Program Excellent Class, Solusi Atau Diskriminasi?

Program Excellent Class - Sampai sekarang, pendidikan di indonesia masih mengutamakan kecerdasan sebagai salah satu faktor mayoritas untuk melihat kesuksesan seseorang. Keadaan ini akan menyebabkan permasalahan saat ada perbedaan IQ yang signifikan diantara siswa. Ketika ada beberapa anak yang mempunyai kecerdasan diatas rata-rata, para pengajar biasanya memakai metode yang berbeda dari siswa lain yang mempunyai kecerdasan dibawahnya. Salah satu metode tersebut yaitu dengan adanya excellent class. Tampaknya, metode ini sanggup mengatasi perbedaan kecerdasaan diantara siswa. Siswa yang mempunyai IQ diatas rata-rata bisa menyebarkan kemampuannya secara kontinyu dan tidak terhambat. Akan tetapi bila melihat duduk masalah secara lebih integral, terdapat beberapa hal negatif yang disebabkan oleh pengklasifikasian kelas dalam pelaksanaan metode tersebut.

Misalnya saja, pemisahan antara siswa yang cerdas dan kurang cerdas menciptakan siswa yang cerdas tidak mempunyai sahabat biar sanggup membantu sahabat yang lain untuk memahami pelajaran. Meskipun setiap kelas mempunyai guru sebagai seorang pengajar yang menjelaskan bahan kepada siswanya, bukanlah masalah yang gampang bagi seorang guru untuk menciptakan siswanya paham dalam waktu yang cepat kepada semua siswa. Anak yang mempunyai kecerdasan yang lebih, sangatlah diharapkan dalam proses pembelajaran untuk membantu teman-temannya. Pemisahan antara siswa tersebut bisa disebut dengan ‘diskriminasi’. Sebenarnya, mereka yang ada di kelas reguler tidak bisa dikatakan tidak berbakat atau tidak mempunyai kemampuan. Mereka juga mempunyai kecerdasan menyerupai layaknya belum dewasa yang lain. Tetapi pemisahan kelas ini bisa menghipnotis evaluasi mereka terhadap diri mereka sendiri. Mereka mungkin akan merasa tidak spesial, biasa, dan tidak mempunyai kelebihan lainnya.

Sejumlah faktor negatif tersebut merupakan masalah-masalah yang sanggup muncul dalam aktivitas excellent class. Meskipun begitu, Program Excellent Class bisa menjadi solusi yang cantik untuk duduk masalah akademis tetapi belum bisa menjadi aktivitas pendidikan yang terbaik bagi siswa. Karena, pendidikan mempunyai cakupan yang luas, tidak hanya meliputi kemampuan akademis saja.

Pendidikan di Indonesia harus segera diperbaiki supaya sanggup menghantarkan belum dewasa Indonesia menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas. Program yang telah diciptakan memang bisa menjadi solusi, namun niscaya ada resiko didalamnya. Di dalam aktivitas excellent class, terdapat beberapa penanganan yang bisa dijadikan solusi untuk memperkecil resiko tersebut menyerupai

Melaksanakan sosialisasi kepada semua siswa dan orang bau tanah wacana aktivitas excellent class. Sosialisasi tersebut harus bertujuan untuk menjelaskan kepada orang bau tanah dan siswa bila tidak ada diskriminasi terhadap siswa excellent class dan siswa di kelas reguler. Hal ini sangatlah penting biar tidak ada konsep yang negatif yang dibuat lantaran situasi yang bisa menciptakan siswa berfikir bahwa mereka tidak spesial, biasa dan tidak mempunyai kelebihan. Dengan pemahaman tersebut maka siswa di kelas reguler bisa tetap percaya diri kepada kemampuan mereka. Demikianlah penejelasan mengenai Program Excellent Class


Sumber http://infopendidikanterbaruku.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Program Excellent Class, Solusi Atau Diskriminasi?"

Posting Komentar