5 Tips Asyik Berguru Di Rumah!

Sering gak sih mendengar Bapak/Ibu Guru mengajukan pertanyaan ini: “Sudah mencar ilmu belum di rumah?” yang mungkin akan kita jawab “Belum!” sambil tertawa jahil. Mungkin ada juga sih yang menjawab “Sudah, Bu!” dengan percaya diri.

Belajar di rumah bagi sebagian murid hal ini niscaya dilakukan, namun mungkin hanya dikala menjelang ujian atau tes. Padahal mencar ilmu di rumah itu sangat mempunyai kegunaan untuk menambah pemahaman kau terhadap bahan yang sudah dipelajari di kelas sebelumnya. Selain itu, mulai membaca dan mempelajari sedikit bahan yang akan dibawakan di kelas selanjutnya niscaya akan menciptakan kau lebih cepat mengerti dikala guru sedang menjelaskan.

Kali ini, Ruangguru akan memperlihatkan empat tips gampang yang siap kau praktikkan biar aktivitas mencar ilmu kau di rumah lebih asyik dan tidak membosankan. Check ‘em out!

1. Buat “sudut belajar” versimu sendiri

0a02c0df05160c12d1d2afb88a9e925e--study-corner-work-corner.jpg

Buat sudut mencar ilmu sendiri (Sumber: pinterest.com)

Keluar dari kamarmu dan eksplor daerah nyaman di sekitaran rumah untuk kau “sulap” menjadi daerah mencar ilmu gres di rumah. Misalnya saja mencoba mencar ilmu di teras samping rumah atau erat area balkon rumah? Pakai saja meja mencar ilmu portable dan gelar tikar untuk mencar ilmu di situ. Kalau kau lebih nyaman mencar ilmu di kamar, dekor area meja belajarmu sekreatif mungkin untuk menambah semangat belajar.

2. Together the better 

Daripada sekedar hang-out di mall bersama teman kita, sesekali buat jadwal mencar ilmu bareng yuk! Kita dapat memanggil tutor untuk mencar ilmu bahan yang belum terlalu kita pahami atau bahkan mencar ilmu kelompok sebelum masa ujian. Nah, ini gres namanya BFF’s Quality Time.

3. Metode Ser-San (Serius Tapi Santai)

Karena ini bukan mencar ilmu di sekolah yang lebih formal, kau bebas memilih kapan waktu untuk mulai dan berhenti sejenak. Pasang musik yang dapat memompa semangatmu lagi dikala kau mulai bosan dan istirahat sebentar sebelum memulai lagi sesi belajarmu. Sepanjang mencar ilmu pun, kau dapat sambil mendengarkan musik klasik untuk menstimulus kerja otak dan menjaga konsentrasimu.

4. Siapkan masakan ringan

dsc_05281.jpgSiapkan cemilan untuk mencar ilmu (Sumber: healthninja.wordpress.com)

Supaya kau tidak cepat mengantuk, mengunyah cukup disarankan lho untuk menjaga kau tetap fokus. Tapi jangan jadi sibuk makan melulu ya! Permen mint, gums, dan masakan kecil serta minuman dapat kau siapkan di dekatmu ketika kau mulai bosan.

5. Pastikan daerah mencar ilmu higienis dan rapi

Tempat mencar ilmu yang higienis dan rapi biasanya lebih disukai untuk memudahkan proses belajar. Siapkan  buku dan alat tulis yang kau perlukan sebelum memulai mencar ilmu biar waktu belajarmu lebih efektif.

Nah, itu tadi lima tips mudah yang dapat kau lakukan biar aktivitas mencar ilmu kau di rumah jadi makin asyik. Punya tips lainnya? Ayo di-share di kolom komentar!

Cheers!

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tips Asyik Berguru Di Rumah!"

Posting Komentar