Mengunci User Ftp Ke Dalam Folder Home (Ftp User Isolation)


Pada goresan pena kali ini saya akan menyebarkan wacana tutorial FTP server. Mungkin beberapa pembaca pernah membangun FTP server. Normalnya untuk memakai layanan FTP Server tersebut kita wajib mempunyai user semoga sanggup memakai layanan itu. Apa sih FTP itu? FTP sesuai singkatannya ialah layanan File Transfer Protocol yang memungkinkan pengguna layanan tersebut menyimpan atau mend0wnl0ad file dari server. Miriplah dengan network share folder dengan samba atau windows. Akan tetapi layanan FTP ini biasanya dipakai untuk melayani pengguna lintas internet berbeda dengan layanan samba yang biasanya dipakai di jaringan lokal.

Apabila ada pembaca yang belum pernah membangun layanan FTP server, anda sanggup membaca beberapa tutorial-tutorial berikut ini:
Kaprikornus begini, sesudah saya berhasil membangun FTP Server, saya coba menciptakan user gres untuk pengguna layanan tersebut, dan sukses, dan seteleahnya saya berhasil memakai layanan FTP tersebut dengan lancar. 

Akan tetapi seiring bertambahnya waktu, ada pengguna gres yang ingin memakai layanan FTP tersebut, jadinya saya menambahkan user gres sebagai pengguna layanan FTP, daaaan muncul persoalan baru, sebut saja user A, ternyata sanggup melihat folder direktori user lainnya, dan sanggup mengeksplore direktori server lainnya. Waduh, selain sanggup melihat direktori lainnya user A tersebut juga sanggup menyalin data yang ada di folder lainnya dan hal tersebut juga berlaku sebaliknya. 

Lalu bagaimana caranya semoga masing masing user sanggup di isolasi ke dalam folder home direktorinya dan tidak sanggup mengeksplorasi ke folder (pengguna) lainnya? Berikut langkah-langkahnya:


Di sini saya membangun FTP Server di atas sistem operasi Ubuntu Server 16.04 dan memakai aplikasi VSFTPD untuk layanan FTPnya.

Saya buka file konfigurasi vsftpd dengan perintah:

 sudo vim /etc/vsftpd.conf 

kemudian saya tambahkan konfigurasi berikut:

 chroot_local_user=YES  allow_writeable_chroot=YES 

biasanya secara default sih konfigurasinya berisi NO, bukan YES, jadi jikalau ada, ganti saja dari NO ke YES kemudian simpan, konfigurasi tersebut, kalau belum ada, ya sanggup ditambahkan sendiri konfigurasi tersebut.

Selesai dari situ yang harus saya lakukan ialah merestart layanan FTP Server tersebut semoga perubahan konfigurasi yang saya lakukan berhasil diimplementasikan oleh sistem dengan perintah:

 sudo service vsftpd restart 

sesudah itu silakan coba explore direktori lainnya selain folder home user tersebut dan hasilnya tidak akan sanggup lagi, jadi setiap user mempunyai privasinya masing-masing dan tidak sanggup saling intip data satu dengan yang lainnya. Selamat mencoba ya dan terima kasih telah berkunjung 😎
Sumber http://www.newbienote.com/

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengunci User Ftp Ke Dalam Folder Home (Ftp User Isolation)"

Posting Komentar