√ Mark Zuckerberg: Whatsapp Berpotensi “Kanibalisasi” Facebook

 Whatsapp Berpotensi Kanibalisasi Facebook √ Mark Zuckerberg: Whatsapp Berpotensi “Kanibalisasi” Facebook
Foto: Engadget

Teknologi.id – WhatsApp kini menjadi layanan messaging favorit dengan jumlah pengguna lebih dari 1,5 miliar. Namun kepopulerannya tidak memberi laba bagi Facebook.


Sejak dibeli Facebook senilai USD 19 miliar 5 tahun lalu, WhatsApp hingga kini belum juga menghasilkan untung. Selain itu, kepopuleran Whatsapp dikhawatirkan akan menjadi salah satu penyebab berkurangnya orang dalam mengakses aplikasi Facebook sendiri atau kanibal.


Hal tersebut dikatakan sendiri oleh pendiri dan CEO Facbeook, Mark Zuckerberg dalam panggilan konferensi dengan para analis pada hari Rabu.


Baca juga: Perhatian! Mark Zuckerberg Sekarang Punya Podcast


Ia menyebut WhatsApp sebagai platform privat. Sedangkan Facebook dan Instagram disebut platform publik.


“Seiring pertumbuhan platform privat, dalam beberapa masalah kami menjumpai kanibalisasi platform publik di negara menyerupai India, di mana WhatsApp sangat populer,” kata Zuckerberg menyerupai dikutip dari Economic Times, Sabtu (27/4/2019).


Di India, jumlah pengguna WhatsApp mencapai sekitar 400 juta dan disebut terbesar di dunia. Sedangkan jumlah pengguna Facebook di negara tersebut hanya sekitar 300 juta.


Karena hal itu, Facebook berencana untuk memasukkan iklan kedalam aplikasi WhatsApp. Namun hingga dikala ini belum juga di implementasikan. Meskipun begitu, kemungkinan laba yang didapat pun tidak begitu besar.


Baca juga: Mark Zuckerberg Sedang Bangun Mesin Pembaca Pikiran


“Penggunaan dan engagement WhatsApp memang fenomenal, tapi aku tidak tahu bagaimana sanggup dimonetisasi,” kata Karthik Srinivasan, seorang konsultan komunikasi seperti dikutip dari Economic Times, Sabtu (27/4/2019).


Popularitas WhatsApp di negara berkembang dikarenakan beberapa faktor. “Gratis, sanggup membagikan video dan foto serta aplikasi ringan yang sanggup bekerja di area bandwidth rendah,” ujar Sanchit Vir Gogia dari Greyhound Research.


Didalam aplikasi Facebook diketahui belakangan semakin banyak iklan. Tapi tentu akan jadi duduk kasus jikalau ketenaran WhatsApp melampaui Facebook alasannya aplikasi itu tidak juga menguntungkan.


(TM)



Sumber https://teknologi.id

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "√ Mark Zuckerberg: Whatsapp Berpotensi “Kanibalisasi” Facebook"

Posting Komentar