peserta Didik
No | Nama Peserta Didik | SIKAP | |||||||||||
Keterbukaan | Ketekunan belajar | Kerajinan | Tenggang rasa | Kedisiplinan | Kerja sama | Ramah dengan teman | Hormat pada orang tua | Kejujuran | Menepati janji | Kepedulian | Tanggung jawab | ||
1 | | | | | | | | | | | | | |
2 | | | | | | | | | | | | | |
3 | | | | | | | | | | | | | |
Keterangan:
Skala evaluasi sikap dibuat dengan rentang antara 1 hingga dengan 4
Jurnal (buku catatan harian tentang peserta didik oleh guru)
Nama sekolah :
Mata pelajaran :
Kelas :
Tahun Pelajaran :
Nama Guru :
Contoh Isi Buku Catatan Harian
No. | Hari/Tanggal | Nama Peserta didik | Kejadian |
1. | | | |
2. | | | |
dst | | | |
Kolom insiden diisi dengan insiden positif maupun negatif.Catatan dalam lembaran buku tersebut, selain bermanfaat untuk merekam dan menilai sikap akseptor didik, sangat bermanfaat pula untuk menilai sikap akseptor didik serta sanggup menjadi materi dalam evaluasi perkembangan akseptor didik secara keseluruhan. Selain itu, dalam observasi perilaku, sanggup juga dipakai daftar cek yang memuat perilaku-perilaku tertentu yang dibutuhkan muncul dari akseptor didik pada umumnya atau dalam keadaan tertentu.
Kisi-Kisi TesTertulis /Uraian/Essai
Satuan Pendidikan : SDN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas /Semester : IV /Genap
Tahun Pelajaran : 2017/2018
No | KompetensiDasar | Materi | IndikatorSoal | BentukSoal | JumlahSoal |
1 | 3.10 Menjelaskan korelasi antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) memakai model konkret | · Hubungan antar garis | · Menganalisis korelasi antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) · Menganalisis sifat-sifat garis-garis sejajar, garis-garis berpotongan dan berhimpit · Menentukan korelasi antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) | Uraian | |
Contohbutirsoal:
1. Sebutkan rusuk-rusuk sejajar pada kerangka kubus atau balok
2. Sebutkan rusuk-rusuk yang berpotongan pada kerangka kubus atau balok
3. Sebutkan rusuk-rusuk yang berhimpit pada kerangka kubus atau balok
Pedoman Penskoran Soal Uraian
No. Soal | Rubrik | Skor |
1 | Siswadapatmenyebutkanjawabandenganbaikdanbenar. | 4 |
2 | Siswadapatmenyebutkanjawabandenganbaikdanbenar, tapikuranglengkap. | 3 |
3 | Siswadapatmenyebutkanjawabantapisalahsebagianbesar. | 1 |
| SkorMaksimum | 8 |
Kisi-Kisi TesTertulis /PilihanGanda
Satuan Pendidikan : SDN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas /Semester : IV /Genap
Tahun Pelajaran : 2017/2018
No | KompetensiDasar | Materi | IndikatorSoal | BentukSoal | JumlahSoal |
1 | 3.10 Menjelaskan korelasi antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) memakai model konkret | · Hubungan antar garis | · Menganalisis korelasi antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) · Menganalisis sifat-sifat garis-garis sejajar, garis-garis berpotongan dan berhimpit · Menentukan korelasi antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) | Pilihan Ganda | |
SoalPilihanGanda:
1. ....
a.
b.
c.
d.
PedomanPenskoranSoalPilihanGanda
No. Soal | Rubrik | Skor |
1 | Siswadapatmenyebutkanjawabandenganbaikdanbenar. | 1 |
2 | Siswamenyebutkanjawabansalah | 0 |
| SkorMaksimum | |
Kisi-Kisi Penugasan
Satuan Pendidikan : SDN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas /Semester : IV /Genap
Tahun Pelajaran : 2017/2018
No. | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator Soal | Teknik Penilaian |
1 | 3.10 Menjelaskan korelasi antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) memakai model konkret | · Hubungan antar garis | · Menganalisis korelasi antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) · Menganalisis sifat-sifat garis-garis sejajar, garis-garis berpotongan dan berhimpit · Menentukan korelasi antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) | Penugasan |
Tugas:
ª Menyelesaikan permasalahan yang melibatkan korelasi antar garis (sejajar, berpotongan, dan berhimpit).
Rubrik Penskoran Penugasan
Komponen Penilaian | Rubrik | Skor |
Pendahuluan | 1. Tujuan dan landasan teori disampaikan dengan tepat | 4 |
2. Tujuan atau landasan teori disampaikan dengan kurang tepat | 3 | |
3. Hanya memuat salah satu komponen pendahuluan namun disampaikan dengan tepat | 2 | |
4. Hanyamemuat salah satu komponen pendahuluan dan disampaikan dengan kurang tepat. | 1 | |
Pelaksanaan | 1. Baris jadwal ditulis dengan lengkap berikut flowchart danpenjelasannya dengan tepat. | 4 |
2. Baris jadwal ditulis dengan lengkap berikut flowchart dan penjelasannya dengan kurangtepat | 3 | |
3. Baris jadwal ditulis dengan lengkap berikut flowchart dengan tepat. | 2 | |
4. Baris jadwal ditulis dengan lengkap berikut flowchart dengan kurang tepat. | 1 | |
Kesimpulan | 1. Terkait dengan pelaksanaan kiprah danadasaran untuk perbaikan penugasan berikutnya yang feasible. | 4 |
2. Terkait dengan pelaksanaan kiprah dan ada saran untuk perbaikan penugasan berikutnyatetapi kurang feasible. | 3 | |
3. Terkait dengan pelaksanaan kiprah tetapi tidak adasaran. | 2 | |
4. Tidak terkait dengan pelaksanaan kiprah dan tidak ada saran. | 1 | |
Tampilan Laporan | 1. Laporan rapi dan menarik, dilengkapi cover dan foto/gambar. | 4 |
2. Laporan rapi dan menarik, dilengkapi cover atau foto/gambar. | 3 | |
3. Laporan dilengkapi cover atau foto/gambar tetapi kurang rapi atau kurang menarik. | 2 | |
4. Laporan kurang rapi dan kurang menarik, tidak dilengkapi cover dan foto/gambar. | 1 | |
Keterbacaan | Mudah dipahami, pilihan katatepat, danejaan semua benar. | 4 |
Mudah dipahami, pilihan katatepat, beberapa ejaan salah. | 3 | |
Kurangdapat dipahami,pilihan kata kurang tepat, dan beberapa ejaan salah. | 2 | |
Tidak gampang dipahami,pilihan kata kurang tepat, dan banyak ejaan yang salah. | 1 |
No | Nama | Skoruntuk | Jumlah skor | Nilai | ||||
Pend | Pelaks | Kesimp | Tamp | Keterb | ||||
1 | Adi | 4 | 2 | 2 | 3 | 3 | 14 | 70 |
... | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... |
Keterangan:
© Skor maksimal = banyaknya kriteria x skor tertinggi setiap kriteria.
© Pada pola di atas, skor maksimal = 5x 4= 20.
©
© Pada pola di atas nilai kiprah Ajat = = 70
Rubrik Penilaian Tugas Proyek
Satuan Pendidikan : SDN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas /Semester : IV /Genap
Tahun Pelajaran : 2017/2018
Tugas
ª
Rubrikpenilaianproyekuntukmengumpulkan lembar kegiatan
ª
No | Nama | Penilaian | |||
Keakuratan Data dan Informasi | Ketepatan Analisis | Kerapian Penulisan Laporan | Kelancaran Presentasi | ||
1. | .... | ..... | .... | .... | .... |
2. | .... | ..... | .... | .... | .... |
.... | .... | ..... | .... | .... | .... |
Pedoman Penskoran :
No. | Aspekyang Dinilai | Skor |
1. | Keakuratan data dan informasi | |
| a. Data dan isu yang dipakai sangat akurat dan lengkap | 3 |
| b. Data dan isu yang dipakai akurat tetapi kurang lengkap | 2 |
| c. Data dan isu yang dipakai tidak akurat dan tidak lengkap | 1 |
2. | Ketepatananalisis | |
| a. Analisis tepat | 3 |
| b. Analisis kurang tepat | 2 |
| c. Analisis tidak tepat | 1 |
3. | Kerapian penulisan laporan | |
| a. Penulisan laporan rapi | 3 |
| b. Penulisan laporan kurang rapi | 2 |
| c. Penulisan laporan tidak rapi | 1 |
4. | Kelancaran dalam presentasi | |
| a. Lancar | 3 |
| b. Kurang lancar | 2 |
| c. Tidak lancar | 1 |
Format Penilaian Praktik
Satuan Pendidikan : SDN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas /Semester : IV /Genap
Tahun Pelajaran : 2017/2017
Tugas :
ª Menyajikan hasil penyelesaian permasalahan yang melibatkan korelasi antar garis (sejajar, berpotongan, dan berhimpit)
Nama akseptor didik :
Kelas :
No. | ASPEKYANG DINILAI | Skala Penilaian | |||
4 | 3 | 2 | 1 | ||
| | | | | |
| | | | | |
| | | | | |
Keterangan:
Kriteria evaluasi dapat dilakukan sebagai berikut:
4 = sangat baik
3 = baik
2 = kurang
1 = sangat kurang
INSTRUMEN REMEDIAL
Satuan Pendidikan : SDN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas /Semester : IV /Genap
Tahun Pelajaran : 2017/2018
Remidial dilakukan apabila sehabis diadakan evaluasi pada kompetensi yang telah diajarkan pada akseptor didik, nilai yang dicapai lidak memenuhi KB (Ketulusan Belajar) yang telah ditentukan, berikut pola formatnya: remidial terhadap tiga akseptor didik.
No | Nama Peserta Didik | KD | Aspek | Materi | Indikator | KB | Bentuk Remedial | Nilai | |
Awal | Pengayaan | ||||||||
1. | Joko Widodo | | | | | 70 | | 66 | 83 |
2. | | | | | | | | | |
3. | | | | | | | | | |
Format Pengayaan
Satuan Pendidikan : SDN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas /Semester : IV /Genap
Tahun Pelajaran : 20../20..
Pengayaan dilakukan apabila sehabis diadakan evaluasi pada kompetensi yang telah diajarkan pada peserta didik, nilai yang dicapai melampaui KB (Ketulusan Belajar) yang telah ditentukan, berikut pola formatnya : pengayaan terhadap enam akseptor didik.
No | Nama Peserta Didik | KD | Aspek | Materi | Indikator | KB | Bentuk Pengayaan | Nilai | |
Awal | Pengayaan | ||||||||
1. | Ermy Sumiati | | | | | 70 | | 80 | 85 |
2. | | | | | | | | | |
3. | | | | | | | | | |
Mengetahui Ciburahol, 2 Januari 2018
Kepala SDN Ciburahol, Guru Mata Pelajaran,
Jajang Sulaeman, S.Pd. Siti Nurlaelasari, S.Pd.
NIP. 19650817 199501 1006 NIP. 19780517 200801 2001
Sumber http://aqdaffa.blogspot.com
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Penilaian Perilaku Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Matematika Semester Genap"
Posting Komentar