METODOLOGI PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
Pengertian Metode Penelitian
Metodologi merupakan kepingan penting dalam melaksanakan suatu penelitian. Metodologi juga sanggup dipandang sebagai kepingan dari nalar yang mengkaji kaidah kebijaksanaan sehat yang tepat. Sebuah penelitian membutuhkan metodologi yang sempurna lantaran metodologi sangat memilih efektivitas penelitian yang dilakukan.
Dengan metodologi yang tepat, penelitian akan menghasilkan output yang berkualitas.
Menurut Suharto, planning penelitian harus logis, diikuti oleh unsur-unsur yang urut, konsisten, dan operasional, menyangkut bagaimana penelitian tersebut dijalankan.[1] Artinya, penelitian merupakan suatu rangkaian aktivitas yang bersifat ilmiah dan sanggup dibuktikan kebenarannya lantaran menurut pada data faktual yang terdapat di lapangan, sehingga, serangka mekanisme yang harus dirancang oleh peneliti haruslah aktivitas yang sanggup diukur pencapaiannya.
Menurut beberapa jago sanggup disimpulkan terkait apa dan bagaimana metode penelitian ilmiah itu, berikut ini ialah beberapa pengertian tersebut:
- Metode ialah cara evaluasi, analisis, dan seleksi dari banyak sekali alternatif cara atau teknik. Metode sanggup digambarkan sebagai langkah-langkah untuk melaksanakan penelitian. Misalnya metode analisis kimia, metode analisis kimia instrumental, metode analisis statistik, dan seterusnya.
- Metode ilmiah ialah cara menerapkan prinsip-prinsip logis terhadap penemuan, legalisasi dan penjelasan. Metode ilmiah harus didasarkan pada data dan fakta yang benar dan bebas dari penilaian subjektif.
- Metode penelitian merupakan sub kepingan perencanaan proposal penelitian . metode dibagi menjadi 4 kelompok yaitu:
- Metode historis ialah uoaya untuk mengungkap/ mengkaji arti dan kekerabatan kehidupan umat insan menurut dokumen ilmiah yang dihasilkan oleh pendahulunya atau dokumen sejarah.
- Metode survey deskriptif, dipakai untuk mengumpulkan data hasil survey dengan pengamatan sederhana. Selanjutnya peneliti mengelompokan kejadian-kejadian tersebut menurut pengamatan melalui pengumpulan kuesioner, pengumpulan pendapat, dan pengamatan fisik.
- Metode survey analitik ialah cara yang dipakai untuk mengumpulkan data kuantitatif. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis memakai statistic untuk diinterpretasikan dan disimpulkan.
- Metode eksperimental dipakai untuk mengumpulkan data primer di laboratorium atau data sekunder dari peneliti lain. Metode ini dipakai untuk mencari dan menemukan hubungannya antara sebab(independent variable) dan tanggapan (dependent variable).
A. Latar Belakang
Penelitian tindakan ialah suatu proses yang dilalui oleh perorangan atau kelompok yang menghendaki perubahan dalam situasi tertentu untuk menguji mekanisme yang diperkirakan akan menghasilkan perubahan tersebut dan kemudian, sesudah hingga pada tahap kesimpulan yang sanggup dipertanggungjawabkan, melaksanakan mekanisme tersebut. Sejak kira – kira sepuluh tahun yang lalu, muncul sebuah pendekatan penelitian yang eksklusif menjadi terkenal.Pendekatan tersebut dikenal dengan nama Penelitian Tindakan Kelas, dari negeri asal yang berbahasa Inggris dengan istilah Classroom Action Research, disingkat CAR. Penelitian tersebut muncul lantaran adanya kesadaran pelaku aktivitas yang merasa tidak puas dengan hasil kerjanya. Dengan didasari atas kesadaran sendiri, pelaku yang bersangkutan mencoba menyempurnakan pekerjaannya, dengan cara melaksanakan percobaan yang dilakukan berulang – ulang, prosesnya diamati dengan sungguh – sungguh hingga mendapat proses yang dirasakan memperlihatkan hasil yang lebih baik dari semula. Dari semua bentuk penelitian maka penelitian tindakan kelas merupakan penelitian yang paling terapan dan praktis. Para penelitian tindakan kelas menyidik suatu problem khususnya problem pembelajaran dengan tujuan untuk berbagi suatu solusi dari problem tersebut. Dalam pembahasan ini akan dibahas pengertian penelitian tindakan kelas, prinsip – prinsip, model, jenis, karakteristik, tujuan, manfaat, serta kelemahan dan kelebihan dari tindakan kelas.
B. Rumusan Masalah
Dalam penulisan ini, ada beberapa hal yang ingin kami olok-olokan sebagai berikut:
1. Apa pengertian dari penelitian tindakan kelas?
2. Bagaimana prinsip dan model penelitian tindakan kelas?
3. Bagaimana jenis-jenis dan karakteristik penelitian tindakan kelas?
4. Apa saja tujuan dan manfaat penelitian tindakan kelas?
5. Apa kelemahan dan kelebihan dari penelitian tindakan kelas?
6. Mengapa perlu adanya sasaran atau obyek dari penelitian tindakan kelas?
7. Bagaimana teladan dari planning penelitian tindakan kelas?
8. Bagaimana pelaksanaaan penelitian tindakan kelas?
C. Tujuan Penulisan
Tujuan merupakan titik selesai yang hendak dicapai dalam setiap kegiatan, lantaran jikalau tanpa tujuan aktivitas tersebut akan tidak memiliki arah.
Demikian dengan penulisan ini. Berangkat dari permasalahan – permasalahan diatas, maka tujuan yang hendak dicapai sebuah makalah ini sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui pengertian dari penelitian tindakan kelas.
2. Untuk mengetahui prinsip dan model penelitian tindakan kelas.
3. Untuk mengetahui jenis dan karakteristik penelitian tindakan kelas.
4. Untuk mengetahui tujuan dan manfaat dari penelitian tindakan kelas.
5. Untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan dari penelitian tindakan kelas.
6. Untuk mengetahui adanya sasaran atau obyek dari penelitian tindakan kelas.
7. Untuk mengetahui teladan dari planning penelitian tindakan kelas.
8. Untuk mengetahui pelaksanaan penelitian tindakan kelas.
D. Manfaat & amp;
Kegunaan Penulisan Manfaat dan kegunaan penulisan merupakan dampak dari tercapainya tujuan. Kalau tujuan penelitian sanggup tercapai, dan rumusan duduk masalah sanggup terjawab secara akurat, maka kini kegunaannya dari penulisan makalah ini ialah untuk menjelaskan perihal keseluruhan dari penelitian tindakan kelas.
SISTEMATIKA PENULISAN PTK
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penulisan
D. Manfaat dan Kegunaan Penulisan
E. Sistematika Penulisan
BAB II
LANDASAN TEORI
A. Pengertian Penelitian Tidakan Kelas
B. Prinsip-prinsip Penelitian Tindankan Kelas
C. Model Penelitian Tindakan Kelas
D. Jenis-jenis Penelitian Tindakan Kelas
E. Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas
F. Tujuan dan Manfaat Penelitian Tindakan Kelas
G. Kelemahan dan Kelebihan Penelitian Tindakan Kelas
BAB III
PEMBAHASAN
A. Sasaran atau Obyek Penelitian Tindakan Kelas
B. Contoh Rencana Penelitian Tindakan Kelas
C. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas
BAB IV
PENUTUP
A. Simpulan
B. Saran
RELATED POSTS
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Metodologi Penelitian Ptk"
Posting Komentar