√ Planet Jupiter Diperkirakan Masih Dapat Terlihat Sampai Juli, Begini Caranya

Peneliti Planetarium Jakarta Widya Sawitar memperkirakan planet Jupiter masih dapat terliha √ Planet Jupiter Diperkirakan Masih Bisa Terlihat Hingga Juli, Begini Caranya
Foto: the Know Denver Post

Teknologi.id – Peneliti Planetarium Jakarta Widya Sawitar memperkirakan planet Jupiter masih dapat terlihat hingga Juli mendatang.


“Kita nanti akan hitung lagi. Tapi Jupiter kemungkinan terlihat terang bulan Juli. Kalau kini masih rendah [posisi Jupiter] mungkin nanti akan lebih tinggi,” ujar Widya kepada awak media di Planetarium Jakarta, Senin (10/6) malam.


Widya mengungkapkan jikalau posisi Jupiter yang paling ideal biar dapat terlihat terang ialah sesudah pukul 20.00 WIB. Namun, ia menyampaikan hal itu dapat terjadi tergantung waktu dalam satuan bulan.


Baca juga: China Buka Markas Simulasi Planet Mars di Gurun Gobi


“Mungkin kalau lewat jam 8 malam itu sudah dapat kelihatan ya, kadang kala jam 8 malam sudah tinggi di atas tergantung bulannya kapan,” jelasnya.


Ia juga menyampaikan jikalau Jupiter terlihat dengan jelas, orang awam dapat melihat abjad unik planet itu yakni ukurannya yang besar serta teladan planet ibarat badai.


Selain itu, jikalau langit cerah, pengunjung dapat melihat setidaknya 79 satelit yang tengah mengorbit di Jupiter.


Cara melihat Planet Jupiter


Planetarium Jakarta menyediakan acara yang diperuntukan bagi masyarakat umum biar dapat melihat fenomena Bulan dan Jupiter melalui teleskop khusus yakni Reflektor. Kegiatan peneropongan dimulai pada 10-14 Juni dan dilanjutkan pada 17 Juni mendatang.


Melansir dari detikinet, planet Jupiter juga dapat dilihat melalui aplikasi ibarat Star Walk 2 yang tersedia untuk Android dan iOS.


Di sisi lain, berdasarkan NASA, untuk melihat pribadi pemandangan Jupiter hanya membutuhkan teropong binokular saja.


Baca juga: Ilmuwan Eropa Temukan Planet Penuh Batu Permata


Meski demikian, di bulan ini tak cuma Jupiter saja yang bakal terlihat tapi juga keempat bulan terbesarnya – Io, Europa, Ganymede, dan Callisto.


Menurut Nasa dari tanggal 14 hingga 19 Juni, dapat melihat ‘susunan indah’ bulan, Jupiter, dan Saturnus yang berubah setiap malam ketika bulan mengorbit bumi.


(DWK)



Sumber https://teknologi.id

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "√ Planet Jupiter Diperkirakan Masih Dapat Terlihat Sampai Juli, Begini Caranya"

Posting Komentar