Angklung melodi mempunyai dua bumbung nada. Bumbung nada depan (kecil) dan bumbung nada belakang (besar). Bumbung nada depan bunyinya satu oktaf lebih tinggi daripada bunyi nada bumbung belakang. Angklung melodi yang lengkap akan meliputi wilayah bunyi nada empat oktaf, dan nada bumbung belakang angklung besar (e) hingga dengan bunyi nada bumbung depan angklung epilog (terkecil - c’). Luas nada angklung melodi maksimal nada oktaf. Apabila dilengkapi dengan nada sisipan (kromatis), jumlah semuanya menjadi 37 buah angklung dari nada terbawah c hingga dengan tertinggi e.
Angklung-angklung melodi perlu diberi nomor urut 1–37 dan huruf-huruf yang berpedoman satu abjad untuk satu warna nada. Hal ini dilakukan biar tidak membingungkan dalam menentukan dan menyebut nada angklung.
Sebelum memainkan angklung, harus diperhatikan terlebih dahulu kondisi dan kelengkapan angklung-angklung. Sikap dan cara membunyikan angklung melodi yaitu sebagai berikut.
1) Sikap Umum
Agar sanggup memainkan angklung dengan baik, ikuti petunjuk berikut:
a) Tangan kiri memegang ujung tiang depan.
b) Angklung menghadap ke arah kiri pemain.
c) Garis antara siku dengan pergelangan tangan kiri sejajar dengan garis permukaan tanah.
d) Dipandang dari samping, angklung harus tegak lurus rata dengan tegak tubuh pemain.
e) Usahakan posisi angklung berada sempurna di depan pinggul kanan.
f) Telunjuk bersama ibu jari asisten memegang pangkal bawah tiang belakang angklung, sedangkan jari tengah masuk ke dalam lubang belahan sepatu angklung, bab belakang, mengontrol tinggi rendah posisi angklung, dan bersama dengan telunjuk dan ibu jari mengatur getaran angklung yang berpusat pada pergelangan tangan kanan.
g) Bunyi angklung tergantung bagaimana memajukan batang angklung.
2) Sikap Khusus
Dalam bermain angklung, bunyi sanggup dihasilkan dengan teknik-teknik memainkannya. Adapun teknik-teknik memainkannya yaitu sebagai berikut:
a) Bunyi Panjang
Untuk menghasilkan nada panjang sanggup dilakukan dengan cara angklung tegak lurus dengan lantai dilihat dari segala arah. Gerakan angklung bersumbu pada pergelangan tangan kiri yang tidak bergerak.
b) Bunyi Pendek
Untuk menghasilkan bunyi pendek, angklung tegak dan kendalikan dengan tangan kanan. Gerakannya ibarat menarik batang tongkat pancing (Jawa: sendhal pancing), tanpa memiringkan angklung ke kanan maupun ke kiri.
c) Bunyi Sangat Pendek
Untuk menghasilkan bunyi sangat pendek atau marcato dilakukan dengan caranya angklung condong ke kiri dengan menarik pegangan asisten ke samping. Goyangkan bab pangkal angklung dengan cara sendhal pancing.
d) Bunyi Cacah
Untuk menghasilkan bunyi cacah, caranya yaitu angklung dipegang dengan posisi miring ke depan menghadap bawah, dipegang dekat pada tangan kiri di kedua tiang tengah dan belakang. Adapun telapak asisten membentur pangkal belakang sepatu angklung.
Sumber http://seputarsenibudaya.blogspot.com
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58Related Posts :
Macam-Macam Jenis Musik Di Asia Dan Ciri Khasnya Substansi dasar dalam musik yaitu bunyi. Musik yaitu seni penataan bunyi secara cermat yang membentuk contoh teratur, merdu, dan apresiasi … Read More...
Ciri Khas Musik Melayu Substansi dasar dalam musik yaitu bunyi. Musik yaitu seni penataan suara secara cermat yang membentuk teladan teratur, merdu, dan ap… Read More...
Macam-Macam Jenis Musik Asal Dari Timur Tengah Musik Timur Tengah, antara lain qasidah. Qasidah ialah lagu bernapaskan Islam yang melodinya berakar pada lagu Timur Tengah (Arab). Pen… Read More...
Contoh Tari Tunggal Dan Kelompok Populer Di Indonesia 1. Tari Tunggal a. Tari Rantak Tari ini berasal dari kawasan Minangkabau, Sumatra Barat. Dalam penyajiannya, Tari rantak ini sanggu… Read More...
Teknik / Cara Memainkan Angklung Melodi Yang Baik Dan Benar Angklung melodi mempunyai dua bumbung nada. Bumbung nada depan (kecil) dan bumbung nada belakang (besar). Bumbung nada depan bunyinya satu … Read More...
0 Response to "Teknik / Cara Memainkan Angklung Melodi Yang Baik Dan Benar"
Posting Komentar