Empat Komponen Pegangan Guru

Empat Komponen Pegangan Guru - Guru merupakan salah satu unsur terpenting yang harus ada dalam dunia pendidikan. Jika seorang guru tidak mempunyai perilaku yang profesional maka penerima didik akan mengalami kesulitan untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Hal tersebut dikarenakan guru merupakan salah satu rujukan negara dalam dunia pendidikan. Dengan hadirnya guru yang berkualitas dan profesional maka akan bisa membuat anak bangsa yang mempunyai kualitass pula. Seorang guru harus mempunyai kompetensi mengajar yang baik. Kompetensi merupakan seperangkat ilmu dan juga ketrampilan mengajar yang harus dimiliki oleh setiap guru dalam memenuhi tugasnya sehingga tujuan dari pendidikan sanggup tercapai dengan baik. Seorang guru harus mempunyai kompetensi kepribadian yang baik, kemampuan tersebut yaitu kemampuan kepribadian yang stabil, dewasa, arif, bijaksana, berwibawa dan juga berakhlak mulia.

Baca juga: Pro dan Kontra Penerepan Kurikulum 2013

Istilah profesional sangat sering dihubungkan dengan orang yang mendapatkan honor dari apa yang telah dikerjakan. Namun, dalam kaitannya dengan hal ini guru profesional merupakan guru yang mempunyai ilmu tertentu yang mendalam dan yang bisa dipertanggungjawabkan. Oleh lantaran itu, guru harus mempunyai kemampuan khusus ataupun sebuah kemampuan yang mustahil dimiliki oleh seseorang yang bukan guru. Setiap guru harus dididik secara periodik untuk melakukan tugasnya. Seorang guru dituntut untuk mempunyai profesionalitas tinggi terutama bagi guru yang telah mempunyai sertifikat.

Menteri Pendidikan dan Kebudayan Indonesia menyebutkan bahwa ada Empat Komponen Pegangan Guru yang menjadi pegangan sekaligus alat yang sanggup dipakai untuk mengukur standar kemampuan dari seorang guru. Empat hal tersebut yaitu apresiasi, kompetensi, sertifikasi, dan juga kinerja guru. Empat komponen tersebut tidak bisa bangkit sendiri, hal tersebut dikarenakan kinerjanya yang saling berkaitan satu sama lainnya. Tapi kenyataannya para guru cenderung berjuang dalm mendapatkan sertifikasi dan melewatkan komponen – komponen penting liannya. Apabila empat komponen tersebut berkaitan maka kinerjanya pun akan saling berafiliasi lantaran hal tersebut akan sama dengan visi pengelolaan guru.

Baca juga: Mewujudkan Pendidikan abjad Berkualitas

Persoalan / permasalahan guru ketika ini terjadi dikarenakan administrasi guru yang masih menjadi alat dalam bidang politik. Guru dianggap bisa memberi imbas dalam memenangkan salah satu calon. Sebaiknya pengelolaan guru antara karir pada administrasi dengan karir di mengajar harus dipisahkan. Karena banyak guru yang mempunyai administrasi yang besar lengan berkuasa dan baik belum tentu bisa mengajar dengan baik dan profesional. Dorongan kemajuan pendidikan bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah tetapi juga tergantung pada kemampuan guru untuk berkompetensi. Uji Kompentensi Guru (UKG) yaitu langkah awal dalam pengajaran, sehingga pemerintah bisa mengetahui komponen mana saja yang sudah baik dan komponen apa yang masih perlu dikembangkan. Demikianlah Empat Komponen Pegangan Guru yang harus dimiliki oleh seorang guru.


Sumber http://infopendidikanterbaruku.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Empat Komponen Pegangan Guru"

Posting Komentar