Berikut ini abahgunil.blogspot.com membagikan Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi HOTS Tahun 2018 Kemendikbud sebagai embel-embel dokumen buku pada blog ini sekaligus sebagai rujukan atau rujukan bagi Bapak/Ibu tenaga pendidik pada satuan pendidikan kurikulum 2013 dalam hal penyusunan perencanaan dan pelaksnaan pembelajaran menjadi lebih baik lagi tentunya sehingga kualitas pendidikan di tanah air tercinta bisa semakin maju.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalu Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Pendidikan (Ditjen GTK) telah berbagi jadwal pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau HOTS (Higher Order Thinking Skill). Hal ini dilakukan dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan kualitas lulusan. Pengembangan jadwal ini mengikuti arah kebijakan Kemendikbud pada tahun 2018 dimana telah terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter dan HOTS.
Peningkatan kualitas pembelajaran dengan berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi merupakan fokus guru dalam peningkatan kualitas penerima didik. Dalam hal ini maka guru membutuhkan buku pegangan yang memperlihatkan keterampilan pengembangan pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Maka dengan adanya buku ini diperlukan sanggup menunjang pemahaman guru dalam perencanaan serta pelaksanaan pembelajaran sehingga kualitas pendidikan meningkat menjadi lebih baik.
Berikut kami paparkan wacana tujuan dikembangkannya Buku Panduan Pembelajaran Berorientasi HOTS tahun 2018 yang akan menjadi pegangan guru dalam berbagi pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Antara lain ialah sebagai berikut;
Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi HOTS 2018.pdf
Demikian gosip dari kami, biar bermanfaat.
Baca Juga :
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalu Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Pendidikan (Ditjen GTK) telah berbagi jadwal pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau HOTS (Higher Order Thinking Skill). Hal ini dilakukan dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan kualitas lulusan. Pengembangan jadwal ini mengikuti arah kebijakan Kemendikbud pada tahun 2018 dimana telah terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter dan HOTS.
Peningkatan kualitas pembelajaran dengan berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi merupakan fokus guru dalam peningkatan kualitas penerima didik. Dalam hal ini maka guru membutuhkan buku pegangan yang memperlihatkan keterampilan pengembangan pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Maka dengan adanya buku ini diperlukan sanggup menunjang pemahaman guru dalam perencanaan serta pelaksanaan pembelajaran sehingga kualitas pendidikan meningkat menjadi lebih baik.
Berikut kami paparkan wacana tujuan dikembangkannya Buku Panduan Pembelajaran Berorientasi HOTS tahun 2018 yang akan menjadi pegangan guru dalam berbagi pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Antara lain ialah sebagai berikut;
- Memberikan pola kepada guru dalam berbagi pembelajaran berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi;
- Memberikan pola kepada kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik;
- Memberikan pola kepada pengawas sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial.
- Guru Jenjang SD (SD), SMP (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk mata pelajaran adaptif dan normatif.
- Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Produktif, Bimbingan Konseling (BK), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) serta Pendidikan Luar Biasa (PLB).
- Kepala Sekolah /Madrasah sebagai bab Supervisi Akademik
- Pengawas Sekolah /Madrasah sebagai bab supervisi akademik dan manajerial
Konsep Berpikir Tingkat Tinggi
Keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dalam bahasa umum dikenal sebagai Higher Order Thinking Skill (HOTS) dipicu oleh empat kondisi. Antara lain;- Sebuah situasi mencar ilmu tertentu yang memerlukan seni administrasi pembelajaran yang spesifik dan tidak sanggup dipakai di situasi mencar ilmu lainnya.
- Kecerdasan yang tidak lagi dipandang sebagai kemampuan yang tidak sanggup diubah, melainkan kesatuan pengetahuan yang dipengaruhi oleh aneka macam faktor yang terdiri dari lingkungan belajar, seni administrasi dan kesadaran dalam belajar.
- Pemahaman pandangan yang telah bergeser dari unidimensi, linier, hirarki atau spiral menuju pemahaman pandangan ke multidimensi dan interaktif.
- Keterampilan berpikir tingkat tinggi yang lebih spesifik menyerupai penalaran, kemampuan analisis, pemecahan masalah, dan keterampilan berpikir kritis dan kreatif.
Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi HOTS 2018.pdf
Demikian gosip dari kami, biar bermanfaat.
Baca Juga :
- Buku Penilaian K13 Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills)
- Modul Panduan Penyusunan Soal HOTS Format PDF
- Buku Literasi Digital Format PDF (Materi Pendukung GLN)
- Karakteristik Soal HOTS Matematika SMP Tahun 2018
- Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi HOTS Tahun 2018 Kemendikbud
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Hots Tahun 2018 Kemendikbud"
Posting Komentar