Cara Memakai Vagrant Dan Install Vagrant Box


Beberapa waktu yang kemudian aku menuliskan tutorial cara install vagrant, kemudian di kesempatan kali ini aku akan meneruskan tutorial tersebut sesuai akad aku sebelumnya. Pada sesi ini aku akan mengajarkan bagaimana cara menggunakan vagrant. Vagrant ini ialah sebuah aplikasi yang sanggup dipakai bersama dengan VMWare atau virtualbox untuk menciptakan lingkungan virtualisasi secara instant.

Masih belum punya gambaran? pribadi saja aku ilustrasikan, aku asumsikan bahwa anda sudah menginstall vagrant di komputer anda, jikalau belum sempat install, maka anda sanggup baca tutorial di link berikut ini.          


Sebagai informasi, Vagrant juga membutuhkan vmware atau virtualbox untuk sanggup berjalan. Untuk mencari box yang akan anda install, anda sanggup browsing di alamat ini:

https://app.vagrantup.com/boxes/search

Melalui alamat itu, anda sanggup mencari "box" yang akan anda install ke dalam aplikasi vagrant anda. Vagrant mengistilahkan aplikasi yang dibundling atau di paketkan siap install ke dalam vagrant dengan nama box, menyerupai ya dengan containernya docker? 

Lanjut ya, disini aku akan mencoba mengilustrasikan untuk install box ubuntu server 16.04, sesudah aku searching, maka aku akan coba menggunakan box dengan link ini:

https://app.vagrantup.com/ffuenf/boxes/ubuntu-16.04.4-server-amd64

tidak ada alasan khusus kenapa aku menentukan box tersebut, anda juga sanggup mencari aplikasi (box) selain ubuntu server.

Untuk install box tersebut, aku klik tab new pada website vagrant tersebut, sehingga nampak menyerupai ini:

langkah install box selanjutnya aku buka terminal, kemudian jalankan perintah:

 vagrant init ffuenf/ubuntu-16.04.4-server-amd64

perintah di atas ialah untuk menambahkan alamat d0wnl0ad aplikasi vagrant box ke dalam vagrantfile dalam komputer lokal anda. Jika penambahan berhasil maka akan terlihat menyerupai berikut ini tampilannya:


sesudah itu aku gres sanggup install vagrant box (ubuntu server 16.04 LTS) dengan perintah:

 vagrant up

jikalau proses berjalan lancar, maka akan terlihat prosesnya menyerupai ini:


tunggu beberapa saat, vagrant akan men-d0wnl0ad box dari internet dan instalasi pribadi di aplikasi vagrant. Selesai install ubuntu server sudah siap digunakan, untuk masuk ke dalam ubuntu server tersebut, aku menjalankan perintah:

 vagrant ssh

berikut ini tampilan sesudah aku berhasil masuk ke dalam box yang aku install:


ternyata jadinya menyerupai dengan aku install manual di virtualbox, hanya saja aku tidak perlu melewati proses ribet-ribet menyerupai partisi, menciptakan user dan lain sebagainya. Jika aku menjalankan perintah:

 df -h

berikut hasilnya:


vagrant box Ubuntu Server yang aku gunakan menggunakan space sebesar 23 GB di dalam OS Hyperviso yang aku gunakan. Hasil instalasi vagrant box tersebut, aplikasi dan fungsinya menyerupai mirip ketika aku install manual virtualbox.

Untuk mematikan box vagrant Ubuntu server, anda sanggup menjalankan perintah:

 sudo init 0

dari dalam sistem operasi ubuntu server tersebut, atau sanggup saja anda keluar dari ssh, kemudian menjalankan perintah dari hypervisornya:

 vagrant halt

maka guest OS ubuntu server tersebut akan mati, ketika aku mencoba untuk masuk ke dalam server tersebut menggunakan perintah:

 vagrant ssh

maka jadinya menyerupai ini:


untuk mengaktifkan lagi Guest OS tersebut, aku tinggal menjalankan kembali perintah:

 vagrant up

kemudian untuk masuk ke dalam Guest OS tersebut jalankan lagi perintah:

 vagrant ssh

gampang bukan membangun lingkungan virtual menggunakan vagrant (ga pake ribet) he he he he, selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung. 😎
Sumber http://www.newbienote.com/

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memakai Vagrant Dan Install Vagrant Box"

Posting Komentar