Sahabat abahagunil.blogspot.com dimanapun berada, pada edisi kali ini abah akan share Buku Penilaian K13 Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) sebagai tumpuan bagi sobat rekan-rekan tenaga pendidik pada satuan pendidikan yang sudah menerapkan Kurikulum 2013. Dengan keberadaan Buku ini, Bapak/Ibu Guru akan mempunyai bekal sehingga bisa melaksanakan kegiatan penilaian berbasis HOTS sehingga akseptor didik terbiasa dengan soal-soal yang berorientasi kepada HOTS dan kemampuan berpikir kritisnya sanggup terdorong.
Peran guru profesional dalam pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan mencar ilmu akseptor didik dan mengahsilkan lulusan yang berkualitas. Guru profesional yaitu guru yang kompeten dalam membangun dan membuatkan proses pembelajaran yang baik dan efektif sehingga sanggup menghasilkan akseptor didik yang pintar dan pendidikan yang berkualitas. Hal tersebut mengakibatkan kualitas pembelajaran sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian pemerintah sentra maupun pemerintah kawasan dalam meningkatkan mutu pendidikan terutama menyangkut kualitas lulusan akseptor didik.
Pengembangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS) merupakan kegiatan yang dikembangkan sebagai upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan. Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang pada tahun 2018 telah terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter dan pembelajaran berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS).
Peningkatan kualitas akseptor didik salah satunya dilakukan melalui peningkatan kualitas pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Kualitas pembelajaran juga perlu diukur dengan penilaian yang berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS). Sejalan dengan hal tersebut, maka diharapkan sebuah buku pegangan guru yang memperlihatkan keterampilan penilaian pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas penilaian yang pada hasilnya akan meningkatkan kualitas lulusan akseptor didik.
Dengan adanya Buku Pegangan Penilaian Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi ini diharapkan sanggup menjembatani pemahaman para guru dalam hal penilaian pembelajaran lebih baik lagi sehingga mereka sanggup meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia.
Baca Juga:
Penyempurnaan kurikulum 2013 antara lain pada standar isi diperkaya dengan kebutuhan akseptor didik untuk berpikir kritis dan analitis sesuai dengan standar internasional, sedangkan pada standar penilaian memberi ruang pada pengembangan instrumen penilaian yang mengukur berpikir tingkat tinggi. Penilaian hasil mencar ilmu diharapkan sanggup membantu akseptor didik untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills /HOTS), alasannya yaitu berpikir tingkat tinggi sanggup mendorong akseptor didik untuk berpikir secara luas dan mendalam perihal bahan pelajaran.
Penilaian berorientasi HOTS bukanlah sebuah bentuk penilaian yang gres bagi guru dalam melaksanakan penilaian. Tetapi penilaian berorientasi HOTS ini memaksimalkan keterampilan guru dalam melaksanakan penilaian. Guru dalam penilaian ini harus menekankan pada penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan yang bisa meningkatkan keterampilan akseptor didik dalam proses pembelajaran berorientasi HOTS.
Buku Penilaian Berorientasi HOTS.pdf Sumber http://abahgunil.blogspot.com
Peran guru profesional dalam pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan mencar ilmu akseptor didik dan mengahsilkan lulusan yang berkualitas. Guru profesional yaitu guru yang kompeten dalam membangun dan membuatkan proses pembelajaran yang baik dan efektif sehingga sanggup menghasilkan akseptor didik yang pintar dan pendidikan yang berkualitas. Hal tersebut mengakibatkan kualitas pembelajaran sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian pemerintah sentra maupun pemerintah kawasan dalam meningkatkan mutu pendidikan terutama menyangkut kualitas lulusan akseptor didik.
Pengembangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS) merupakan kegiatan yang dikembangkan sebagai upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan. Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang pada tahun 2018 telah terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter dan pembelajaran berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS).
Sama Penting : Modul Panduan Penyusunan Soal HOTS Format PDF
Peningkatan kualitas akseptor didik salah satunya dilakukan melalui peningkatan kualitas pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Kualitas pembelajaran juga perlu diukur dengan penilaian yang berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS). Sejalan dengan hal tersebut, maka diharapkan sebuah buku pegangan guru yang memperlihatkan keterampilan penilaian pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas penilaian yang pada hasilnya akan meningkatkan kualitas lulusan akseptor didik.
Dengan adanya Buku Pegangan Penilaian Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi ini diharapkan sanggup menjembatani pemahaman para guru dalam hal penilaian pembelajaran lebih baik lagi sehingga mereka sanggup meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia.
Baca Juga:
- Buku Panduan Pembelajaran Berorientasi HOTS Tahun 2018 Kemendikbud
- Karakteristik Soal HOTS Matematika SMP Tahun 2018
- Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill
- Buku Literasi Digital Format PDF (Materi Pendukung GLN)
- Buku Penilaian K13 Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills)
Penilaian Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills)
Penilaian yaitu proses pengumpulan dan pengolahan isu untuk mengukur pencapaian hasil mencar ilmu akseptor didik. Penilaian mencar ilmu akseptor didik dilakukan oleh pendidik yang mencakup aspek: sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian sikap dilakukan oleh pendidik untuk memperoleh isu deskriptif mengenai sikap akseptor didik. Penilaian pengetahuan dilakukan untuk mengukur penguasaan pengetahuan akseptor didik, sedangkan penilaian keterampilan dilakukan untuk mengukur kemampuan akseptor didik menerapkan pengetahuan dalam melaksanakan kiprah tertentu. Penilaian hasil mencar ilmu oleh pendidik ini bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil mencar ilmu akseptor didik secara berkesinambungan.Penyempurnaan kurikulum 2013 antara lain pada standar isi diperkaya dengan kebutuhan akseptor didik untuk berpikir kritis dan analitis sesuai dengan standar internasional, sedangkan pada standar penilaian memberi ruang pada pengembangan instrumen penilaian yang mengukur berpikir tingkat tinggi. Penilaian hasil mencar ilmu diharapkan sanggup membantu akseptor didik untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills /HOTS), alasannya yaitu berpikir tingkat tinggi sanggup mendorong akseptor didik untuk berpikir secara luas dan mendalam perihal bahan pelajaran.
Penilaian berorientasi HOTS bukanlah sebuah bentuk penilaian yang gres bagi guru dalam melaksanakan penilaian. Tetapi penilaian berorientasi HOTS ini memaksimalkan keterampilan guru dalam melaksanakan penilaian. Guru dalam penilaian ini harus menekankan pada penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan yang bisa meningkatkan keterampilan akseptor didik dalam proses pembelajaran berorientasi HOTS.
Buku pegangan ini dikembangkan dengan tujuan sebagai berikut:
- Memberikan contoh kepada guru dalam membuatkan penilaian berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi;
- Memberikan contoh kepada kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik terhadap guru dalam melaksanakan penilaian berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi;
- Memberikan contoh pada pengawas sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial terhadap pelaksanaan penilaian berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi di satuan pendidikan.
Sasaran penggunaan buku ini yaitu sebagai berikut:
- Guru Jenjang SD (SD), SMP (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk mata pelajaran adaptif dan normatif.
- Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Produktif, Bimbingan Konseling (BK), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) serta Pendidikan Luar Biasa (PLB).
- Kepala Sekolah /Madrasah.
- Pengawas Sekolah /Madrasah.
Buku Penilaian Berorientasi HOTS.pdf Sumber http://abahgunil.blogspot.com
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Buku Evaluasi K13 Berorientasi Hots (Higher Order Thinking Skills)"
Posting Komentar