Pengertian Komunikasi Bisnis

Komunikasi Bisnis ialah komunikasi yang dipakai dalam dunia bisnis yang meliputi aneka macam macam jenis dan bentuk komunikasi untuk mencapai tujuan bisnis.Karena Komunikasi bisnis ini merupakan komunikasi yang terjadi di dunia bisnis, kita dilarang melanggar norma-norma yang ditetapkan oleh dunia bisnis saat melaksanakan komunikasi. Berikut ialah beberapa pengertian komunikasi bisnis, antara lain :

sumber gambar: http://incedogroup.com/tag/business-communication-skills/
Komunikasi bisnis, ialah setiap komunikasi yang dipakai untuk membangun partnerships, sumber daya intelektual, untuk mempromosikan satu gagasan; suatu produk; servis; atau suatu organisasi, dengan sasaran untuk membuat nilai bagi bisnis yang dijalankan. 

Komunikasi Bisnis meliputi pengetahuan yang menyeluruh dari sisi internal dan eksternal bisnis tersebut. Komunikasi yang internal termasuk komunikasi visi (perseroan/perusahaan), strategi, rencana-rencana, kultur/budaya perusahaan, nilai-nilai dan prinsip dasar yang terdapat di perusahaan, motivasi karyawan, serta gagasan-gagasan, dll. 

Komunikasi eksternal termasuk merek, pemasaran, iklan, relasi pelanggan, humas, hubungan-hubungan media, negosiasi-negosiasi bisnis, dll. Bagaimanapun bentuknya, semua hal tersebut mempunyai tujuan yang sama, yaitu membuat suatu nilai bisnis (create business value).

Komunikasi bisnis ialah komunikasi yang dipakai dalam dunia bisnis yang meliputi aneka macam macam bentuk komunikasi baik komunikasi lisan maupun nonverbal. 

Komunikasi bisnis ialah proses pertukaran pesan atau info untuk mencapai efektivitas dan efisiensi produk kerja di dalam struktur dan sistem organisasi. Dalam acara komunikasi bisnis, pesan hendaknya tidak hanya sekedar informatif tetapi juga haruslah Persuasif, supaya pihak lain bersedia mendapatkan suatu paham atau keyakinan atau melaksanakan suatu perbuatan atau kegiatan.

Komunikasi bisnis adalah proses pertukaran pesan atau info untuk mencapai efektivitas dan efisiensi produk kerja di dalam struktur dan sistem organisasi. Dalam acara komunikasi bisnis, pesan hendaknya tidak hanya sekedar informatif tetapi juga haruslah Persuasif, supaya pihak lain bersedia mendapatkan suatu paham atau keyakinan atau melaksanakan suatu perbuatan atau kegiatan.

Komunikasi bisnis berbeda dengan komunikasi antar langsung maupun komunikasi lintas budaya. Komunikasi antar langsung ( interpersonal communications) merupakan bentuk komunikasi yang lazim dijumpai dalam kehidupan seharihariantara dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan komunikasi lintas budaya ( intercultural / communication) merupakan bentuk komunikasi yang dilakukan antara dua orang atau lebih, yang masing – masing mempunyai budaya yang berbeda. 


sumber:
Etika Profesi dan Profesional Bekerja, Nur Kasanah, S.E. Depdikbud

Sumber http://elearningsmk.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Komunikasi Bisnis"

Posting Komentar