Pengertian Sifat Koligatif Larutan

Mungkin kau pernah memasak mie instan di rumah. Begitu mie instan dimasukan ke dalam air mendidih maka beberapa ketika air tersebut berhenti mendidih. Selanjutnya mie instan tersebut akan kembali mendidih kalau pemanasan terus dilakukan. Mengapa hal itu dapat terjadi? Pertanyaan akan insiden tersebut akan terjawab sehabis kau mempelajari sifat koligatif larutan. Apa yang dimaksud dengan sifat koligatif larutan? 
Mungkin kau pernah memasak mie instan di rumah Pengertian Sifat Koligatif Larutan
Memasak mie instant
img: freegreatpicture.com

Sebelum membahas wacana pengertian sifat koligatif larutan kau harus paham terlebih dahulu apa itu larutan. Menurut Wikipedia, larutan yaitu adonan homogen yang terdiri dari dua atau lebih zat. Zat yang jumlahnya lebih sedikit di dalam larutan disebut (zat) terlarut atau solut, sedangkan zat yang jumlahnya lebih banyak daripada zat-zat lain dalam larutan disebut pelarut atau solven. Komposisi zat terlarut dan pelarut dalam larutan dinyatakan dalam konsentrasi larutan, sedangkan proses pencampuran zat terlarut dan pelarut membentuk larutan disebut pelarutan atau solvasi. Contoh larutan yang sering kita jumpai yaitu larutan garam yang merupakan adonan antara air dan garam.

Nah itu definisi larutan secara sederhana. Sekarang kita kembali ke definisi sifat koligatif larutan. Menurut Wikipedia, sifat koligatif larutan yaitu sifat larutan yang tidak bergantung pada jenis zat terlarut tetapi tergantung pada banyaknya partikel zat terlarut dalam larutan. Makara sifat-sifat tersebut tidak tergantung pada jenis larutan.

Jumlah zat yang terlarut dalam suatu larutan dinyatakan dengan konsentrasi larutan. Konsentrasi menyatakan komposisi secara kuantitatif perbandingan zat terlarut dengan pelarut dan atau larutan. Ada beberapa cara untuk menyatakan secara kuantitatif komposisi tersebut, antara lain yaitu molaritas, molalitas, dan fraksi mol. Ketiganya menjadi konsep dasar untuk mempelajari sifat koligatif larutan, sehingga ketiganya harus dipelajari terlebih dahulu. Setelah ketiga konsep dasar itu kau kuasai, maka dapat dilanjutkan ke bahan empat jenis sifat koligatif larutan.

Sumber http://mafia.mafiaol.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Sifat Koligatif Larutan"

Posting Komentar