Cara Menyetel Klep Motor – Dalam sebuah sepeda motor ada berbagai komponen yang harus selalu kita jaga kondisinya biar motor tetap dalam keadaan prima dan fit. Salah satu dari banyaknya komponen yang ada pada sebuah motor yang harus selalu mendapat perhatian ialah klep motor. Apa itu klep motor dan apa fungsinya?
Mungkin ada banyak orang yang sudah mengetauhi apa itu klep motor, namun tidak ada salahnya jikalau kami memperlihatkan citra atau penjelasannya sedikit. Klep motor merupakan sebuah alat atau bagikan dari komponen mesin motor yang mempunyai sifat dinamis yang biasanya terletak atau terpasang pada kepala silinder.
Adapun fungsi dari klep motor sendiri ialah untuk menciptakan tarikan motor tetap dalam kondisi stabil dan prima sesuai dengan kondisi baru. Dengan kita melaksanakan penyetelan ulang dalam kurun waktu tertentu, hal ini akan sangat memperlihatkan efek yang sangat baik, asalkan cara menyetel klep motor yang kita lakukan sesuai dan dikerjakan dengan baik serta benar menyerupai ketika kita menyervice karburator mobil ataupun karburator motor.
Dengan melaksanakan penyetelan ulang klep motor tentunya kita sudah melaksanakan hal yang benar alasannya kita akan mengembalikan jarak renggang klep atau valve motor yang biasanya akan berubah selama pemakaian motor tersebut secara terpola dengan gejala yang paling sering ialah terjadinya penggunaan materi bakar yang boros. Lalu bagaimana sih cara menyetel klep motor yang baik dan benar sesuai dengan kondisinya? silahkan anda simak tips dan caranya berikut ini.
Daftar Isi
Cara Menyetel Klep Motor yang Baik dan Benar
Pembuatan klep motor sendiri selalu memakai materi yang cukup keras dan biasanya juga terbuat dari materi yang sangat simpel untuk menghantarkan panas. Hal ini dikarenakan klep motor harus bisa menahan panas dan tekanan yang tinggi ketika mesin motor hidup. Gerakan klep motor sendiri ialah naik dan turun. Jika klep motor dalam kondisi yang renggang tentu saja akan ada banyak dilema yang ditimbulkan, maka dari itu anda harus menyetel ulang dengan baik, dan berikut langkah-langkahnya.
1. Cara Menyetel Klep Motor yang Masih Baru Pemakaiannya
Menyetel klep motor yang masih gres pemakaiannya harus melakukannya dengan menyetelnya pada posisi top dan dilarang salah. Untuk itu bagi anda yang ingin melakukannya sendiri silahkan ikuti langkah demi langkahnya dibawah ini.
- Pertama silahkan buka tutup klep motor tersebut pada bab atas dan bawah
- Kemudian buka juga tutup yang ada di bab kolam magnit yang biasanya terletak pada bab tengah kolam dan dibagian atasnya
- Setelah anda berhasil membukanya, posisikan piston pada titik TMA (Titik Mati Atas) dan Noken As berada pada posisi Netral dengan cara memutar magnit secara berlawanan arah jarum jam sambil anda mengamati atau melihat silinder atas atau piano klep harus pada posisi menekan tiang payung klep. Pada tahapan ini putaran piao klep menekan tiang payung klep usahakan piano klep menemak tiang klep pada bab api terlebih dahulu. Kemudian putarlah kembali magnit hingga anda mendapat posisi piano klep menekan tiang payung klep atas yakni klep minyak dan kemudian lihatlah posisi tanda TOP yang berada pada magnit yang biasanya di tandai dengan abjad “T”.
- Selanjutnya apabila anda telah menyetel pisisi piston pada titik TMA coba goyangkan klepnya ke arah kiri kanan dan atas bawah. Jika dirasa ada jarak yang terlalu longgar silahkan anda kencangkan atau kendorkan baut sesudah klep dan juga memutar baut setelan klep untuk mengatur posisi jarak klepnya.
- Jika and amemiliki alat ukurnya yang berjulukan “Fuller” sebaiknya gunakanlah dengan baik dengan standar untuk motor angsa ialah 0.03 hingga dengan 0.05 mm. Sementara untuk motor sport 0.07 hingga dengan 0.10 mm sementara khusus untuk motor Satria FU biasanya mempunyai ukuran 0.10 hingga dengan 0.15 mm.
2. Cara Menyetel Klep Motor yang Sudah Lama Pemakaiannya
Setelah anda mengetahui cara menyetel klep motor yang gres pemakaiannya menyerupai diatas kami tuliskan. Kini giliran anda juga harus mengetahui langkah demi langkah menyetel klep motor yang sudah usang pemakaiannya atau minimal 3 tahun pemakaian. Bila pada cara diatas mengharuskan kita untuk memposisikan piston pada posisi titik TMA, pada cara kedua ini kita tidak diharuskan untuk menyetel pada posisi top alasannya karenanya tidak akan sempurna.
Kenapa demikian? alasannya kemungkinan besar beberapa komponen yang ada menyerupai noken as dan piano klep sudah aus dalam pemakaianan selama 3 tahun atau lebih. Oleh alasannya itu tidak layak apabila kita menyetel klep dalam posisi top. Namun ada beberapa tips yang bisa kita gunakan untuk menyetel klep motor tanpa berada di posisi top untuk motor yang sudah usang penggunannya. Apa saja itu? berikut bis anda simak.
- Sama menyerupai langkah pertama diatas, pastikan anda membuka tutuk klep pada motor
- Setelah terbuka silahkan anda putar magnit dengan berlawanan arah jarum jam dan posisikan piano klep tersebut untuk menekan salah satu tiyang payung klep
- Jika ketika memutar magnit ternyata klep api dalam posisi terbuka, maka stel klep minyaknya dan jikalau disaat memutar magnit ternyata piano klep dalam posisi menekan tiang klep bab klep minyak yang mengarah ke karburator, maka yang di stel klepnya ialah klep api dan sesuaikan jarak kerengganannya supaya simpel hidup atau pastikan jangna terlalu kencang
- Silahkan lihat hasilnya, tentu anda akan memperoleh sebuah bunyi yang halus sekaligus menciptakan bunyi tik-tik-tik pada mesin motor ketika hidup hilang.
Selain kita harus melaksanakan penyetelan klep motor secara terpola biar kondisi motor tetap prima dan tidak boros dalam penggunaan materi bakar. Kita juga harus selalu mengecek atau memperbaiki busi biar sistem pembakaran pada ruang bakar tetap sempurna. Nah kiranya itulah isu yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang kami tulis diatas bisa menjadi rujukan yang mengasikan dan simpel di pahami.
Sumber https://www.otoflik.com
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "10 Cara Menyetel Klep Motor Yang Baik Sesuai Dengan Kondisinya"
Posting Komentar