Pada umumnya, sosok guru identik dengan penampilan rapi, kaku, dan disiplin ketat. Tak jarang pula profesi pendekar tanpa tanda jasa ini dianggap membosankan. Bahkan, banyak juga anggapan bahwa guru cenderung membuat murid merasa segan, bahkan takut. Alhasil, jam istirahat dan pulang ialah yang paling dinanti alasannya ialah suasana di kelas penuh ketegangan. Yuk ubah pandangan tersebut! Berikut ada 7 guru yang mempraktikkan metode pengajaran unik yang bisa dijadikan inspirasi. Simak yuk!
1. Membuat Peace Post CardSaara Suaib Hanafi, seorang guru Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pertama Al-Azhar 9 Bekasi berhasil membuat metode mengajar unik dan inovatif. Metode tersebut disebut dengan Peace Post Card. Peace Post Card adalah terobosan yang dilakukan Saara dalam dunia mencar ilmu di Indonesia. Setiap siswa diberikan kartu menyerupai kartu pos yang nantinya akan mereka tuliskan pesan perdamaian. Di sini, para siswa diajarkan untuk bisa memberikan pendapat. Kemudian akibatnya akan dipresentasikan dengan siswa di luar negeri melalui aplikasi Skype. Sungguh menarik sekali metode yang dibentuk Saara ini.
Berkat karya penemuan metode mengajar uniknya Saara juga berhasil mewakili Indonesia di Barcelona, Spanyol. Saara mengikuti Ajang Microsoft Global Education Forum pada Bulan Maret 2014. Di sana, Saara meraih juara learning tools yang dilombakan bersama 5 kelompok guru internasional lain. Saara sangat menyukai profesi guru alasannya ialah beliau berpikir bahwa hanya dengan menjadi guru beliau bisa bermanfaat untuk orang lain. Dia ingin memberi ide dari apapun bentuknya yang baik untuk para siswanya.
2. Simulasi Kesadaran BerkonstitusiPelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) sering kali dianggap remeh. Siswa merasa kebingungan, untuk apa sih mencar ilmu PKN? Mereka cukup pusing dengan banyaknya hafalan. Menurut Rahayuningsih, seorang guru di Sekolah Menengah kejuruan Muhammadiyah 4 Surakarta, metode mengajar secara konvensional pelajaran PKN ini malah membuat siswa bosan. Berawal dari permasalahan itu, guru yang biasa dipanggil Yayuk ini membuat metode mengajar unik, yaitu Simulasi Kesadaran Berkonstitusi.
Yayuk menawarkan bahan PKN yang berisi 37 pasal menyerupai bermain Monopoly. Namun, bedanya adalah kertas yang dipakai lebih besar ukurannya dan bisa ditempelkan pada papan tulis ukuran kecil. Siswa ada yang berperan sebagai fasilitator, narasumber, penonton, dan pemain. Hasilnya, siswa dapat menghafalkan isi kandungan pasal-pasal melalui kartu persoalan dan kartu hukuman yang dibuat. Metode unik ini sudah diterapkan di sekolah tempatnya mengajar. Hebatnya, metode ini pun membawa dirinya menjadi Juara 1 Lomba Kreativitas Guru Tingkat Nasional pada tahun 2013.
3. Multimedia InteraktifDi zaman digital seperti kini ini, cocok sekali menerapkan metode mengajar berbasis multimedia. Nura Uma Annisa, guru Taman Kanak-kanak (TK) Al Azhar 22, Semarang berhasil menerapkan multimedia pembelajaran interaktif. Nura menghasilkan karya animasinya sendiri. Mulai dari pembuatan bahan melalui merekam suaranya sendiri, pembuatan video, hingga dengan pembentukan gambarnya.
Menurutnya, merekam bunyi dan video secara real akan meningkatkan minat mencar ilmu belum dewasa Taman Kanak-kanak yang kebanyakan masih sulit membaca. Suaranya pun dibentuk layaknya anak kecil. Jika mengambil bunyi lain, kadang masih menyerupai bunyi orang dewasa. Melihat gambar kasatmata dan menirukan bunyi belum dewasa bisa membuat siswanya lebih memperhatikan dan gampang menyerap pelajaran. Nura berhasil meraih penghargaan Nasional Inovatif Teacher 2011 dan Microsoft Innovation Challenging Contexts Asia Pasific Forum 2012, New Zealand.
4. Alat Peraga MatematikaMatematika acapkali menjadi pelajaran yang ditakuti para siswa. Namun, Juli Eko Sarwono berhasil mengubah metode mengajarnya yang sewenang-wenang dan text book menjadi fun. Ia adalah seorang guru Matematika di Sekolah Menengah Pertama 19 Purworejo. Dulu, Juli menerapkan metode mencar ilmu yang membuat siswanya takut mencar ilmu mata pelajaran hitung-hitungan tersebut. Ia bahkan dikenal sebagai guru Matematika tergalak.
Akan tetapi, Juli mengubah itu semua. Semua sebutan galak yang diberikan siswa pada dirinya sirna. Ia menerapkan metode mencar ilmu yang cukup unik dengan alat peraga, contohnya motornya. Motor tersebut dimasukkan ke kelas hanya untuk sebagai pola dalam bahan tabung dan lingkaran. Niat banget ya? Tapi, cara ini tidak sia-sia dilakukan karena membuatnya masuk nominasi Liputan 6 Award 2013. Nilai para siswa di sekolahnya pun meningkat dengan penerapan metode tersebut.
5. Mengingat unsur kimia melalui laguMenghafal tabel periodik unsur yang dipenuhi abjad dan angka memang tidak mudah. Hal ini terkadang membuat siswa jadi keburu malas. Nah, untuk menyiasatinya, salah seorang guru di luar negeri membuat jembatan keledai untuk mempermudah siswanya dalam menghafal. Ia memakai lirik lagu Bad Romance milik Lady Gaga untuk menyusun tabel periodik unsur. Wah, kreatif sekali, bukan?
Bagi para pengajar Kimia di Indonesia, cara mengajar unik ini patut dicoba lho. Malahan, kreativitas para pengajar pun akan terasah alasannya ialah membuat jembatan keledai. Tidak ada salahnya untuk mengubah metode mengajar yang terlalu serius menjadi lebih fun. Itu semua dilakukan demi menumbuhkan kecintaan para siswa terhadap pelajaran Kimia.
6. Mengajar dengan MemeApa yang terpikir oleh Anda mengenai meme? Pasti pribadi teringat dengan 9gag atau 1cak. Biasanya, meme ini banyak digemari sebagai hiburan alasannya ialah gambar dan kata-katanya yang membuat kita tertawa dan geleng kepala. Nah, ada seorang guru yang memanfaatkan meme ini untuk mengajar. Salah satunya contohnya yaitu gambar di atas, untuk menjelaskan sifat-sifat cairan, ia menggunakan meme kucing sebagai sarana.
7. Membuat Rumus di TanganSeorang dosen Kimia berjulukan Zoe Waller, Universitas East Angelia, Inggris memakai kulitnya untuk mengajar perihal obat-obatan dan rangkaian molekul. Kulitnya menderita kelainan yang disebut dermatographia.Ini merupakan kondisi di mana bila menggembung akan memunculkan ruam gatal pada kulit. Dermatographia terjadi saat sel di bawah permukaan kulit melepaskan senyawa kimia histamin, meski di bawah tekanan paling ringan. Akan tetapi, penyakit yang dideritanya justru membuat Zoe berinisiatif melaksanakan metode mengajar unik tersebut. Mahasiswanya harus mempelajari 100 jenis obat setiap hari. Ia pun akan menggambarkan obat gres yang akan dipelajari di kulitnya.
Akan tetapi, untuk metode mengajar satu ini, tidak semua guru bisa melakukannya. Alternatif yang bisa dilakukan bila ingin mengikuti metode unik tersebut bisa diganti dengan menempelkan kertas yang sudah di gambar rumus-rumus Kimia.
Itulah beberapa metode mengajar unik yang dilakukan oleh guru-guru di dunia. Mereka melaksanakan itu semua hanya biar para muridnya bisa menyukai dan tidak merasa bosan belajar. Metode mengajar unik menyerupai apa yang pernah Anda lakukan? Yuk membuatkan di kolom komentar. Siapa tahu bisa jadi ide bagi guru lain. Cheers! (DNI/TN).
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "7 Ide Metode Mengajar Unik Semoga Kelas Menyenangkan"
Posting Komentar