Kumpulan Doa Doa Pilihan Nabi Muhammad

 berarti kita mengakui kelemahan diri dan meyakini Kumpulan doa doa pilihan Nabi Muhammad

Pertama-tama anda harus tau 

apa itu 'Doa'......

Doa ialah inti sari ibadah , mengandung makna bahwa dengan berdoa , berarti kita mengakui kelemahan diri dan meyakini  ALLAH lah yang kuasa semesta alam dan tidak ada sekutu bagi-NYA.


Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa doa ialah :

·         pokok ibadah
·         senjata orang mukmin
·         tiang agama
·         nur dilangit dan dibumi

Ini lah kumpulan Do’a – Do’a  dari Nabi Muhammad :


وَمِنْهُم مَّن يَقُولُ رَبَّنَآ ءَاتِنَا فِى ٱلدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى ٱلْءَاخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ

Wahai Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan dunia dan kebaikan di alam abadi dan periharalah kami dari adzab neraka.”
(QS Al Baqarah : 201)

 Menurut riwayat Al-Baghawy dari Anas ra, do’a inilah yang selalu diucapkan Nabi Muhammad (lihat tafsir Al-Baghawy I :158)


 رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ إِن نَّسِينَآ أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُۥ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِۦ ۖ وَٱعْفُ عَنَّا وَٱغْفِرْ لَنَا وَٱرْحَمْنَآ ۚ أَنتَ مَوْلَىٰنَا فَٱنصُرْنَا عَلَى ٱلْقَوْمِ ٱلْكَٰفِرِينَ

”Ya Tuhan kami, Janganlah Engkau aturan kami jikalau kami lupa atau kami bersalah. Ya Tuhan kami, Janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang yang sebelum kami. Ya Tuhan kami, Janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami, ampunilah kami dan rahmatilah kami. Engkaulah penolong kami maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.

 (QS. Al-Baqarah : 286)
 Menurut riwayat Al-Baihaqy, Nabi Muhammad bersabda : ”Dua ayat dari selesai AL-Baqarah, apabila seseorang membacanya dimalam hari, maka terpeliharalah ia dari segala bencana.”


رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنتَ ٱلْوَهَّابُ

”Ya Allah, Janganlah Engkau palingkan hati kami setelah mendapatkan petunjuk Engkau, dan berilah kami akan Rahmat dari Engkau. Sesungguhnya Engkau ialah Dzat yang banyak pemberiannya.” 
(QS. Al-Imran : 8)

 Menurut riwayat AL-Baghawy, Nabi bersabda : ”Segala jiwa insan terletak antara dua tangan Tuhan, Tuhan memerengkan dan Tuhan melempangkannya. Karena itu Nabi berdo’a selalu mengucapkan : Allahumma ya muqallibal qulubi tsabit qulubana ’ala diinika. 

رَبَّنَآ إِنَّكَ جَامِعُ ٱلنَّاسِ لِيَوْمٍ لَّا رَيْبَ فِيهِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُخْلِفُ ٱلْمِيعَادَ

”Ya Tuhan kami, bekerjsama Engkau mengumpulkan insan untuk (menerima pembalasan) pada hari yang tak ada keraguan padanya.” Sesungguhnya Allah tidak menyalahi janji. 
(QS. Al-Imran : 9)


قُلِ ٱللَّهُمَّ مَٰلِكَ ٱلْمُلْكِ تُؤْتِى ٱلْمُلْكَ مَن تَشَآءُ وَتَنزِعُ ٱلْمُلْكَ مِمَّن تَشَآءُ وَتُعِزُّ مَن تَشَآءُ وَتُذِلُّ مَن تَشَآءُ ۖ بِيَدِكَ ٱلْخَيْرُ ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ

”Katakanlah : Wahai Tuhan yang memiliki kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau Cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Ditangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. Engkau masukkan malam kesiang dan Engkau masukkan siang kedalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau beri rezeki siapa yang Engkau kehendaki tanpa hisap. 

(QS. Ali Imran : 26-27)
 Menurut riwayat Al-Baghawy bahwa Rasulullah SAW bersabda : Fatihatul Kitab dan dua ayat dari Al – Imron yaitu dari ayat 26-27 bila dibaca dibelakang shalat, pasti Tuhan menjanjikan Syorga untuknya.


وَقُل رَّبِّ أَدْخِلْنِى مُدْخَلَ صِدْقٍ وَأَخْرِجْنِى مُخْرَجَ صِدْقٍ وَٱجْعَل لِّى مِن لَّدُنكَ سُلْطَٰنًا نَّصِيرًا

”Ya Tuhanku, masukkanlah saya dengan cara yang baik dan keluarkanlah saya dengan cara yang baik dan berikanlah kepadaku dari sisi Engkau kekuasaan yang menolong.”
 (QS. Al-Israa : 80)

 Menurut keterangan andal tafsir, Nabi SAW berdo’a dengan do’a ini memohon kepada Allah agar ia sanggup mengalahkan musuh-musuhnya sehabis berkediaman di Madinah.


فَتَعَٰلَى ٱللَّهُ ٱلْمَلِكُ ٱلْحَقُّ ۗ وَلَا تَعْجَلْ بِٱلْقُرْءَانِ مِن قَبْلِ أَن يُقْضَىٰٓ إِلَيْكَ وَحْيُهُۥ ۖ وَقُل رَّبِّ زِدْنِى عِلْمًا

Maka Maha Tinggi Allah Raja Yang sebenar-benarnya, dan janganlah kau tergesa-gesa membaca Al qur'an sebelum disempurnakan mewahyukannya kepadamu, dan katakanlah: "Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan" ( doa ditambah faham dan ilmu yang luas )

 Menurut keterangan andal tafsir, do’a inilah yang diucapkan Nabi untuk memperoleh faham yang luas dalam memahamkan ayat-ayat Allah.


قَٰلَ رَبِّ ٱحْكُم بِٱلْحَقِّ ۗ وَرَبُّنَا ٱلرَّحْمَٰنُ ٱلْمُسْتَعَانُ عَلَىٰ مَا تَصِفُونَ

”Ya Tuhanku, berilah keputusan dengan adil. Dan Tuhan kami ialah Tuhan Yang Maha Pemurah lagi yang dimohonkan pertolongan-Nya terhadap apa yang kau katakan.” 
(QS. Al-Anbiyaa : 112)
 Menurut keterangan andal tafsir, do’a inilah yang diucapkan Nabi Muhammad sebelum ia memperoleh kemenangan perang Badar. (Al-Khazim 4 : 264)


رَبِّ فَلَا تَجْعَلْنِى فِى ٱلْقَوْمِ ٱلظَّٰلِمِينَ

”Ya Tuhanku, maka janganlah Engkau jadikan saya berada diantara orang-orang yang dzalim.”
 (QS. Al_Mukminun : 94)

 Menurut keterangan andal tafsir do’a inilah yang diucapkan Nabi Muhammad agar dipelihara Allah dari peristiwa yang mungkin menimpa kaum yang dzalim.


وَقُل رَّبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنْ هَمَزَٰتِ ٱلشَّيَٰطِينِ 
وَأَعُوذُ بِكَ رَبِّ أَن يَحْضُرُونِ 

”Ya Tuhanku saya berlindung kepada-Mu dari bisikan – bisikan syaithan. Dan Aku berlindung (pula) kepada Engkau ya Tuhanku dari kedatangan mereka kepadaku.”
 (QS. Al-Mukminun : 97-98)

 Menurut keterangan andal tafsir inilah salah satu do’a yang diperintahkan agar Nabi membacanya : Karena do’a ini sering sekali meminta proteksi dengan membaca do’a ini, yang tersebut dalam Iftitah shalat. (Lihat Al-Khazim, 5 : 36)




Sumber http://untuksemua101.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kumpulan Doa Doa Pilihan Nabi Muhammad"

Posting Komentar