√ Wacana Hard Disk Eksternal

Hard disk ialah media penyimpan yang didesain untuk sanggup dipakai menyimpan data dalam kapasitas yang besar. Makara hardisk eksternal ialah sebuah media penyimpanan portable yang berkapasitas besar, sehingga bisa dipakai kapan saja dengan mencolokan kabel USB ke laptop atau PC.


Adapun jenis hardisk eksternal ialah sebagai berikut,


 



  1. Disk ATA / EIDE

    Hard disk dengan tipe EIDE (Enhanced Integrated Drive Electronic) atau tipe ATA (Advanced Technology Attachment) ialah standar versi terbaru suatu antar muka disk yang sesuai untuk koneksi ke bus, Banyak produsen disk mempunyai rentang disk dengan antar muka EIDE / ATA, disk semacam itu sanggup dihubungkan eksklusif ke bus PCI, yang dipakai pada banyak PC (personal computer). Keuntungan drive EIDE / ATA yang signifikan ialah harganya yang cukup murah, alasannya penggunaannya di pasaran PC. Salah satu kekurangan utamanya ialah diharapkan kontroler terpisah untuk tiap drive bila dua drive dipakai bersamaan untuk meningkatkan performa. Salah satu produsen chip yang populer sudah menyertakan kontroler yang memungkinkan disk EIDE / ATA dihubungkan eksklusif ke motherboard.

  2. Disk SCSI

    Banyak disk mempunyai antar muka yang didesain untuk koneksi ke bus SCSI standar. Disk tersebut cenderung lebih mahal, tetapi mempunyai performa yang lebih baik, yang dimungkinkan alasannya kelebihan bus SCSI daripada bus PCI. Akses yang bersamaan sanggup dilakukan ke banyak disk drive alasannya antar muka drive secara aktif dihubungkan ke bus SCSI hanya pada dikala drive tersebut siap untuk transfer data. Hal ini terutama berkhasiat dalam aplikasi dimana terdapat sejumlah besar request untuk file kecil, yang sering terjadi dalam komputer yang dipakai sebagai file server.

  3. Disk RAID

    Menjanjikan performa yang luar biasa dan menyediakan penyimpanan yang besar dan handal. Disk tersebut dipakai baik dalam komputer performa tinggi atau dalam sistem yang memerlukan keandalan yang lebih tingi dari tingkat normal. Akan tetapi, dengan semakin menurunnya harga ke tingkat yang lebih terjangkau, disk tersebut menjadi lebih menarik bahkan untuk sistem komputer dengan ukuran rata – rata.

  4. Disk SATA

    Hard disk dengan tipe SATA (Serial Advanced Technology Attachment), yaitu interface disk ATA (Advanced Technology Attachment) dengan versi Serialnya memakai kabel tipis yang mempunyai total kabel kecil sekitar dua pertiga dari total kabel harddisk dengan tipe EIDE atau ATA disk yang berjumlah 39 pins dan SATA mempunyai kecepatan pengiriman data sangat tinggi serta mengurani latensi. Sehingga bus serial ini bisa melebihi kecepatan bus paralel.

  5. SATA

    Dalam mentransfer data secara berurutan atau serial lewat kabelnya dan juga secara teknik SATA menyusun sendiri disk yang tersambung ke dalam motherboard tanpa adanya sistem master ataupun slave, sehingga kabel SATA hanya sanggup dipakai pada satu hard disk. Tipe hard disk yang telah dibahas ini, semuanya masuk dalam kategori internal hard disk, maksudnya yang diinstall di dalam CPU. Selain internal hard disk ada juga eksternal harddisk (hard disk yang berada diluar CPU), jadi bisa dipindah – pindahkan. Eksternal hard disk mempunyai kecepatan rotasi 7200 rpm, pemasangannya sangat mudah, tidak perlu membongkar PC dan hanya dengan menghubungkan port USB ke PC, dan sanggup mentransfer data 480 Mbps


Semoga bermanfaat ..



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "√ Wacana Hard Disk Eksternal"

Posting Komentar