Kali ini saya akan mencoba membahas Cara menyetel klep motor secara lengkap dan jelas. Makara untuk teman yang ingin mengetahui bagaimana Cara menyetel klep motor yang benar, mari simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.
Katup atau yang sering kita sebut klep merupakan salah satu komponen pada mesin motor yang mempunyai sifat dinamis yang biasanya terpasang dikepala silinder. Meskipun ukuran klep tidak terlalu besar namun keberadaan klep atau katup pada mesin motor sangatlah penting demi lancarnya kinerja mesin motor. Karena klep ini berada pada zona pembakaran materi bakar pada mesin.
Akibat Jarak Yang Terlalu Rapat
Sumber http://hellwin6661.blogspot.com Untuk fungsi klep motor yang paling utama yaitu untuk membuka dan menutup pintu terusan masuk gas dari karburator ke ruang bakar yang dilanjutkan ke silinder, sedangkan untuk fungsi klep EX sendiri untuk membuka serta menutup terusan gas buang yang biasanya terhubung dengan knalpot. Melihat fungsi klep motor tersebut, maka sudah sewajarnya kalau kita harus memantau kondisi dari klep itu sendiri.
Dan permasalahan yang seringkali terjadi pada klep motor yaitu perubahan setingan klep itu sendiri.Ada dua permasalahan setingan klep motor yang sering terjadi yakni gap jarak klep yang terlalu renggang dan jarak klep yang terlalu rapat. Dari kedua duduk kasus setingan klep motor tersebut mempunyai imbas masing masing pada kinerja mesin. Berikut ini Eefek jarak klep yang terlalu rapat dan terlalu renggang.
Akibat Jarak Yang Terlalu Renggang
- Mesin motor tidak dapat stasioner atau langsam
- Kinerja motor akan tersendat khususnya pada putaran tinggi
- Mesin motor cepat panas dan tenaga loyo
- Jika dihidupkan akan timbul suara ngelitik
- Motor susah dihidupkan
Akibat Jarak Yang Terlalu Rapat
- Konsumsi materi bakar lebih boros
- Mesin motor tidak dapat stasioner atau langsam
- Performa mesin motor berkurang alias lonyo
- Susah untuk dinyalakan
- Kompresi pada motor menjadi kurang alasannya yaitu bocor.
Itulah imbas atau tanggapan setingan stel klep yang tidak seimbang lantaran terlalu renggang dan terlalu rapat. Dan tidak dapat dipungkiri cara menyetel klep motor ini cukup susah khususnya untuk mereka yang tidak familiar atau jarang mengotak atik mesin. Karena dalam menyetel klep motor perlu pengetahuan yang luas dan ketelitian, namun untuk memudahkan teman yang ingin mencar ilmu menyetel klep motor sendiri. Berikut ini kami berikan Bagaiamana cara menyetel klep motor yang benar dan pas.
Cara Menyetel Klep Motor Yang Benar
- Hal pertama yang perlu dilakukan ketika ingin menyetel klep motor yaitu dengan membuka terlebih dahulu tutup klep motor pada pecahan bawah dan atas
- Kemudian dilanjutkan dengan membuka tutup yang ada di kolam magnit, pada umumnya ada dibagian tengah dan atas kolam magnit motor yang berbentuk bulat, besar serta kecil kemudian buka pakai obeng biasa.
- Jika semua sudah terbuka, tempatkan piston pada titik mati atas atau yang dikenal dengan TMA serta noken as pada posisi netral. Untuk caranya putarlah magnet secara berlawanan arah jarum jam serta sambil mengamati silinder atas atau piano klep di posisi menekan tiang klep. Dan usahakan pada dikala memutar piano klep posisinya menekan pada tiang payung klep dan usahakan posisi piano klep juga menekan tiang klep pecahan api lebih dahulu yang mengarah ke knalpot, kemudian putar lagi magnetnya hingga piano klep menekan pada tiang klep payung klepa atas kemudian lihat posisi TANDA TOP pada magnet dengan arahan abjad “T”. Jika sudah terlihat abjad tersebut berarti posisi piston pada TMA dan Noken As Posisi netral di posisi netral.
- Langkah selanjutnya yaitu dengan mencoba menggoyangkan klep ke kiri dan kanan atau atas dan bawah. Apabila masih terasa longgar, cobalah kencangkan kembali dengan cara mengkendurkan baut stelan klep serta memutarkan baut setelan klep untuk posisi jarak yang sesuai. Namun yang perlu di ingat jangan terlalu menekan tiang klep untuk menghindari motor susah hidup yang disebabkan kompresinya bocor.
- Dan kalau menyetel klep motor dengan menggunakan alat ukur fuller maka ukuran pada klep motor belibis yaitu 0,03 hingga 0,05 mm, sementara untuk motor sport 0,07 hingga 0,10 mm dan khusus motor hero fu ukurannya yaitu 0,10 s/d 0,15 mm.
Semoga bermanfaat......
source : otosite.net
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "√ Cara Menyetel Klep Motor Dengan Baik & Benar"
Posting Komentar