√ Software Ini Dapat Perbaiki Foto ‘Gepeng’ Akhir Lensa Ultra-Wide Di Ponsel

Salah satu teladan koreksi distorsi pada foto wajah tangkapan lensa kamera ultra wide denga √ Software Ini Bisa Perbaiki Foto ‘Gepeng’ Akibat Lensa Ultra-Wide di Ponsel
Salah satu teladan koreksi distorsi pada foto wajah tangkapan lensa kamera ultra wide dengan software Google. GIF: Gizmodo

Teknologi.id – Belakangan semakin banyak ponsel yang menyematkan lensa ultra-wide. Sebab, mempunyai bidang pandang yang luas untuk dipakai memotret pemandangan, arsitektur, foto selfie maupun grup.


Sayangnya saat memotret dengan lensa ultra-wide ada kekurangan berupa distorsi yang dapat menciptakan bangunan jadi tampak miring. Jika berfoto secara grup, wajah orang di foto dapat terlihat “gepeng” menyerupai tertarik (stretched). Terutama untuk orang yang berada di pinggir frame foto.


Baca juga: Redmi K20 dan K20 Pro Resmi Meluncur, Ini Spek dan Harganya


Sekelompok peneliti dari Google dan Universitas Massachussetts Institute of Technology (MIT) menyebarkan software khusus untuk mengatasi dilema distorsi lensa ultra-wide-angle dengan gampang dan otomatis tanpa mensugesti tampilan subyek lain dalam foto.


Software yang dimaksud merupakan algoritma content aware yang dapat mengenali isi foto dan memperbaiki tampilan hanya di serpihan wajah yang terdistorsi dengan teknik warping mesh.


Transisi antara wajah hasil koreksi dan elemen lain dalam foto pun dapat dibikin mulus sehingga tak kentara telah diperbaiki.


Baca juga: Microsoft Luncurkan ‘ElectionGuard’, Software Open Source Pemantau Pemilu


“Algoritma ini sepenuhnya bekerja secara otomatis dan beroperasi dengan tingkat interakfif di platform mobile,” tulis tim peneliti dalam laporan riset pengembangan software yang bersangkutan.


Mereka menyebutkan kalau software itu dapat bekerja memperbaiki distorsi wajah di hasil jepretan kamera berlensa lebar dengan cakupan bidang pandang mulai 70 derajat sampai 120 derajat.


Sebagaimana dirangkum dari PetaPixel, Kamis (20/6/2019), mengingat bahwa para peneliti di balik proyek ini dipekerjakan oleh Google, bukan mustahil nantinya ponsel seri Pixel bikinan Google akan mempunyai kamera ultra-wide yang bebas distorsi wajah.



(dwk)



Sumber https://teknologi.id

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "√ Software Ini Dapat Perbaiki Foto ‘Gepeng’ Akhir Lensa Ultra-Wide Di Ponsel"

Posting Komentar