Mahasiswa Sebagai Biro Perubahan Bangsa

Mahasiswa Sebagai Agen Perubahan - Pada kala ini, mahasiswa ialah asset besar negara yang sangat penting untuk masa depan. Sebagai distributor perubahan, mahasiswa tidak harus bertindak layaknya seorang jagoan yang dengan gagahnya tiba untuk mengusir penjahat dan kemudian pergi dengan diiringi tepuk tangan dari penduduk. Hal tersebut mempunyai arti bahwa mahasiswa bukan hanya pelopor perubahan, namun mahasiswa merupakan pelaku ataupun objek dari perubahan tersebut. Mahasiswa mempunyai perilaku kritis yang bisa membuat sebuah perubahan besar dan juga mereka sanggup membuat para pemimpin yang tidak mempunyai kompeten menjadi cemas dan juga gerah akan hal tersebut. Telah banyak terjadi ketidakadilan yang dilakukan oleh pemimpin bangsa ini. Mahasiswa seharusnya memikirkan cara untuk mengubah dan mengembalikan semua hal tersebut. Perubahan yang dimaksud disini ialah perubahan kearah hal yang konkret dan tentunya tidak menghilangkan jati diri mahasiswa dan juga Bangsa Indonesia. Tapi yang perlu diketahui ialah ketika kita ingin merubah sebuah negara, hal terpenting yang terlebih dahulu perlu dirubah ialah diri kita sendiri.

Saat ini tindakan korupsi semakin memprihatinkan, aturan sanggup dibeli, mahalnya biaya pendidikan, dan juga banyak sekali persoalan lainnya. Tentunya hal tersebut tidak menjadi persoalan bagi mereka yang mempunyai kantong tebal, namun untuk golongan menengah kebawah hal tersebut sangat meresahkan. Hal inilah alasan kenapa mahasiswa harus bisa berperan aktif dan bertindak dengan kemampuan dan juga ilmu yang dimiliki. Peran mahasiswa sebagai social control sangat dibutuhkan ketika terjadi hal yang tidak benar didalam masyrakat. Mahasiswa Sebagai Agen Perubahan sudah seharusnya melawan hal – hal tersebut. Mahasiwa seharusnya bisa menumbuhkan jiwa kepedulian sosial yang tinggi yang mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat. Kepedulian terhadap masyarakat tersebut bukan hanya ditunjukkan dengan demo saja. Namun kepedulian tersebut sanggup ditunjukkan dengan pemikiran-pemikiran cemerlang mahasiswa, melalui diskusi-diskusi, ataupun dengan memberi proteksi materil dan moril terhadap bangsa kita ini.

Disamping hal tersebut, mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa sangat dibutuhkan mempunyai ketrampilan, adab mulia dan kemampuan untuk menjadi calon pemimpin yang tangguh dan jujur untuk masa depan bangsa yang lebih baik. Mahasiswa merupakan asset dan juga impian bangsa di masa depan. Sejarah telah mengatakan bahwa perubahan-perubahan besar sanggup terjadi di tangan generasi muda, mahasiswa telah bisa melumpuhkan resim orde gres yang kemudian membawa Indonesia ke dalam kala yang pada hari ini sedang bergulir yaitu kala reformasi. Mahasiswa dikatakan sebagai iron stock yang berarti bahwa mahasiswa merupakan calon pemimpin bangsa dimasa depan dan sebagai pengganti generasi yang sudah ada. Dalam kaitannya dengan hal ini, mahasiswa tidak cukup hanya memupuk ilmu spesifik saja, namun mereka perlu mempunyai soft skill menyerupai kemampuan memposisikan diri, leadership, dan mempunyai rasa sensitivitas yang tinggi. Dari klarifikasi – klarifikasi tersebut sanggup disimpulkan bahwa Mahasiswa Sebagai Agen Perubahan yang sangat dibutuhkan.


Sumber http://infopendidikanterbaruku.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mahasiswa Sebagai Biro Perubahan Bangsa"

Posting Komentar