Sistimatika Penulisan Laporan Ptk

RAMBU RAMBU SISTIMATIKA PENULISAN LAPORAN PTK

HAKIKAT PTK 

Penelitian tindakan kelas atau yang lebih dikenal dengan sebutan PTK merupakan studi sistematis yang dilakukan oleh guru dalam upaya memperbaiki praktik praktik dalam pendidikan dengan melaksanakan tindakan simpel serta refleksi dari tindakan tersebut.

PTK tersebut dilakukan oleh guru yang bertujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelasnya sehingga berfokus pada proses dan hasil berguru yang terjadi di kelas. Sebagai upaya perbaikan terhadap proses pembelajaran di kelas, dalam PTK terdapat tindakan positif guru dalam proses pembelajaran yang diyakini lebih baik dari biasa dilakukan. 
Guru yang profesional akan segera melaksanakan sesuatu tindakan bila di kelasnya terjadi duduk kasus atau permasalahan yang mengurangi mutu proses dan hasil pembelajaran. 

BAGIAN AWAL 

A. Judul; singkat, spesifik, menggambaran masalah, tindakan, hasil, dan lokasi 
B. Kata Pengantar; berisi proses pelaksanaan PTK dan perlunya dilakukan PTK 
C. Daftar isi 
D. Abstak; berisi uraian umum dan lengkap yang disajikan secara singkat lebih kurang 1-2 halaman, ditulis dengan spasi tunggal. 

BAGIAN ISI: 

BAB I 
Pendahuluan 
  1. Latar belakang; berisi wacana kondisi positif banyak sekali hal yang terjadi di sekolah, bersifat penting dan mendesak untuk dipecahkan, upaya dan alasan pemecahan maslah, alasa mengapa maslah tersebut penting untuk dipecahkan. 
  2. Rumusan maslah; kalimat tanya yang berisi tentang: indikator kasus yang akan dipecahkan, tindakan yang akan dilakukan, dan subyek yang akan dikenai tindakan. 
  3. Tujuan: berisi tujuan umum, tujuan khusus atau cukup tujuan berisi wacana tujuan yang sanggup diukur ketercapaiannya. 
  4. Hipotesis: berisi dugaan sementara wacana hasil yang akan dicapai bila kasus tersebut digarap. 
  5. Manfaat: berupa manfaat bagi siswa, guru, sekolah, atau komponen yang terkait. lebih baik kemukakan hal yang berupa inovasi. 


BAB II : 
LANDASAN TEORI Kemukakan teori dan pustaka yang relevan, dan memberi arah serta petunjuk pada pelaksanaan PTK. Diperlukan adanya perjuangan untuk membangun argumentasi teoritis yang menunjukkan bahwa tindakan yang diberikan dimungkinkan sanggup meningkatkan mutu proses pembelajaran di klas. Pada simpulan penggalan ini sanggup ikemukakan hipotesis tindakan. Uraian pada penggalan ini harus lebih lengkap dan rinci dibanding dengan uraian yang ada pada penggalan yang sama di ajuan penelitian. 

Bab III:
Metode Penelitian 
  1. Rancangan penelitian; berisi jenis penelitian, rancangan yang digunakan, siklus yang direncanakan, cara pengumpulan dan analisis data. 
  2. Lokasi dan waktu penelitian; berisi wacana lokasi sekolah, kelas berapa, jumlah siswa, komposisi siswa, situasi lingkungan siswa, berapa usang penelitian dilakukan (sebutka antara waktu) 
  3. Indikator keberhasilan; berisi berupa indikator keberhasilan yang menjadi acuankeberhasilan dalam setiap tindakan, berupa gradasi menyerupai (80-100: sangat berhasil, 60-79: berhasil, 40-59: cukup berhasil, 20-39: kurang berhasil, 0-19 : tidak berhasil, Kalu kemampuan kognitif yang diukur angka Kriteria Ketuntasan Minimal bisa dijadikan sebagai acuan. 
  4. Prosedur penelitian (siklus tindakan); berisi tindakan tiap siklusnya, yang dalam setiap siklus berupa: acara perencanaan, acara pengamatan serta acara refleksi, refleksi pada siklus pertama bisa dijadikan pola untuk perencanaan tindakan pada siklus kedua dan seterusnya.
  5. Instrumen yang digunakan; berisi paparan wacana alat pengumpulan data yang dipakai dan alasan penggunaannya, yang mencakup pedoman observasi, alat perekam, dll. 
  6. Teknik pengumpulan data; berisi paparan wacana langkah-langkah dalam elaksanaan pengamatan, wawancara, donasi evaluasi, dll. 
  7. Teknik analisis data; berisi paparan wacana proses pengolahan data, yang mencakup reduksi data, pembuatan tabel, pembuatan diagram, dll. 
Bab IV
Hasil Penelitian dan Pembahasan 
Berisi hasil pengamatan dan observer, analisis data dan refleksi dari acara dalam setiap siklus. Hasil refleksi merupakan planning tindakan dalam tiap siklusnya. Hasil pengamatan berupa tindakan guru dan acara siswa. I.

BAGIAN AKHIR

Bab V 
Simpulan dan Saran 
Berisi simpulan dari penelitian dan saran tindakan perbaikan atas hasil penelitian (bisa berupa rekomendasi) 

Lampiran-lampiran: 
Berisi rancangan materi/bahan ajar, semua instrument penelitian, sampel tanggapan siswa, dokumen/foto kegiatan, ijin penelitian, serta bukti lain yang dipandang perlu.



Sumber http://mgmpmat16.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sistimatika Penulisan Laporan Ptk"

Posting Komentar